Pages

Subscribe:

August 14, 2013

'Setan Sumiati' Urband Legend di Makassar?



Aga Kareba..!..Welcome to Makassar. Kota dengan segudang tempat wisata, adat istiadat, dan tentunya salah satu kota tujuan wisata kuliner terfavorit di Indonesia. Siapa sih yang nggak pernah dengar atau nge-rasain Coto Makassar, Pallubasa Serigala, Pisang Ijo Andalas, en Many More-lah pokoknya. Namun disamping beragam daya tarik tersebut, Makassar juga menyimpan banyak kisah mistis atau Urban Legend yang pastinya bisa membuat kita merinding dibuatnya. Hiii..!
Kota Makassar

Bagi Guys yang sudah lama tinggal di Makassar pastinya tidak asing dengan yang namanya, Parakang, Poppo’, Setank Longga’, dan yang paling terkenal adalah..Setan Sumiati!. Sebelum saya membahas lebih lanjut mengenai fenomena Setan Sumiati, berikut sedikit saya kisahkan kembali Latar belakang dibalik kisah Sumiati. Mengapa dia menjadi sosok yang angker dan bahkan menjadi Urban Legend kota ini hingga sekarang.

Kabarnya sosok ‘Sumiati’ yang Populer di kota Makassar, rupanya dikuburkan di daerah Beroanging. Konon semasa hidupnya dahulu, Sumiati tinggal di sebuah kampung yang sekarang bernama Sinassara dan telah menjadi nama salah satu jalan di Makassar. Suatu hari karena tidak tahan dengan masalah yang dihadapinya (ada yang menyebutkan kalau Sumiati telah diperkosa oleh segerombolan penjahat dan merasa sangat malu dengan warga sekitar), Seorang wanita bernama Sumiati memutuskan untuk mengakhiri hidupnya dengan cara: Gantung Diri!.
Ilustrasi 'Sumiati'


Sumiati diyakini menggantung dirinya di sebuah pohon di wilayah dekat tempat tinggalnya yaitu di sekitar Benteng Sombaopu. Warga yang menemukan mayatnya yang tergantung di pohon lalu menurunkannya dan membawanya ke Rumah Sakit Pelamonia, jalan Gn. Tinggimae. Selanjutnya Sumiati di makamkan di area Beroanging.
Benteng Sombaopu
Sebenarnya ada banyak versi cerita mengenai dimana sebenarnya Setan Sumiati bergentayangan, Sebuah daerah bernama “Karaenta” menjadi Spot pertama kita dimana Sosok setan Sumiati menampakkan keberadaannya. Seorang Siswi pernah kesurupan di daerah ini sambil menunjuk ke arah hutan lindung di daerah Karaenta. Wilayah ini sendiri memiliki kondisi alam yang agak berbeda, cekungan dan kelokan jalan raya serta hutan liar yang belum terjamah menimbulkan medan energi mistik yang sangat kuat. Banyak kisah dari tetua zaman dulu menceritakan angkernya kawasan ini, salah satunya Naskah Lontara Attoriolong yang menyebutkan kawasan ini sebagai daerah Pawella (Bahasa Bugis: Perampok), sebuah pohon beringin tua raksasa berdiri tegak dikawasan ini dan disanalah sering dijumpai penampakan Setan Sumiati. Banyak masyarakat yang menyempatkan diri berkumpul dekat pohon beringin ini untuk mengabadikan penampakan setan Sumiati dengan kamera digital atau ponsel mereka. 

Ilustrasi area penampakan Sumiati

Ada kawasan lain dimana Setan Sumiati sering menampakkan dirinya dan dari banyaknya cerita yang disampaikan oleh masyarakat, yang pernah mengalami diganggu atau bertemu dengan makhluk halus tersebut. Taman Macan atau Taman Segitiga dekat kantor Pos Jalan Slamet Riyadi!.
Disebut Taman Macan karena adanya patung  Macan di area itu
 isah-kisah mistis mengenai penampakan Sumiati sering diceritakan oleh masyarakat kota ini. Kalau suatu hari kita melewati kawasan Taman Segitiga dan bertemu dengan hantu wanita berambut panjang berbaju putih, berarti masih aman karena itu pertanda Sumiati Cuma menampakkan diri saja. Tapi kabarnya jika Sumiati menampakkan diri dengan mengenakan baju merah, itu berarti dia sedang mencari korban bahkan sampai nyawa..Itu Konon katanya sih.
Ilustari Wanita berbaju Merah
Nah, sebenarnya masih banyak area-area di kota Makassar yang penuh dengan cerita mistis, antara lain Misteri Rumah Karunrung, Misteri penunggu pohon Beringin di SMU Kartika (Kachak), dan sebagainya. tapi nanti aja yaa, lagi banyak kerjaan soalnya..
Have a Nice Day..All.