Pages

Subscribe:

August 20, 2014

6 Tips Menghilangkan Bau pada Kaki


Bau pada kaki disebabkan oleh bakteri
Aktivitas kerja atau sekolah yang padat dan memerlukan waktu seharian penuh, pasti kaki akan berkeringat dan menimbulkan bakeri apalagi aktivitas kita sering menggunakan sepatu yang tertutup. Bau kaki pun akan timbul karena berkembang biaknya bakteri berlebih pada kaki yang lembab. Mereka juga memakan keringat tersebut sehingga menimbulkan produk sampingan yang berupa asam dan berbau tak sedap.

Rondrick Williamson, pakar kesehatan kaki dari Atlanta, Georgia, mengatakan, ini merupakan proses alami, namun dengan membuat kondisi kaki tetap kering, bau kaki bisa lebih mudah untuk dihindari.
Ada tips yang akan kami share untuk mengurangi timbulnya bakteri dan membuat kaki anda bebas dari bau tak sedap, berikut cara sederhana untuk mengurangi bau pada kaki anda :


1. Rendam kaki dalam air garam

Garam mampu menarik kelembaban dari kulit sehingga mengurangi bakteri yang hidup di sana. Untuk mengatasi bau yang mengganggu, rendamlah kaki dalam air larutan garam sekitar 20 menit. Lakukan ini setiap hari selama dua minggu.

2. Masukkan cuka

Cuka dapat membuat lingkungan yang tidak nyaman bagi bakteri untuk berkembang biak. Karenanya, merendam kaki dalam larutan cuka selama 30 menit setiap hari dalam seminggu akan mengurangi jumlah bakteri di sana.

3. Manfaatkan teh

Asam dalam teh dalam mengecilkan pori-pori sehingga mengurangi keringat yang keluar. Teh juga berperan sebagai antibiotik alami yang mengurangi jumlah bakteri pada kaki. Merendam kaki dalam larutan teh hangat selama 30 menit mungkin akan membantu mengatasi permasalahan bau kaki.

4. Pilih kaus kaki yang benar

Bahan seperti nilon akan menyerap kelembaban di kaki, sementara katun akan memudahkan kaki untuk "bernapas". Bila perlu, selalu sediakan kaus kaki cadangan untuk mengganti kaus kaki yang sudah basah oleh keringat.

5. Semprot sepatu

Menyemprot sepatu dengan cairan desinfektan yang mengandung etanol atau bahan antibakteri lainnya dapat membunuh bakteri pada sepatu. Dengan berkurangnya jumlah bakteri dalam sepatu, semakin sedikit risiko timbulnya bau kaki.

6. Gunakan tepung

Mengatasi bau kaki tidak perlu dengan menggunakan bedak atau semprotan yang mahal, cukup dengan gunakan tepung jagung pada sepatu, hal itu sudah mampu mengurangi kelembaban pada kaki sehingga mengurangi bau.

Akan nyaman rasanya jika kita terhindar dari bau kaki. beraktivitas pun akan merasa lebih percaya diri.

Sumber: http://www.sofiecare.com/2014/08/ini-dia-6-cara-menghilangkan-bau-kaki.html