Pages

Subscribe:

November 24, 2014

Bahaya Mandi sehabis Begadang!



Mandi sehabis begadang, sangat Berbahaya!
"Begadang jangan Begadang...Kalau tiada artinya..Begadang boleh saja...Kalau ada perlunya"

Mungkin sebait lirik dari lagu Bang Haji Rhoma Irama diatas perlu untuk kita dengarkan dan renungkan tentunya khususnya bagi yang suka begadang. Kita semua pasti sudah pada tahu kalau begadang sangat tidak baik buat kesehatan.  Alangkah bahayanya begadang atau kurang tidur bisa sampai menyebabkan kematian, seperti yang pernah dialami seorang pemuda di Cina yang tiba-tiba terkena serangan jantung setelah tanpa henti bermain game online hingga lupa istirahat.

Artikel kali ini disajikan tidak untuk yang suka begadang, melainkan bagi yang punya kebiasaan tidak sehat yaitu: Langsung mandi setelah begadang. Tanpa dsadari kebiasaan buruk itu bisa menyebabkan serangan "Masuk angin Fatal".


Selain menyebabkan penyakit Paru-Paru basah, kebiasaan mandi sehabis begadang ternyata bisa menyebabkan sakit yang sangat berbahaya yang lebih dikenal dengan istilah "Angin Duduk" dimana peristiwa ini bisa menyebabkan kematian mendadak. Wow ngeri banget, ya!.

Lho, kok bisa yah?. Nah, untuk penjelasan ilmiah mengapa mandi sehabis begadang itu berbahaya, silahkan simak penjelasan berikut ini:

Begadang kebanyakan disebabkan oleh kesibukan yang berlebihan.

Seperti kita ketahui kalau tubuh kita sudah beraktifitas seharian penuh dan perlu untuk istirahat sejenak untuk memulihkan energi yang terkuras akibat beraktifitas. Jika kita begadang disaat tubuh kita sudah watunya untuk istirahat (tidur), maka tubuh akan mengeluarkan panas sebagai akibat metabolisme tubuh yang terus bekerja disaat tubuh harusnya beristirahat.

Nah, bayangkan kalau dari suhu tubuh yang panas tiba-tiba disiram dengan air di pagi hari yang suhunya jauh lebih dingin ketimbang suhu tubuh kita. Kira-kira apa yang akan terjadi?
Angina Pectoris: sakit pada dada yang disebabkan oleh mandi setelah begadang
Betul, yang terjadi kemudian adalah akan terjadi penurunan suhu tubuh secara tiba-tiba dan spontan, padahal pada dasarnya tubuh manusia tidak dirancang untuk kondisi seperti itu. Kejadian tersebut sama halnya dengan jika kita terjun payung tapi tanpa mengenakan parasut, pastinya akan fatal akibatnya. Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk tidak lagsung mandi sesaat setelah kita begadang, karena dampaknya sangat membahayakan tubuh kita, khususnya organ jantung.

Nah, setelah membaca artikel ini, apa masih ada yang mau mencoba mandi sehabis begadang??. mungkin sebaiknya kita bahkan tidak perlu begadang. Kerjakan seluruh pekerjaan  dan urusan kita di siang hari dan pada waktu malam hari gunakan sebaik-baiknya untuk mengistirahatkan tubuh kita, agar paginya tubuh kita bisa lebih fit dan siap untuk beraktifitas kembali.(MY).