Pages

Subscribe:

November 19, 2014

Pemasangan Papan semen untuk fasad Bangunan



Penggunaan Cement Board untuk penutup fasade bangunan

Umumnya orang menilai bagus tidaknya desain eksterior dari sebuah bangunan, dilihat dari Tampak muka (Facade) bangunan itu sendiri. Bahan yang biasa digunakan untuk membentuk fasade bangunan bermacam-macam, mulai dari bahan yang bersifat alami, seperti: Batu alam, papan kayu, hingga bambu. Namun saat ini banyak bermunculan bahan fabrikasi industri yang bisa menjadi pilihan untuk membentuk fasade bangunan, seperti: Alumunium Composite Panel atau biasa kita kenal dengan nama Alucopan, Spandeck, maupun yang cukup mudah pengerjaannya: Papan semen. 

Nah, Berikut Teknik sederhana pemasangan papan semen sebagai cladding atau fasad bangunan dimana pengerjaannya sangat praktis dan tidak butuh waktu yang lama. Adapun langkah-langkah langkah-langkah dalam pengerjaan cladding dengan menggunakan papan semen, yaitu:

  1. Tentukan luas bidang dan titik tengah yang akan diaplikasi papan semen sebagai cladding.
  2. Memulai pasang rangka, hollow, siku, dan lainnya sesuai dengan berat panel. Jarak rangka sekitar 610 x 1.220 mm atau 610 x 610 mm.
  3. Gunakan papan semen tebal 9 mm dan dimensi 1.220 x 2.440 mm. Pastikan rangka kuat dan kokoh sebelum panel dipasang.
  4. Pemasangan papan semen pada rangka dimulai dari tengah titik yang telah ditentukan. Beri celah sekitar 10 mm untuk penempatan back up rod dan sealant jenis Polyurethane (PU) sebagai penghubung antar papan semen.
  5. Pasang sekrup jenis self drill wings tapping screw (khusus pemasangan papan semen) yang memiliki sayap di ujungnya untuk memudahkan overshunk terhadap panel dan rangka. Tujuannya untuk menguatkan bidang papan semen. Sekrup dipasang dengan jarak minimal 50 mm dari sudut papan semen dan 15 mm dari sisi papan semen.
  6. Lakukan finishing akhir setelah panel terpasang sempurna menjadi cladding atau fasad dengan menggunakan cat. Dapat menggunakan semua jenis cat dan warna sesuai desain dan selera yang diinginkan.
 Demikian semoga bermanfaat..

0 comments:

Post a Comment