Pages

Subscribe:

December 5, 2014

10 Peristiwa Misteri di dunia Penerbangan



Banyaknya kasus hilangnya pesawat sering dihubungkan dengan hal mistis

Kejadian hilangnya salah satu pesawat dari Maskapai penerbangan milik Malaysia awal tahun lalu menjadi peristiwa terakhir dalam dunia penerbangan yang masih menjadi misteri. Dari misteri hilangnya pilot wanita pertama, Amelia Earhart hingga peristiwa yang menimpa pesawat pembom nuklir di era Perang Dunia II, berikut ini saya akan ulas mengenai 10 Peristiwa di dunia penerbangan yang masih menjadi misteri dalam sejarah dunia.


10.  Hilangnya Pesawat Angkatan Laut  Amerika  di Segitiga Bermuda
Foto bersama beberapa Kru Angkatan Laut Amerika yang hilang
Peristiwa bermula saat masa Perang Dunia II, dimana waktu itu Angkatan Laut Amerika Serikat menugaskan Lima pesawat pembom torpedo untuk melakukan latihan rutin dengan terbang melewati area Segitiga Bermuda. Sebagaimana yang telah kita ketahui kalau area Segitiga bermuda terkenal sebagai wilayah “keramat” dan dianggap menjadi “kuburan” bagi pesawat atau kapal laut yang melewatinya. Walhasil, seluruh kru pesawat yang berjumlah 14 orang yang ada di lima pesawat pembom tersebut hilang dan tidak diketahui keberadaannya hingga saat ini. Mengetahui ada yang aneh, Angkatan Laut Amerika Serikat kembali mengutus 13 orang untuk menyelidiki dan memberi pertolongan kepada kru yang hilang tersebut dengan menggunakan pesawat air khusus milik militer Angkatan Laut. Hasilnya, ke 13 orang itu juga ikut hilang dan tak pernah kembali lagi. Hingga saat ini, nasib dari Grup Flight 19 masih menjadi misteri, dan kejadian tesebut mengingatkan kita agar jangan pernah melewati kawasan Segitiga Bermuda!.

9.  Egypt Air Flight 990: Pilot bunuh diri atau aksi Terorisme?
Serpihan bangkai pesawat EgyptAir Boeing 767
Pada 1999, sebuah pesawat milik negara Mesir bernama Egypt Air Boeing 767 terbang dari Los Angeles dan dikabarkan meledak di Samudra Atlantik. Perisitiwa tersebut menewaskan seluruh penumpang dan kru yang berjumlah 217 orang. Pihak otoritas penerbangan Mesir, Egyptian Civil Aviation Authority (ECAA) mengumumkan kecelakaan disebabkan oleh kegagalan di sistem mekanikal namun pihak United States National Transportation and Safety Board (NTSB) menyimpulkan kecelakaan karena ulah sang Pilot yang memang ingin bunuh diri.
Rekaman kata-kata terakhir Pilot yang menyebutkan “Aku berserah diri pada Tuhan”, menimbulkan spekulasi penyebab kecelakaan Pesawat. Pakar teori Konspirasi bahkan menyalahkan kelompok Mossad, CIA dan kelompok Ekstrimis Mesir sebagai pelakunya, tapi hingga saat ini belum diketahui siapa atau apa sebenarnya yang menghantam Flight 990 saat berada di udara. EgyptAir akhirnya menghentikan penerbangan No. 990, dan tidak lagi melayani rute Los Angeles.

8.  Amelia Earhart: Tetap masih misterius
Amelia Earhart berfoto dengan pesawatnya yang hilang
Tak satupun daftar misteri tentang Pesawat terbang yang tidak mencantumkan Kisah dari Amelia Earhart. Dikisahkan pada 1937, seorang pilot wanita bernama Amelia Earhart, hilang bersama dengan pesawat yang di kemudikannya, Lockheed Electra, sehingga membuat ia gagal memenuhi misinya: terbang mengelilingi dunia. Petunjuk yang tersisa waktu itu, hanyalah rangkaian transmisi radio yang agak membingungkan. Hingga saat ini belum diketahui penyebab pasti kecelakaan yang menimpa Amelia. Kesimpulan terakhir bahwa Amelia tewas terlempar keluar dari pesawatnya yang jatuh di laut. Namun ada juga yang berspekulasi lain, dimana menyebutkan Amelia saat itu ditangkap dan dihukum mati oleh pemerintah Jepang atau kemungkinan Amelia sengaja menghilangkan jejak dan menghabiskan masa hidupnya di New Jersey dengan menggunakan nama samaran. Saat ini kasus Amelia Earhart menjadi misteri penerbangan yang paling misterius.
 
7.  Helios Airways Flight 522: Sebuah Mimpi buruk
Kondisi Lokasi kejadian meledaknya pesawat Helios Airways
Pada tahun 2005, Helios Airways Penerbangan 522, mendadak berbalik arah dalam perjalanannya dari Cyprus menuju Yunani, dimana para kru pesawat juga tidak merespon panggilan radio. Setelah berusaha 19 kali mencoba menghubungi para penumpang dipesawat, dua pesawat tempur F16 dikirim untuk mencegat penerbangan yang rutenya kacau tersebut. Pilot pesawat tempur F16 menceritakan kejadian pada saat itu kalau kursi pilot pesawat Helios Airways sudah dalam keadaan kosong, sementara Co- Pilot terlihat diam tak bergerak, dengan masker oksigen sudah turun dari langit-langit Cockpit. 
Berjam-jam pesawat melayang diangkasa dengan sistem Autopilot yang masih aktif, membawa 117 penumpang dan kru yang lemas tak bergerak karena kehabisan oksigen. Pesawat tempur F16 terus mengawal pesawat “berhantu” itu hingga akhirnya pesawat itu meledak karena menabrak lereng tebing di Yunani dan seluruh penumpang pesawat dinyatakan tewas. Penyelidikan lebih lanjut kemudian digelar dan menemukan fakta bahwa Sang Pilot telah gagal menjaga tekanan udara dalam kabin. Tapi beberapa orang menganggap kalau kecelakaan itu disebabkan karena pesawat itu berhantu. Hii..!

6.  B47 Stratojet: Pesawat pembawa Bom Nuklir yang hilang
Hilangnya Pesawat B47 Stratojet yang diduga membawa muatan nuklir
Menjadi kabar buruk ketika tiga pilot Angkatan Udara beserta pesawat Pembom bernilai ratusan juta dollar hilang diperairan laut. Parahnya lagi karena pesawat pembom tersebut tengah membawa dua inti senjata nuklir yang hingga saat ini belum ditemukan.
Pada 1956, sebuah pesawat jenis B47 Stratojet yang membawa bom nuklir diberitakan hilang disekitar perairan Mediterania. Belum diketahui apa penyebab hilangnya para kru pesawat dan dua bom nuklir yang dibawanya. Sepanjang Sejarah, Pemerintah Amerika Serikat sudah kehilangan 11 senjata nuklir yang mereka sebut “Broken Arrows” karena dampaknya tidak sampai menimbulkan ancaman terjadinya perang nuklir. Akan tetapi dengan adanya kasus hilangnya sebuah “broken Arrows” secara misterius seperti itu, pemerintah Amerika Serikat harus bekerja keras menemukan pesawat B47 Stratojet yang diketahui membawa muatan sangat berbahaya.

5.  Aer Lingus Flight 712: Penumpang tewas akibat dihantam rudal pesawat ?
Seperti inilah pesawat Aer Lingus Flight 712 yang meledak
Ketika terjadi kecelakaan yang menimpa pesawat Aer Lingus Flight 712 dan menyebabkan seluruh 61 penumpangnya tewas, penyelidikan lalu dilakukan. Hasilnya sesuatu yang tidak biasa, telah menyebabkan kecelakaan pesawat hingga menewaskan seluruh penumpang. Bekas benturan yang terlihat jelas pada ekor kiri pesawat mengindikasikan terjadinya karatan atau akibat ditabrak oleh burung. Tapi beberapa saksi berpendapat kalau pesawat jet tersebut dihantam oleh peluru misil milik militer Inggris.
Meskipun pemerintah Inggris membantah keras informasi tersebut, beberapa bukti yang mengarah pada skenario itu mungkin saja terjadi. Namun setelah hampir 50 tahun, belum bisa diketahui dengan pasti apa yang menghantam Flight 712 dilangit saat itu, dan masih meninggalkan tanda tanya besar, benarkah rudal milik militer Inggris  yang salah sasaran waktu itu menyebabkan ke-61 penumpang pesawat Jet harus terkubur di kedalaman perairan Irlandia?.
  
4.  Pan Am Flight 7: Penerbangan mewah yang menjadi legenda
Siapa sangka pesawat seperti ini dulunya menjadi pesawat super mewah
Sebagai satu satunya penerbangan romantis berkelas di dunia pada masa itu, Pan Am Flight 7 menghadirkan paket perjalanan mengelilingi dunia paling mewah di dunia pada 1957 silam. Tapi suatu hari, sebuah penerbangan rutin dengan pesawat Boeing Stratocruiser,dari California menuju Hawaii, tiba-tiba hilang tanpa jejak. Selama lima hari, tim regu penyelamat diturunkan untuk mencari sisa-sisa puing pesawat yang akhirnya berhasil ditemukan. Penemuan bagian “bangkai” pesawat kemudian menimbulkan tanda tanya besar. Serpihan bangkai pesawat Boeing tersebut ditemukan mengambang dilaut yang berada ratusan mil jauhnyan dari jalur yang semestinya. Belum lagi, laporan otopsi menemukan adanya racun karbonmonoksida disekitar bangkai pesawat. Hingga saat ini, beberapa spekulasi menyebutkan kecelakaan  diakibatkan oleh dugaan penipuan asuransi pesawat atau adanya balas dendam yang dilakukan oleh kru pesawat yang stress.

3.  Flying Tiger Line - Flight 739: Militer menyisir samudra Pasifik demi 100 tentara yang hilang
Pesawat jenis Lockheed Constelation yang hilang di samudra pasifik
Pada 1962, sebuah pesawat jenis Lockheed Constellation, diketahui terbang melewati samudra Pasifik dengan membawa 96 tentara dan 11 kru. Beberapa saat kemudian pesawat tersebut diberitakan hilang!. Pihak militer kemudian melakukan misi pencarian terbesar sepanjang sejarah dengan menyisir tiap jengkal wilayah samudra Pasifik, namun tidak pernah menemukan bukti apapun terkait hilangnya ratusan tentara dan para kru pesawat.
Flying Tiger Line, sebuah perusahaan kontraktor dan kargo udara militer pertama pada waktu, berspekulasi kalau pesawat telah dibajak atau bahkan disabotase, namun mereka mengakui tidak mempunyai bukti terkait teori mereka itu. Namun beberapa nelayan yang berada di kapal tanker Liberia mengaku saat kejadian melihat ada bola cahaya yang jatuh ke laut, yang menguatkan dugaan bahwa Flight 739 meledak diangkasa, sehingga sulit untuk ditemukan.

2.  Northwest Airlines dan D.B. Cooper: Legenda Pembajak pesawat dengan parasut
Sketsa wajah D.B. Cooper
Meskipun aksinya tidak sampai meledakkan pesawat, namun kisah seorang D.B. Cooper menjadi misteri paling aneh dan tak terpecahkan hingga saat ini. Pada 1971, seorang pembajak pesawat yang tidak diketahui identitasnya, berhasil menguasai pesawat Boeing 727. Pria itu lalu memaksa pesawat mendarat di Seattle dan meminta uang tebusan sebanyak $200.000, dan langsung membebaskan seluruh penumpang dengan selamat. Aksinya selanjutnya memaksa pilot untuk menerbangkan pesawat kembali dan terbang rendah saat melewati Mexico, dimana dia terjun dengan parasut untuk meloloskan diri.
Sejak saat itu, pihak kepolisian tidak berhasil menangkap D.B. Cooper. Media saat itu langsung memberitakan dan sketsa wajah D.B. Cooper lalu dibuat berdasarkan kesaksian penumpang pesawat. Namun siapa sebenarnya sosok D.B. Cooper dan keberadaannya hingga saat ini masih menjadi misteri. Beberapa menduga kalau Cooper sudah tewas saat terjun dari pesawat atau masih hidup dan saat ini tengah menikmati minuman dingin di belahan dunia Selatan.
 
1.    British South American Airways - Star Dust: Misteri yang akhirnya terungkap
Pesawat Stardust yang bangkai pesawatnya ditemukan 50 tahun kemudian
Selama hampir 15 tahun terakhir, berita dan intrik telah menyelimuti kisah “Star Dust”, Sebuah pesawat penumpang yang hilang tanpa bekas di tahun 1947. Pencarian besar-besaran saat itu gagal dan tidak mendapatkan bukti apapun terkait pesawat yang saat itu membawa 11 penumpang didalamnya. Berbagai pendapatpun bermunculan terkait hilangnya pesawat dengan baling-baling tersebut. Mulai dari teori spionase, sabotase, dan bahkan penculikan oleh Alien.
Namun 50 tahun kemudian, saat sebuah bongkahan es di wilayah Andes mencair, beberapa serpihan bangkai pesawat yang mirip dengan Star Dust, ditemukan. Dunia pun tahu kalau saat itu Pesawat jatuh di pegunungan bersalju, meledak dan terkubur oleh longsoran salju. Butuh setengah abad saat es yang mengubur bangkai star dust mencair, dan misteri Star Dust akhirnya terpecahkan. (MY)

Sumber: popularmechanism.com