Pages

Subscribe:

December 23, 2014

Keesamus, Cewe Thailand yang suka Lagu Indonesia



Mungkin sebagian kita sudah mengenal sosok gadis bersuara merdu yang videonya sering wara-wiri di youtube belakangan ini. Yup, dialah Keesamus, namun bagi yang baru kenal dengan Keesamus, berarti kita senasib, hehe. Bermula dari iseng-iseng search Cover video, Boyce Avenue di youtube, saya akhirnya menemukan link video seorang ‘Keesamus’ ini. Hampir sebagian besar video yang ditampilkan oleh Keesamus merupakan cover dari lagu-lagu yang begitu populer di Indonesia.


Hmm, mungkin sebagian dari kita menganggapnya hal yang biasa, membuat video cover lagu-lagu yang lagi ngetop saat ini, apalagi lagunya lagu Indonesia, Biassa’ Kallee!. Tapi yang membuat Video Klip Cover ala Keesamus ini unik adalah tidak lain karena Keesamus bukanlah orang Indonesia, melainkan Warga negara asli Thailand (Meskipun ada yang bilang dia punya darah Indonesia juga).
 
Foto saat tampil membawakan Cover lagu Indonesia

Cover Video Keesamus yang pertama saya nonton yaitu “Cinta Terbaik” yang dipopulerkan oleh Cassandra Band. Lucunya lagi saya baru tahu kalau ada lagu sebagus “Cinta Terbaik” oleh Band Indonesia itu setelah nonton cover video Keesamus, ini. Maklumlah soal musik saya banyak ketinggalannya karena sibuk dengan segala macam. (Sok sibuk loh, Ah). Anyway, saking kepo-nya saya dengan Keesamus, naluri detektif Conan menuntunku untuk men-search tentang dia di mbah Gugel. Klik Enter, saya lalu dapat alamat Fesbuk-nya: facebook.com/keesamus. Di akun Fesbuknya itu sedikit sekali info yang bisa kita dapatkan tentang dia, karena selain bahasa Inggris plus dicampur tulisan tagalog khas Thailand, makin tambah pusing lihatnya, apalagi membacanya.

Akhirnya saya lanjut nge-search di google kembali. Beberapa postingan di blog Indonesia menerangkan kalau Keesamus memang berasal dari Thailand disamping tulisan tagalog yang tertulis di akun Fesbuk dan laman youtube-nya. Namun ada juga artikel yang menyatakan kalau dia juga ada keturunan Indonesia, Hmm. .
Tapi keren, lho Keesamus ini, sementara orang asli  Indonesia cuma beberapa yang bangga dan mempopulerkan lagu Indonesia di dunia Internasional via online, dia malah ikut mempopulerkan lagu Indonesia. Bukan itu saja, lewat website resminya, www.keesamus.me, selain ada link tentang “Learn about Thailand” juga kita bisa temukan Link-nya “Learn about Indonesia”. Wow, Marvelous! 3x. 
Selain suara yang bagus, juga piawai bermain gitar
 
Keesamus dengan potongan rambut agak panjang
Nah ini dia, kalau rambutnya panjang
Sampai saat ini, sudah puluhan Cover lagu Indonesia yang dibawakan oleh Keesamus yang bisa kita lihat di Youtube. Jika kita dengar dengan seksama di tiap videonya, memang ada beberapa lirik yang pengucapannya masih agak kaku, namun masih bisa kita mengerti kok artikulasinya, dan uniknya lagi, ternyata Keesamus juga kurang mengerti arti lagu-lagu Indonesia yang dia nyanyikan, tapi menurutnya lagu Indonesia itu enak untuk didengarkan. (“Thanx Kees”..masa saya harus bilang “Thanx Muuss”.

Oke, bagi yang ingin menambahkan atau punya informasi lebih mengenai Keesamus bisa corat-coret dikolom Comment. Terakhir, ini ane pasang link Cover lagu “Cinta Terbaik” oleh Cassandra, yang dibawakan oleh Keesamus. Cekidot.(MY).