Pages

Subscribe:

August 21, 2015

Beberapa hal yang perlu kita ketahui dari TEH


Secangkir Teh
Siapa sih, yang tidak kenal dengan minuman kesehatan satu ini?. TEH, telah menjadi minuman favorit diseluruh dunia, tidak hanya karena manfaat yang dikandung oleh zat yang ada didalamnya tapi juga kisah sejarah yang menyertai perjalanan tanaman teh hingga menjadi hidangan wajib saat tamu berkunjung kerumah. 

Nah, berikut beberapa hal yang mungkin belum kita ketahui dari tanaman TEH: 

§ Menurut legenda Cina kuno, teh ditemukan oleh tentara cina, Shen Nung, pada 2737 sebelum Masehi. Diceritakan, daun teh yang telah kering jatuh tanpa sengaja dicangkir Shen Nung yang berisi air panas. Teh yang terendam air panas langsung masak dan konon inilah secangkir teh pertama di dunia.
Secangkir teh pertama di dunia, sudah ada sejak 4700 tahun yang lalu di Cina
§ Beberapa abad kemudian, teh diperkenalkan di Jepang oleh Pendeta Budha dari Cina. Oleh orang-orang jepang, acara minum teh dijadikan upacara sakral, yang disebut Cha No Yu. Sampai sekarang upacara minum teh menjadi tradisi khusus dalam kebudayaan Jepang.

§ Pada abad XV, pedagang Eropa yang berlayar ke Asia berkenalan dengan teh dan membawanya pulang kenegara mereka. Sebentar saja, teh menjadi populer, bahkan pada abad XVII, teh menjadi minuman nasional di Inggris.

§ Pada 1650, Belanda mengenal teh melalui pemerintah koloni Belanda di New York, Amerika, yang kala itu masih bernama New Amsterdam. Kemudian Amerika dijajah Inggris. Teh semakin menyebar sampai ke Massachusets, Boston (Amerika), tempat para koloni Inggris memakan daun teh dengan roti.

§ Satu abad kemudian, penjajah Inggris mengeluarkan peraturan dan pajak mengenai teh. Penduduk Amerika marah. Lalu pada suatu malam, tahun 1773 (masa perang revolusi Amerika), kapal yang berisi muatan berton-ton teh ditenggelamkan oleh penduduk setempat. Peristiwa inilah yang sangat terkenal dengan “Boston Tea Party”.
Ilustrasi "Boston Tea Party" tahun 1773
§ Barulah pada 1904, dua penemuan penting di Amerika merevolusikan industri teh. Pada musim panas di Lousiana, Amerika, seorang pedagang teh asal Inggris bernama Richard Blechynden menemukan cara mengatasi rasa haus dalam waktu lama, yaitu dengan mencampurkan secangkir teh dengan es batu yang banyak atau yang kita kenal dengan nama: Es teh.

§ Penemuan yang lain adalah teh celup, ide ini datang dari Thomas Sullivan, pedagang di New York pada 1908. Menurutnya, lebih mudah menyimpan teh dalam kantong kecil dibandingkan dalam kaleng besar, yang repot jika dibawa bepergian. Ini beraarti, daun teh tersebut harus dihancurkan jadi bubuk kasar terlebih dahulu. Siapa mengira dengan kantung kecil berisi daun teh yang dihancurkan kasar, secangkir teh dapat dihidangkan dalam waktu singkat alias instant. Sejak penemuan tak sengaja itu, teh celup langsung populer. Bahkan, setengah dari produksi teh yang dijual di Amerika dikemas dalam kantung penyaring kecil, siap dicelup dan diseduh.
Thomas Sullivan, penemu Teh Celup, 1908
§  Daun teh adalah kelompok daun dari pohon Camelia sinensis, yang terdiri dari minyak esensial yang mengandung tannin, zat kimia yang mengandung efek berkesinambungan. Teh, baik untuk mengatasi rasa mulas pada perut.

Nah, Demikian sekilas tentang minuman Teh dan saat ini hampir semua produsen minuman ringan yang dikemas dalam botol sudah membuat minuman dengan varian rasa teh.  

"Anyway, ,Would you like A Cup of Tea, Madam?" (MY)