Pages

Subscribe:

November 16, 2015

Diperkirakan punah, Monster ini diduga masih berkeliaran di laut dalam


Megalodon, Hiu raksasa zaman Prasejarah

Kita tahu bahwa predator terbesar yang menguasai lautan saat ini, ialah Hiu putih raksasa, tapi pendapat itu tidak sepenuhnya benar. Jutaan tahun yang lalu, Hiu putih raksasa tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan monster laut yang juga merupakan leluhur dari Ikan Hiu ini.

Monster raksasa itu bernama Megalodon. Seekor ikan Hiu raksasa dengan ukuran tubuh sangat besar. Meski beberapa ahli berpendapat kalau hewan ini telah punah jutaan tahun yang lalu, akan tetapi banyak orang yang masih percaya kalau hiu raksasa ini masih berburu di laut yang paling dalam.


Penemuan pertama yang menunjukkan adanya Megalodon terjadi pada masa Renaissance di Eropa.

Perbandingan ukuran rahang Megalodon dengan manusia



Beberapa fosil rahang gigi yang dipercaya milik Megalodon

Pada masa itu, banyak ilmuwan yang menantang kebenaran tentang ditemukannya monster bergigi segitiga yang suka berkeliaran dijejeran karang dekat laut. Hingga akhirnya dipertengahan tahun 1800-an, Saat mereka menemukan fosil “Megalodon”.

Berdasar fosil yang ditemukan, Kebanyakan Megalodon memiliki panjang tubuh antara 50 hingga 80 kaki.
Fosil gigi yang diperkirakan milik Megalodon dibandingkan dengan gigi milik Hiu putih raksasa
Sebagai perbandingan, Hiu putih raksasa terbesar saat ini Cuma memiliki ukuran panjang 20 kaki.
Perbandingan ukuran tubuh Megalodon dengan Hiu putih raksasa
Banyak dari kita merasa lega karena monster raksasa ini sudah lama punah. Namun, beberapa masih beranggapan kalau hiu raksasa ini masih berkeliaran di luar sana.
Ilustrasi perbandingan ukuran Megalodon dengan jenis Ikan Hiu lainnya
Pendapat itu didasari atas temuan beberapa makhluk laut prasejarah lainnya yang sudah dianggap punah tapi ternyata masih hidup hingga saat ini.

Lagipula hingga saat ini kita baru berhasil mengeksplorasi sekitar 5 persen dari luas lautan yang ada di Bumi.

Para ilmuwan juga mencatat beberapa saksi mata yang mengaku pernah melihat atau bertemu langsung dengan Megalodon. Seperti yang terjadi pada tahun 1918, sepasang nelayan berpengalaman mengaku melihat hiu raksasa berukuran 100 kaki disekitar pantai Australia.
Bagaimana Jika Megalodon masih hidup hingga saat ini
Meskipun hampir bisa dipastikan kalau Megalodon telah punah, namun kemungkinan bahwa mereka masih hidup sangat menarik untuk kita amati. Faktanya bahwa masih sedikit wilayah lautan yang belum kita jelajahi dan bisa saja beberapa Hiu raksasa masih hidup diluar sana, bersembunyi digelapnya dasar samudra menunggu saat yang tepat untuk naik ke permukaan. (MY).