Pages

Subscribe:

November 23, 2015

Fotografer ini akan mengubah cara pandang kita terhadap Waktu.


Stephen Wilkes, Fotografer dengan karyanya yang unik

Kebanyakan foto yang menjadi sebuah karya seni yang menakjubkan dihasilkan oleh seorang fotografer berpengalaman yang mampu menghadirkan unsur keabadian yang ada pada moment sesaat. Fotografi adalah seni menampilkan sesuatu yang bersifat statis. Salah satu tantangan dalam metode fotografi ialah membuat sebuah foto mampu menceritakan sebuah proses berjalannya waktu.

Tapi bagaimana jika kita ternyata bisa menangkap proses sebuah moment yang sedang berlangsung,  dimana hal itu cuma bisa dilakukan oleh video (gambar bergerak)?. Bagaimana pula jika kita mampu menceritakan peristiwa selama sehari hanya dengan sebuah foto?. Fotografer Profesional, Stephen Wilkes, menemukan jawaban dari semua pertanyaan diatas, dengan menghadirkan seni fotografi yang mampu menghadirkan proses berjalannya waktu dalam sebuah foto.


Untuk memperoleh efek seperti ini, Wilkes memotret lokasi yang sama sebanyak 1,500 kali selama 24 jam, diposisi yang sama.
America's Cup, San Fransisco, 2013

Ia kemudian memilih foto-foto terbaik dari tiap sesi kemudian menggabungkannya hingga menjadi sebuah foto.
View Central Park dari  Essex House, New York City, 2014

Transisi dari siang ke Malam atau sebaliknya mampu menghadirkan pengalaman tersendiri bagi kita.  Karena menjadi pengalaman yang patut dibagi, Wilkes memutuskan memilih subjek dimana orang diseluruh dunia  pernah merasakannya.
Flatiron, New York City, 2010

Ia menulis "Aku memotret beberapa lokasi dan pemandangan yang menjadi bagian dari pengalaman setiap orang”
Coney Island, New York City, 2011

Menurut sang seniman, Foto-foto tersebut mampu membantu memvisualisasikan "perjalanan waktu lewat alam bawah sadar kita”
Millennium Park, Chicago, 2013

Konsep ilustrasi fotografi yang dihadirkan adalah bagaimana kita saling berbagi ruang dan waktu lewat gambar tak bergerak.
Trafalgar Square, London, 2014


Mudah bagi kita untuk tidak paham dengan ide abstrak saat kita sadar kalau kita berada diwaktu yang berjalan. Nah, Foto-foto ini menghilangkan semua sisi abstrak dari representasi visual suatu ide.
Serengeti National Park, Tanzania, 2015

Disaat banyak orang terus mencoba mewujudkan ide dan gagasan mereka seiring dengan waktu yang berjalan, Stephen Wilkes mampu mengartikulasikan ide yang ada lewat foto yang tak perlu adanya penjelasan. (MY)
Shanghai, China, 2012
Nah, itulah beberapa karya seni fotografi yang dihasilkan oleh Stephen Wilkes. Konsepnya memang sederhana, yaitu bagaimana menghadirkan adanya transisi waktu dalam satu hari disebuah tempat. Tapi yang menarik ialah, bagaimana mewujudkan ide sederhana tersebut menjadi sebuah karya seni fotografi yang sebagian orang sulit mewujudkannya. (MY).