Pages

Subscribe:

August 22, 2016

15 Kekuatan Wonder Woman yang belum kita ketahui

Gal Gadot saat memerankan Wonder Woman di BvS: Dawn of Justice
Sejak pertama kali diciptakan 75 tahun silam, tokoh komik dari DC, Wonder Woman, akhirnya dapat diangkat kelayar lebar lewat film solo perdananya yang akan tayang tahun depan. Sebelumnya Wonder Woman yang diperankan oleh aktris cantik, Gal Gadot, tampil di film Batman v Superman: Dawn of Justice, dimana ia beraksi bersama dua superhero legendaris DC lainnya, Superman dan Batman.

Sebelumnya juga, trailer perdana film Wonder Woman, telah dirilis diajang Comic-Con San Diego 2016, bersamaan dengan trailer filmnya yang lain yaitu Justice League. Meski begitu, ternyata beberapa dari kita belum begitu kenal dengan sosok Wonder Woman, khususnya kisahnya dalam komik. Nah, ternyata gaes, si Wonder Woman ini punya segudang kemampuan yang luar biasa yang belum semuanya terekspos lewat film Batman v Superman, kemarin. Bagi yang penasaran dengan kekuatan apa saja yang dimiliki oleh Putri dari Amazon ini, tidak ada salahnya membaca artikel berikut tentang kedahsyatan Diana Prince bersama tali dan gelang saktinya serta kekuatan super lainnya dari sang Wonder Woman:

15. Kemampuan menyembuhkan diri
Jangan kira kemampuan menyembuhkan diri atau biasa kita kenal dengan istilah ‘Healing Factor’ cuma dimiliki superhero dari Marvel saja!. Faktanya, bukan hanya Wolverine, Deadpool, dan Hulk saja yang punya kemampuan tersebut. Wonder Woman juga mampu pulih dari luka-luka yang ia derita selama bertempur dengan lawannya atau saat ia terkena serangan. Tak hanya itu, ia juga sangat sulit untuk dilukai, dibanding superhero lainnya yang kita kenal. Lihat aja, saat Wonder Woman bertarung dengan Doomsday di film Batman v Superman: Dawn of Justice, dimana ia mampu bertahan dari hantaman Doomsday yang super-dahsyat, sementara Batman sendiri mesti memilih menghindar kesana-kemari daripada bertarung langsung dengan Doomsday.

Nah, cinemania, Ada banyak kisah tentang asal usul kekuatan tersebut, karena beda zaman beda juga kisah yang diceritakan. Beberapa komiknya menceritakan kalau kekuatan Healing Factor milik Wonder Woman diperoleh setelah ia meminum air dari Fountain of Youth (Mata air awet muda). Ada juga yang bilang kekuatan itu berasal dari Dewi Yunani, bernama Demeter, sang Dewi kesuburan. Dengan kekuatan pemberian Demeter, Wonder Woman mampu sembuh dengan cepat dengan syarat: selama ia masih berada di Bumi.

14. Mengendalikan seluruh pasukan tempur
Tiap kali karakter komik dimunculkan kembali, pengarang komik selalu saja menambahkan sesuatu yang baru pada tokoh tersebut tanpa menghilangkan ciri khas yang sudah ada. Jadi pada saat Wonder Woman muncul kembali di komik ‘New 52’, ia pun mendapat kekuatan baru yang belum pernah ia miliki sebelumnya. Lucunya, ia mendapatkan kekuatan barunya itu dengan cara membunuh musuh lamanya, Ares. Dalam komik New 52, Dewa Perang, Ares, sebenarnya adalah mentor dari Diana, dan kematian Ares terjadi tanpa sengaja saat Wonder Woman bertarung melawan musuh lainnya. Mau tidak mau, Dewa Perang harus tetap ada, dan sejak Wonder Woman ‘membunuh’ Ares, maka kekuatan tersebut kemudian beralih padanya sekaligus gelar Dewa Perang itu sendiri. Setiap peperangan butuh pasukan, sehingga Dewa Perang punya kendali penuh terhadap semua pasukan yang ada dan kekuatan itulah yang dimiliki oleh Wonder Woman: Mampu memerintah semua pasukan tempur yang ada.

13. Menguasai banyak bahasa
Sepertinya kekuatan ini jarang dimiliki oleh Superhero manapun, tapi tidak dengan Wonder Woman. Ia mampu berkomunikasi dengan bahasa apapun dengan lawan bicaranya. Kemampuan ini ternyata diberikan oleh Athena, Dewi Kebijaksanaan, dimana Diana memiliki kecerdasan untuk dapat memahami bahasa asing (Meskipun dalam banyak kisah, diceritakan kalau Wonder Woman, sebelumnya mempelajari dengan serius bahasa asing tersebut, satu persatu). Memang, Wonder Woman mempunyai stamina tubuh yang kuat, namun ilmu pengetahuan sudah menjadi bakat hebatnya yang lain. Bahkan Batman pun mengakui, betapa berbahayanya jika kecerdasan dimiliki oleh seorang penjahat (Joker).

Tak bisa dipungkiri pula, kalau Wonder Woman adalah sang pelindung dari setiap ancaman ke Bumi yang  bersifat global. Kadang seorang pahlawan berada disituasi dimana ia mesti berkomunikasi dengan penduduk setempat. Nah, dengan bahasa asing dan kemampuan berkomunikasi dengan banyak bahasa akan sangat membantu pada saat-saat tertentu. Bayangkan jika seorang Superhero melawan penjahat yang bahasanya beda dengan dia. Bisa saja diceritakan kalau semua yang ada dikomik mampu berbahasa Inggris, akan tetapi Wonder Woman, punya alasan pasti kenapa ia mampu berinteraksi dengan penduduk manapun di planet lain dengan kemampuan Omnilinguistic yang ia miliki.

12. Jiwa kepemimpinan yang luar biasa
Anugrah lain yang diberikan Athena, Dewi Kebijaksanaan, kepada Wonder Woman selain Omniliguistic ialah Jiwa kepemimpinan. Memang kemampuan ini tidak sehebat kekuatan Superman atau senjata sakti lainnya, namun skill ini sangat berguna bagi seorang Wonder Woman. Menjadi Superhero tidak mesti selalu bertempur setiap waktu, kadang dibutuhkan jiwa kepemimpinan untuk menciptakan situasi dan kondisi yang kondusif .

Kemampuan Wonder Woman dalam hal memimpin sudah teruji sejak ia pertama kali menjadi putri suku Amazon. Hal tersebut dibuktikan pula saat ia bergabung dalam kelompok Pahlawan terkuat di Bumi dengan menjadi salah satu pendiri group Justice League. Bahkan ia pernah menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat. Lho!.

11. Telepati
Kekuatan Wonder Woman terus berkembang dari masa kemasa, meskipun kebanyakan kekuatan tersebut berasal dari darah suku Amazon yang mengalir dalam dirinya. Salah satu kekuatan lain yang dimiliki oleh Wonder Woman ialah Telepati, dimana ia mampu berkomunikasi dengan orang lain melalui pikiran. Selama bertahun-tahun, Wonder Woman melatih kemampuan telepati yang sebagian menyebutkan kalau kemampuan tersebut ia peroleh pasca kematian Dewa Perang, Ares.

Memang dalam film Batman v Superman: Dawn of Justice, kemampuan telepatinya tidak dimunculkan karena dalam pertarungan melawan Doomsday, kekuatan bertarunglah yang paling dibutuhkan. Khusus pada saat Wonder Woman menjadi Dewa Perang yang baru, kemampuan telepatinya itu lebih fokus pada kemampuannya mengendalikan pasukan perang yang ada.

10. Empati terhadap Hewan
Selain kekuatan yang sudah dibahas diatas, Wonder Woman ternyata juga bisa paham dengan bahasa hewan. Meskipun ia tidak sehebat Squirrel Girl yang mampu memerintahkan sekawanan tupai untuk ikut bertarung, namun kemampuan yang ia peroleh dari Dewi Artemis, sang Dewi pemburu, juga memiliki manfaat lain.

Salah satu contohnya yaitu saat Wonder Woman berhasil meloloskan diri berkat bantuan dari dinosaurus yang memang sudah menjadi sahabatnya. Bukan berarti ia tidak mampu melindungi dirinya sendiri, namun ada kalanya Wonder Woman berada dalam situasi bahaya dimana teman manusianya tidak mampu menolongnya. Meski begitu, Wonder Woman tidak Cuma dekat dengan hewan saat ia butuh bantuan saja, contohnya saat ia menemani seekor beruang kutub yang sedang merasa kesepian.

9.  Kebal terhadap sengatan Listrik
Mungkin jika kita perhatikan, ternyata hampir semua kekuatan yang dimiliki oleh Wonder Woman adalah pemberian dari Dewa Dewi Yunani, dan memang seperti itu adanya karena asal usul bangsa Amazon memang terkait dengan mitologi Yunani. Tapi tahukah kita jika ada satu kekuatan yang dimiliki oleh Wonder Woman yang bukan merupakan ‘hadiah’ dari para Dewa-Dewi Yunani, melainkan berasal dari kekuatan musuh yang dikalahkannya?.

Dr. Psycho sudah berhadapan dengan Wonder Woman sejak awal komiknya terbit. Meski bukan sosok Monster dengan kekuatan super, akan tetapi Dr. Psycho merupakan salah satu musuh yang cukup merepotkan bagi Wonder Woman. Diceritakan saat Dr. Psycho menghadapi Wonder Woman, ia lalu menyerang Wonder Woman dengan senjata Electro Atomizer. Alih alih melukai Wonder Woman, serangan tersebut malah menjadikan Wonder Woman kebal terhadap serangan listrik. Jadi buat para penjahat diluar sana, disarankan agar menggunakan senjata yang tepat saat menghadapi Superhero, karena jangan sampai senjata anda menjadi senjata bagi mereka. Itu.

8. Mengendalikan mayat 
Mungkin inilah satu-satunya kekuatan Wonder Woman yang masih diragukan, tapi bukan berarti ia memang tidak punya kekuatan tersebut. Ingat saat ia tanpa sengaja membunuh Ares si Dewa Perang?. Sejak menjadi Dewa Perang baru menggantikan Ares, Wonder Woman juga mewarisi seluruh kekuatan Ares, termasuk salah satunya mengendalikan orang yang sudah mati.

Meski begitu, kemungkinan Wonder Woman memang jarang menggunakan kekuatannya yang satu ini. Soalnya, bayangin aja, Masa putri dan ksatria dari suku Amazon yang hebat mau membangunkan prajurit yang sudah dikubur cuma untuk membantunya berperang?. Tapi mubazir juga, sih, kalau kekuatan tersebut tidak pernah ia gunakan. Well, mungkin someday kali yee..

7.  Kebal terhadap ilmu sihir
Jika kita membaca seluruh komik terbitan DC, kita bisa tahu kalau kekuatan Wonder Woman nggak beda jauh dengan kekuatan Superman. Keduanya memang hampir seimbang dalam segala hal dan kemampuan, namun ada beberapa kekuatan Superman yang tidak dimiliki Wonder Woman contohnya, Heat Vision atau mata laser. Tapi jangan salah, ada juga lho, kekuatan Wonder Woman yang tidak dimiliki oleh Superman!.

Salah satu kelemahan Superman ialah bahwa dia tidak kebal terhadap ilmu sihir, tapi Wonder Woman nggak perlu khawatir jika ia diserang dengan ilmu sihir. Meski Wonder Woman masih bisa  terluka oleh para penyihir, namun ia kebal terhadap serangan ilmu sihir mereka. Anti peluru memang hebat, tapi jika musuh kita punya kekuatan sihir untuk menyerang, alangkah baiknya jika kita juga kebal terhadap serangan seperti itu.

6. Teleportasi
Ini merupakan salah satu kemampuan yang dimiliki oleh Putri Amazon yang paling jarang ditampilkan tapi yang paling hebat dan sangat berguna. Dalam kondisi tertentu, Wonder Woman mampu melakukan teleportasi dari satu tempat ketempat  lainnya dan bahkan bisa membawa serta orang lain untuk berpindah tempat. Bukan Cuma itu, Wonder Woman juga bisa memproyeksikan gambaran dirinya ditempat lain, sementara ia sedang melakukan meditasi. Sayangnya meski dalam bentuk proyeksi, musuh masih bisa melukai tubuh proyeksinya tersebut, makanya kekuatan ini jarang ia gunakan.

5. Tiupan Super
Sama seperti karakter superhero lainnya, Wonder Woman juga punya kekuatan yang terus berkembang dari waktu kewaktu. Seperti halnya Superman, ia juga punya daya paru-paru yang super dahsyat, yang memungkinkan ia meniupkan angin dengan kekuatan setara angin topan. Ya, meskipun kekuatan tiupan Wonder Woman  tidak sehebat Superman yang mampu membekukan benda.

Kemampuannya yang satu ini memang jarang kita ketahui. Mungkin karena tidak terlalu dibutuhkan  dibanding kemampuan Wonder Woman yang lainnya. Superhero paling kuat sekalipun mungkin tidak terlalu butuh yang namanya tiupan Super jika punya kekuatan yang sudah cukup membuat musuh kocar-kacir. Namun meski cerita Wonder Woman dari waktu ke waktu terus berubah, dan zaman terus berganti, bukan berarti ia sudah kehilangan kemampuan tiupan supernya ini, lho!. Ia tetap masih mampu mengeluarkan tiupan super jika dibutuhkan.

4. Kecepatan Super
Kebanyakan dari kita tahu kalau Wonder Woman juga bisa terbang meskipun ia juga punya pesawat Invincible Jet. Kemampuan terbang Wonder Woman diperolehnya dari Hermes, Dewa pembawa Wahyu, dimana kekuatan ini sangat berguna terutama saat mengejar para penjahat yang juga bisa terbang. Namun ada juga versi lain yang mengatakan kalau  Wonder Woman memang dari lahir punya kemampuan untuk terbang. Nah, yang kita bahas kali ini ialah kekuatan lain yang diberikan oleh Hermes, yaitu Kecepatan Super.

Meskipun kecepatannya tidak secepat The Flash, akan tetapi Wonder Woman mampu lebih cepat dari orang pada umumnya. Kecepatannya dalam bergerak membuatnya mampu menangkis tembakan peluru dengan menggunakan gelang sakti atau dengan perisainya. Hmm, sepertinya Hermes memang tidak mau setengah-setengah memberikan kekuatan kepada Wonder Woman, kali ya?.

3. Kebal terhadap Api
Wonder Woman juga ternyata kebal terhadap Api. Saat beberapa Dewa Dewi meminjamkan kekuatannya kepada Putri Amazon, Hestia sang Dewi Api ternyata juga memberikan kekuatannya. Efek dari kekuatan Hestia ini berpengaruh terutama pada ‘Tali Kebenaran’ milik Wonder Woman. Dibeberapa kisah komiknya, Tali kebenaran (Lasso of Truth) sebenarnya merupakan benda yang mampu memaksa seseorang untuk berkata jujur. Kekuatan api mampu membakar dan memurnikan, jadi masuk akal jika senjata Dewi Api itu mampu menyimpulkan kebenaran.

Tapi manfaat lain dari kekuatan pemberian Hestia, yaitu mampu membuat Wonder Woman kebal terhadap api. Seperti dalam sebuah cerita saat Wonder Woman masih tetap hidup saat ia dilebur dalam api mistis milik Ares, padahal jika orang biasa pasti akan hangus menjadi debu jika direndam kedalam api Ares.

2. Kecantikan tiada tara
Serius nih?. Ya iyalah. Memangnya Superhero nggak boleh punya kekuatan Super Cantik, gitu?. Siapa sih yang nggak mau terlihat cantik plus punya kekuatan super?. Nah, Aphrodite, si Dewi Cinta memang tidak pernah mengakui kalau ia meminjamkan kekuatan kecantikannya pada Wonder Woman. Itu terbukti karena para penjahat memang tidak segan-segan untuk menghajar habis-habisan Wonder Woman saat mereka bertarung. Jadi boleh dibilang kecantikan Wonder Woman memang diperolehnya dari keturunan (Suku Amazon) yang memang cantik-cantik. Jadi jangan heran jika meski sudah bertarung hancur-hancuran, Wajah Wonder Woman tetap kinclong tanpa ada bekas goresan sedikitpun.

1. Kekuatan Super saat ia melepas gelangnya
Meskipun kita awam dengan sosok Wonder Woman, setidaknya kita pasti tahu kalau semua aksesoris yang ia kenakan, bukan sekedar perhiasan biasa, seperti gelang saktinya yang mampu memantulkan peluru. Tak  banyak juga yang tahu kalau kedua pergelangan tangan Wonder Woman bisa melemahkannya manakala seorang pria menyatukan keduanya. Jadi gelang dikedua tangan Wonder Woman punya dua sisi: Menguatkan atau malah Melemahkan.

Sebenarnya, Wonder Woman bisa saja melepaskan kedua gelangnya, namun itu tak semudah melepaskan gelang biasa pada umumnya. Malah jika gelang tersebut dilepaskan, kekuatan Wonder Woman akan semakin bertambah, namun sayangnya hal itu punya konsekuensi. Gelang Wonder Woman merupakan semacam peredam dan jika dilepaskan itu akan membuatnya menjadi hilang kendali. Kita tahu bahwa Wonder Woman merupakan superhero yang penuh cinta kasih, tapi dia akan berubah 180 derajat jika gelang tersebut dilepaskan, dimana musuh yang dihadapinya takkan dapat ampunan darinya.

Nah, mungkin itu saja kekuatan yang dimiliki oleh Wonder Woman. Jika ada yang belum sempat ditulis atau mungkin ada yang salah dari artikel diatas, bisa langsung corat coret di kolom komentar dibawah. (MY).