Pages

Subscribe:

Labels

September 15, 2016

13 Superhero / penjahat yang pernah mengalahkan HULK!

HULK VS Superheroes
Siapa sih, yang tidak mengenal The HULK?. Karakter komik keluaran Marvel ini dikenal karena sosoknya yang unik dibanding superhero lainnya. (Lho, Memangnya Hulk termasuk Superhero, ya?). Anyway, gaes. Hulk yang merupakan alter-ego dari Dr. Bruce Banner, muncul disaat ilmuwan tersebut marah alias emosi. Saat berubah menjadi Hulk, itulah Dr. Banner akan kehilangan kendali atas dirinya dan berubah menjadi sosok raksasa hijau yang siap menghancurkan apa saja yang menghalanginya dan saat kehancuran yang ditimbulkannya sudah kelewat batas, beberapa superhero kemudian berinisiatif untuk mencoba menghentikannya. Tapi mampukah mereka?.

Meski Hulk memiliki kekuatan yang luar biasa dan mustahil untuk bisa dikalahkan, ternyata dalam beberapa komik, ia pernah dikalahkan atau bahkan dibunuh oleh beberapa superhero atau penjahat dengan kekuatan super. Beberapa dari Superhero itu ada yang memang memiliki kekuatan melebihi Hulk, tapi ada juga yang menang karena kecerdasannya dalam melihat kelemahan Hulk. Tapi ada juga lho, yang karena faktor Good Luck saja sehingga ia bisa mengalahkan Hulk.

Nah, gaes. Berikut ini 13 Superhero (dan penjahat) yang pernah berhasil mengalahkan Hulk dalam komiknya, just check’Em out!:


13. Silver Surfer
(Tales to Astonish Vol. 1 #92-93 1967)
Hulk VS Silver Surfer
Diceritakan Bruce Banner sedang dalam pelarian untuk menghindari kejaran pasukan Jendral Ross. Nah, saat berada di kota New York, Banner mencoba untuk menyinari lagi dirinya dengan radiasi sinar Gamma, dengan maksud agar ia tidak bisa lagi berubah menjadi Hulk dan bisa hidup normal kembali. Sayangnya usaha itu tidak berhasil, hal itu malah membuat ia berubah menjadi Hulk yang kemudian mengamuk di New York menghancurkan seluruh isi kota. Saat militer mengepungnya, Hulk lalu berusaha kabur menuju sebuah pesawat luar angkasa yang ia pikir bisa membawanya kabur keluar angkasa sehingga ia tak bisa lagi melukai orang yang tak bersalah.

Namun ternyata dalam pesawat itu ada Silver Surfer yang kemudian menolak menolong Hulk. Karena penolakan tersebut, Hulk kemudian marah dan pertarungan dengan Silver Surfer pun tak terelakkan. Merasa kasihan dengan Hulk, Silver Surfer kemudian memukul Hulk dengan papan seluncurnya, tapi dengan berhati-hati agar Hulk tidak terluka parah. Hulk-pun berhasil dilumpuhkan.

Akan tetapi saat Silver Surfer menjelaskan kalau ia tidak bisa membawa Hulk kabur keluar angkasa, Hulk menjadi marah dan kembali menyerang Silver Surfer. Karena diserang kembali, Silver Surfer akhirnya menggunakan kekuatan kosmiknya menghantam Hulk hingga ia tak sadarkan diri dan membuang Hulk keluar angkasa selamanya.

(The Incredible Hulk Vol. 1 #250 1980)
Silver Surfer
Sebagai bekas anak buah dari ‘si pemangsa planet’ Galactus, Silver Surfer terpaksa dipenjarakan di Bumi oleh Galactus dengan menggunakan lingkaran energi yang mengelilingi Bumi agar ia tak bisa lolos ke luar angkasa. Untuk menghancurkan lingkaran energi yang membelenggunya itu, Silver Surfer lalu mencari Bruce Banner yang akan ia manfaatkan radiasi gamma-nya guna meningkatkan kekuatan yang ia miliki.

Silver Surfer kemudian menjadi agresif saat bertemu dengan Bruce Banner yang menyebabkan Dr. Banner berubah menjadi Hulk. Saat sedang bertarung, Silver Surfer kemudian menyerap radiasi gamma yang dimiliki Hulk, menjadikan Dr. Banner kembali kewujud manusianya.

Sayangnya rencana Silver Surfer tidak berhasil karena ia masih berada di Bumi. Banner lalu kembali terkena radiasi gamma yang sekali lagi merubahnya menjadi Hulk. Silver Surfer lalu membawa Hulk keluar angkasa dan kembali menyerap radiasi gammanya dan kali ini berhasil. Silver Surver berhasil membobol lingkaran energi milik Galactus. Namun Hulk kurang beruntung, saat energi radiasi gamma terserap habis dari tubuhnya, Hulk lalu berubah menjadi manusia normal kembali dan ia meluncur jatuh ke Bumi dengan cepat. Melihat hal itu, Silver Surfer lalu berusaha mengejar tubuh Dr. Banner yang jatuh ke Bumi dan berhasil. Silver Surfer lalu memberikan sinar radiasi Gamma ketubuh Dr. Banner yang kemudian berhasil menyelamatkan Dr. Banner yang terluka parah.

12. Thor
(Incredible Hulk Annual 2001)
Hulk vs Thor
Dalam sebuah terbitan komik diceritakan suatu ketika Hulk yang sedang mengamuk dikota kemudian menarik perhatian Thor yang merasa terpanggil untuk menghentikan aksi monster hijau tersebut. Pada dasarnya Thor merasa, jika ia dan Hulk bertarung maka hasilnya pasti seri. Bahkan dalam beberapa hal, peluang ia menang cukup besar disebabkan dirinya adalah keturunan Dewa. Meskipun pada kenyataannya belum pernah ada dalam komik sebelumnya yang menceritakan Thor pernah mengalahkan Hulk.

Nah, kita lanjutkan lagi ceritanya, gaes. Thor kemudian terlibat pertarungan dahsyat dengan Hulk yang menyebabkan kerusakan dimana-mana. Sadar kalau pertarungan mereka akan melukai orang-orang disekitarnya, Thor lalu membawa Hulk ke planet lain lewat teleportasi. Meski sudah berpindah planet kemarahan Hulk tetap sama. Hulk kemudian mengangkat Thor dan melemparnya ke gunung. Thor akhirnya terkubur oleh reruntuhan gunung yang sangat berat.

Merasa Thor sudah dilumpuhkan, Hulk kembali mengamuk membabi buta karena bingung berada di planet mana ia sekarang. Tak lama kemudian Thor siuman dan memutuskan untuk kembali mengejar Hulk, meskipun ia merasa akan sulit mengalahkan Hulk. Setelah menemukan Hulk, Thor lalu menyerang dengan memanfaatkan kekuatan Petir yang ia miliki. Berhasil, serangan itu akhirnya membuat Hulk tak sadarkan diri. Thor lalu bermaksud membawa Hulk pulang ke Bumi, tapi sebelum rencana itu berhasil, Hulk sudah keburu sadar kembali dan menghajar balik Thor. Well, meskipun hasil akhirnya tetap Hulk yang menang, namun Thor sudah sempat membuat Hulk K.O (Knock Out).

(Fear Itself Book Five: Brawl 2011)
Thor Dewa Petir
Kita tahu bahwa dalam komiknya, Thor dan Hulk sudah beberapa kali saling beradu kekuatan. Namun pertarungan mereka yang paling seru ada di komik crossover tahun 2011, Fear itself, buku ke-5. Dalam buku itu diceritakan keduanya bertarung menggunakan palu sihir yang mengakibatkan kerusakan massal di Bumi.

Diceritakan bahwa putri Red Skull bernama Sin, berhasil membangkitkan Dewa kuno bangsa Asgard bernama The Serpent, yang mampu memanipulasi rasa takut seseorang. Dengan maksud menghancurkan Bumi, The Serpent lalu mencari orang-orang berkekuatan super untuk dijadikan anak buahnya. Ia lalu memberikan palu sakti kepada anak buahnya, termasuk Hulk,  yang menjadikan mereka semua jendral perang dengan julukan The Worthy (orang-orang yang Layak mendapatkan kekuatan).

The Worthy lalu mulai beraksi menghancurkan apa saja yang ada di Bumi dan setiap kerusakan dan ketakutan yang mereka timbulkan akan membuat The Serpent bertambah kuat. Avengers kemudian terpanggil untuk mengakhiri sepak terjang The Worthy, dan Thor kebagian tugas menghadapi Hulk yang sudah dikuasai The Serpent. Sial bagi thor, ternyata The Thing juga ikut dikuasai oleh The Serpent, sehingga ia mesti menghadapi Hulk dan The Thing sekaligus. Akhirnya Thor berhasil membunuh the Thing dengan menghajarnya dengan palu Mjolnir. Thor dan Hulk kemudian saling berhadapan dan berakhir saat Thor berhasil membuang Hulk keluar angkasa. Meski menang, Thor mengalami luka parah dalam pertarungan tersebut. 

11. Spider-Man
(Amazing Spider-Man Vol. 1 #328)
Spider-man and Hulk
Spider-man pernah sekali bertarung dengan Hulk, meskipun kebanyakan strategi yang ia gunakan ialah memancing Hulk ketempat dimana penduduknya sedikit sambil berusaha menghindar dari serangan Hulk. Namun dalam komik Acts of Vengeance, Peter Parker akhirnya berhasil mengalahkan Hulk.

Dalam buku itu diceritakan, kalau Spider-man tiba-tiba mendapatkan kekuatan super dari Captain Universe. Oleh karena itu, sekelompok penjahat merasa Spider-man menjadi ancaman baru bagi mereka. Captain Universe, sendiri merupakan wujud personifikasi dari seluruh kekuatan yang ada di alam semesta. Sejak kemunculannya pertama kali di komik Marvel, Captain Universe selalu memilih orang-orang terpilih yang pantas untuk ia jadikan tempat bersemayam. Orang terpilih itu akan memiliki kekuatan yang sangat dahsyat, seperti: kekuatan Superhuman, kecepatan dan stamina yang hebat, bisa terbang, telekinesis dan sebagainya. Jadi saat semua kekuatan itu dimiliki oleh Spider-man, maka ia pun menjadi  masalah serius bagi kelompok penjahat. Daripada mengotori tangan mereka sendiri, para penjahat itu lalu memanipulasi pikiran Hulk dan menyuruhnya untuk membunuh Spider-man.

Akhirnya Hulk dan Spider-man terlibat perkelahian, namun saat Hulk akan mencederai dua anak kecil yang berada disekitar mereka, Spider-man terpaksa mengeluarkan kekuatan kosmik pemberian Captain Universe dan memukul Hulk hingga ia terlempar keluar angkasa. Spider-man kemudian terbang keluar angkasa menyelamatkan Hulk. Saat tersadar, Hulk lalu berterima kasih pada Spider-man dan berjanji tidak akan mengganggu Spider-man lagi. Yah, meskipun Spider-man menang bukan karena kekuatannya sendiri, yang jelas ia sudah pernah berhasil mengalahkan Hulk.

10. Batman
(DC Special Series #27 1982)
Batman vs Hulk
Dalam sebuah komik crossover antara Marvel dan DC, ada satu judul yang menceritakan perseteruan antara Batman (DC) dan Hulk (Marvel). Kisahnya itu bermula saat Bruce Wayne pertama kali bekerja di sebuah divisi Wayne Enterprises.

Pada suatu hari, Joker kembali berulah, yang menyebabkan Dr. Banner berubah menjadi Hulk. Masalahpun timbul saat Hulk mengamuk mengobrak-abrik laboratorium milik Bruce Wayne. Batman kemudian berusaha menghentikan aksi Hulk, namun ia segera sadar kalau serangan apapun takkan mempan terhadap Hulk, dan ia mesti segera mencari jalan lain dalam situasi genting saat itu. Dalam komik tersebut digambarkan detail pertarungan Batman dan Hulk, dimana Batman berusaha menghindar dari serangan Hulk sembari menceritakan setiap rencana yang ia akan lakukan selama menghadapi Hulk.

Hingga pada suatu kesempatan, Batman berencana memakai Gas tidur yang tersimpan di Sabuknya (Utility Belt) agar Hulk tak sadarkan diri. Namun rencananya gagal, Hulk malah tertawa saat menghirup gas tidur Batman. Sayangnya Hulk keceplosan membocorkan rahasia mengapa gas tidur Batman tidak mempan padanya dimana Hulk menahan nafasnya sampai gas tidur Batman hilang. Tanpa membuang waktu, Batman segera menendang tepat ke ulu hati Hulk. Serangan itu membuat Hulk terkejut dan spontan menghirup gas tidur dalam jumlah banyak, menyebabkan ia langsung tak sadarkan diri, dan Batman pun berhasil melumpuhkannya. Tapi seperti biasanya, meskpun dua superhero itu sempat bertarung, namun pada akhirnya mereka bekerjasama untuk menggagalkan rencana jahat Joker.

9. Deadpool
(Deadpool #4 1997)
Hulk vs Deadpool
Kita tahu kalau Deadpool punya kemampuan Healing factor yang sangat hebat, tapi tahukah kita kalau Deadpool pernah sempat kehilangan Healing Factornya akibat suatu insiden yang ia sengaja, (Haha, kaya ngga’ kenal Dedpul, aja). Suatu ketika Deadpool berhasil meledakkan sebuah reaktor nuklir yang membuat tubuhnya langsung terpapar radiasi gamma, dan lucunya itu yang membuatnya tetap hidup meski setelahnya ia kehilangan kemampuan Healing Factor.  

Deadpool sadar bahwa untuk mengembalikan Healing Factor yang ia miliki, ia membutuhkan darah milik Hulk. Alasannya, Yaa.. karena darah Hulk juga mengandung racun radiasi gamma, semacam gitu deh, yang jelas dalam komiknya, cara itu kemudian berhasil.

Untuk mewujudkan rencananya itu, Deadpool lalu menantang Hulk bertarung. Saat Hulk melompat tinggi keudara untuk menginjaknya, Deadpool merasa punya banyak waktu untuk mengkalkulasi titik mendarat Hulk. Ia lalu menghitung di buku matematika sekolah yang ia bawa, dan menandai titik dimana Hulk nantinya akan mendarat dengan  papan rambu yang rusak . Saat Hulk sadar ada tanda yang dibuat Deadpool ditanah, ia malah tertawa dan menghantam papan rambu yang rusak tersebut hingga ia terluka. Akhirnya Deadpool bisa mendapatkan darah Hulk dan Healing factornyapun kembali.

Selain kisah diatas, ada banyak kisah dimana Deadpool berhasil mengalahkan bahkan membunuh Hulk. salah satunya yaitu dikomik “Deadpool kills All Marvel Universe”, dimana Deadpool menunggu Hulk sampai kembali kewujud Bruce Banner, dan  membunuhnya.

8. The Thing
(Fantastic Four Vol. 1 #320 1961)
Hulk vs The Thing
Kalau melihat The Thing (Fantastic Four) dan Hulk, rasanya seperti melihat adu tinju antara Rocky Balboa dan Apollo Creed versi Marvel. Mereka bersahabat tapi sering bertarung satu sama lain. Nah, biasanya sih, Hulk selalu menang dalam adu tinju tersebut, akan tetapi pada komik terbitan tahun 1961, The Thing pada akhirnya menang dan mampu mengalahkan Hulk.

Nah gaes, kita tahu bahwa selain berwarna hijau, sosok Hulk ternyata ada juga yang berwarna abu-abu. lho. Dengan nama alter ego, Joe Fixit, sosok Hulk abu-abu ini dikenal lebih cerdas dan lebih sopan dibanding dengan Hulk yang sebenarnya (Bruce Banner), meskipun tampang dan fisik mereka tidak jauh berbeda.Joe Fixit atau Hulk Abu-abu terkenal pintar dan tidak cepat emosian, padahal kita tahu kalau kekuatan Hulk meningkat seiring dengan daya amarah yang ia keluarkan. Oleh karenanya, Hulk abu-abu tidak sekuat Hulk Ori yang warnanya Hijau.

Jadi alkisah waktu itu Hulk abu-abu sedang bertarung dengan The Thing (manusia batu dari Fantastic Four). Berhubung Hulk abu-abu tidak sekuat Hulk hijau, maka The Thing mampu mengalahkan Hulk abu-abu, meskipun bukan Hulk yang hijau. (Yang penting,kan Hulk. Mau apa, Lu!?). hehe..

7. Dr. Doom
(Fantastic Four Vol. 1 #320 1961)
Dr. Doom
Yap, benar sekali. Dalam komik ini, Hulk sempat dikalahkan dua kali oleh Dr. Doom. Seperti yang kita tahu, Hulk abu-abu alias Joe Fixit, punya sisi manusiawi lebih kuat dibanding Hulk hijau (Bruce Banner). Tapi tahukah kita siapa yang berhasil membuat Hulk abu-abu harus bertarung The Thing? Jawabannya: Dr. Doom!.

Dikisahkan, Dr. Doom yang saat itu merupakan penguasa negeri Latveria, diambil alih paksa kekuasaannya, sehingga ia berusaha keras untuk merebutnya kembali. Ia kemudian menyusun rencana membangun pasukan khusus, dimana Hulk abu-abu menjadi kandidat pertamanya, meski ada kemungkinan Hulk abu-abu bakalan melawan balik nantinya. Dr. Doom kemudian mendekati Hulk abu-abu, namun Hulk abu-abu sepertinya tidak mau bergabung. Sadar kalau ia tak bisa mengalahkan Hulk abu-abu dalam pertarungan fisik, Dr. Doom berniat menggunakan sinar “neuro-ray” untuk melumpuhkan sekaligus mengendalikannya. Hulk abu-abu tahu kalau kekuatannya tak sebanding dengan teknologi yang dimiliki Dr. Doom, sehingga ia akhirnya setuju untuk mendengar tawaran yang diajukan Dr. Doom.

Sayangnya Hulk abu-abu tak tertarik dengan tawaran Dr. Doom. Ia lebih suka posisinya yang sekarang, sebagai penguasa bisnis di Las Vegas. Dr. Doom lalu mengincar insting egoisme Hulk abu-abu, dimana Hulk abu-abu sadar kalau The Thing lebih kuat dari dirinya, dan itulah alasan kenapa dia lebih suka tinggal di Las Vegas, agar ia bisa bersembunyi dari The Thing. Atas hasutan Dr. Doom, Hulk abu-abu akhirnya bisa dibuat marah dan mulai menyerang membabibuta. Tapi dibalik itu semua, sejak kejadian di ‘Secret Wars’, Dr. Doom menjadi pribadi yang lebih baik khususnya setelah ia menjadi pemimpin di Latveria.

6. Havok
(The Incredible Hulk Vol. 1 #150 1972)
Havok anggota X-Men
Kisah ini berawal saat Hulk sedang dikejar-kejar oleh pasukan militer Amerika dan ia memutuskan untuk bersembunyi di sebuah wilayah padang pasir. Saat Hulk sedang menyendiri tiba-tiba ia melihat seorang wanita berambut hijau tengah melintas sambil mengendarai mobil. Hulk lalu mengira kalau wanita itu adalah Jarella, putri dari suku sub-atomic berkulit hijau, yang sempat menjalin hubungan dengannya.

Hulk lalu mengejar wanita berambut hijau itu yang ternyata adalah Lorna Dane alias Polaris, salah satu anggota X-Men. Polaris saat itu sedang mencari salah satu rekannya di X-Men, yaitu Alex Summers atau Havok. Tiba-tiba Hulk menghadang Polaris dan menculiknya ala adegan King Kong saat menculik Ann Darrow.

Havok kemudian mengejar keduanya, namun ia tersadar kalau ia takkan menang melawan Hulk. Kemampuan Havok menyerap energi dan menembakkannya ke arah lawan membuatnya mampu bertahan saat menghadapi Hulk. Hingga pada suatu kesempatan, Hulk berhasil mengangkat bongkahan batu besar yang siap ia hantamkan ke Havok. Sebelum Hulk menyerangnya, Havok berhasil menghantamkan sinar plasmanya ke arah otak Hulk, menyebabkan Hulk merasakan sakit yang luar  biasa hingga ia pingsan. Nah, dengan begitu, bertambah satu lagi anggota X-Men yang berhasil mengalahkan Hulk. He’s Havok!.

5. Juggernaut
(The Incredible Hulk Vol. 2 #402 1992)
Cain Marko  alias Juggernaiut
Hulk saat itu sedang berada di amazon guna menyelidiki aksi seorang pengembang yang melakukan pengrusakan hutan hujan, saat ia diserang oleh seorang sosok tinggi besar berpakaian layaknya manusia dan bercelana jeans. Hulk kemudian berpikir, ini pasti salah satu pekerja konstruksi (meskipun tubuhnya sebesar raksasa). Ia lalu berusaha bersikap tenang, karena jika emosi maka yang ada ia akan bertambah lemah.

Perkelahian antara Hulk dan sosok misterius itu pun tak terelakkan. Mereka saling beradu tinju dan saling banting. Saat bertarung, Hulk berusaha mencari tahu jati diri pria misterius yang menjadi lawannya, dan ternyata ia adalah Cain Marko, atau yang lebih dikenal dengan nama Juggernaut (saat itu Marko tak mengenakan kostum Juggernaut).

Juggernaut lalu menyeruduk Hulk, akan tetapi berhasil dihindari dan membuat Juggernaut jatuh ke lubang pasir hisap. Melihat Juggernaut makin tersedot dipasir hisap, Hulk berusaha menolong dengan meraih tangan Juggernaut, akan tetapi Juggernaut malah berusaha menarik Hulk agar ikut tersedot pasir hisap. Hulk akhirnya membiarkan Juggernaut terhisap masuk dan segera meninggalkan lokasi itu meskipun ia belum mengerti kenapa Juggernaut menyerangnya. Tiba-tiba Juggernaut melompat keluar dari pasir hisap dan langsung menyerang Hulk dengan membabi buta tanpa membiarkan Hulk pulih kembali hingga akhirnya Hulk jadi tak sadarkan diri.

Meski berhasil menjatuhkan Hulk saat itu, namun Hulk segera membalas Juggernaut di dua seri berikutnya. Well, Good Job, Juggernaut..meski Cuma sekali menang, tapi itu prestasi lho, bisa memukul jatuh Hulk.

4. Superman
(Marvel vs DC Crossover 1996)
Hulk vs Superman
Jagoan Hulk dari Marvel serta Superman dari DC tercatat sudah beberapa kali berduel dalam komik crossover-nya dan hasilnyapun bervariasi. Pada suatu kesempatan Hulk pernah berhasil memukul Superman hingga terpental keluar angkasa. Pernah juga Superman sengaja menerima pukulan Hulk yang bertubi-tubi  hingga pada akhirnya Hulk kelelahan dan kembali berubah menjadi Bruce Banner.

Pada suatu hari, Bruce Banner sedang mengasingkan diri di Metropolis. Disana ia tetap bersikap ‘Low Profile’ sembari bekerja di rumah bagi para tunawisma. Saat Lex Luthor bermaksud menggusur rumah singgah tersebut untuk membangun gedung Lexcorp yang baru, Banner pun marah dan seperti kita duga, ia pun berubah menjadi Hulk.

Hulk kemudian mengamuk di kota Metropolis menghancurkan apa saja yang ia lihat. Superman lalu sadar kalau cuma dirinyalah yang sanggup menghentikan amukan Hulk yang tak terkendali. Keduanya lalu bertemu dan langsung terlibat duel seru, mengakibatkan kerusakan parah di gedung-gedung kota. Sadar kalau Hulk tidak peduli dengan keselamatan warga kota Metropolis, Superman lalu menghajar Hulk dan membawanya hingga ke lingkaran Arktik dengan maksud agar Hulk tidak akan melukai manusia disana.

3. Wolverine
(Wolverine: Old Man Logan Giant Size #1 2009)
Old Wolverine vs Old Hulk
Dikisahkan lima puluh tahun dimasa depan, para Superhero banyak yang gugur dan penjahat super telah membagi Amerika menjadi beberapa wilayah dan masing-masing mereka berkuasa disana dengan semena-mena. Sebuah wilayah bernama Hulkland yang dulu bernama Kalifornia kini dikuasai oleh Hulk Gang yang kejam yang dipimpin oleh anak-anak Bruce Banner.

Wolverine, yang sudah meninggalkan atribut Superheronya dan hidup tenang bersama istri dan dua anaknya, tiba-tiba diusik oleh kelompok Hulk Gang karena terlambat membayar sewa lahan pertaniannya. Karena lagi butuh uang, maka Wolverine menyanggupi pekerjaan mengantarkan sebuah paket misterius dengan melintasi sebuah wilayah yang dahulu bernama Amerika Serikat. Dengan membawa uang hasil pekerjaannya mengantar paket, Wolverine lalu pulang menuju kerumahnya untuk membayar uang sewa lahan kepada Hulk Gang, namun sayang, ia terlambat.

Wolverine telah mendapati keluarganya sudah tewas dibunuh saat ia pulang. Saat itulah ia kemudian bersumpah untuk menuntut balas kepada Hulk dan anggota Gangnya atas kematian keluarganya. Setelah menghabisi beberapa anak buah Hulk Gang, Wolverine akhirnya berhadapan dengan Bruce Banner yang sudah menjadi kakek tua, yang dulu dikenal sebagai The Hulk. Keduanya lalu bertarung habis-habisan hingga akhirnya Hulk menelan Wolverine hidup-hidup. Namun beberapa saat kemudian, Hulk merasa kesakitan dipunggungnya bersamaan dengan Wolverine keluar dari punggung Hulk dengan cara merobeknya dari dalam. Akhinya Bruce Banner tewas dengan kondisi mengenaskan, masih dalam wujud Hulk.

2. Fantastic Four
(Fantastic Four Vol. 1 #166 1976)
Personil lengkap Fantastic Four
Suatu hari Fantastic Four direkrut oleh badan militer untuk membantu menciptakan obat agar Bruce Banner tidak lagi bisa berubah menjadi Hulk. Untuk misi tersebut, Fantastic Four mengajukan beberapa syarat yang akhirnya disetujui oleh pihak militer. Akhirnya mereka berangkat menggunakan pesawat jet komersial menuju markas militer rahasia (berhubung saat itu Pogo-plane dan Fantasticar mereka lagi di bengkel, katanya sih begitu..). Tiba-tiba Hulk menyerang pesawat mereka diudara menyebabkan mereka harus mendarat secara darurat. Beruntung Reed berhasil mengubah tubuhnya menjadi parasut untuk membantu mendaratkan pesawat.

Mereka kemudian bertarung menghadapi Hulk, tapi karena kelelahan karena pesawat mereka mendarat darurat, maka Fantastic Four mesti menyusun strategi jitu untuk menghadapi Hulk. Pertama, Johnny Storm membutakan sementara mata Hulk dengan tembakan apinya lalu Reed membelit Hulk dengan tubuh melarnya. Sue Storm lalu menutup kepala Hulk dengan gelembung energi, menyebabkan Hulk kesulitan bernapas dan mulai melemah. Nah, terakhir, The Thing kemudian memukul Hulk hingga pingsan.

Banner kemudian dibawa dan ditahan oleh pihak militer. Reed lalu mengobati Hulk dan menjadikannya normal kembali menjadi Bruce Banner. Tapi setelah Banner berhasil diobati, pihak militer malah menahan Hulk dan mengingkari janji mereka dengan Fantastic Four. The Thing yang marah lalu mengubah kembali Banner menjadi Hulk dan membantunya melarikan diri.

1. Iron Man
(Iron Man Vol. 1 #132 1980)
Hulk vs Iron Man
Sebelum munculnya sosok ‘Profesor Hulk’ di komik Marvel, kita mengenal Hulk sebagai sosok monster raksasa hijau yang tak bisa dikendalikan. Ia mengamuk menghancurkan apa saja yang tak ia sukai. Dalam usaha untuk bisa mengembalikans Hulk yang liar menjadi sosok Bruce Banner yang tenang, Tony Stark kemudian memaksimalkan sumber daya yang ia miliki untuk membuat “obat” penyembuh bagi Bruce Banner. Sayangnya, obat tersebut malah memberi efek sebaliknya. Bruce Banner kemudian berubah menjadi Hulk yang lebih liar dan brutal.

Stark segera mengenakan kostum Iron Man-nya dan langsung memancing  Hulk menjauh dari pemukiman penduduk. Saat itu, Tony Stark belum menciptakan Hulk-Buster yang bisa membantunya melawan Hulk. Iron Man sebelumnya sudah mencoba berbagai cara mengalahkan Hulk, seperti: menenggelamkannya atau mencekiknya menggunakan rantai besar, namun semua itu tidak berhasil. Disaat-saat terakhir, Tony lalu mencoba sebuah serangan pamungkasnya. Ia kemudian menyalurkan seluruh energinya dalam satu serangan mematikan, dan ia berhasil. Hulk akhirnya tak sadarkan diri meskipun kostum Iron Man langsung mati total setelahnya.


Nah, itulah tadi deretan Superhero (Marvel maupun DC) yang pernah berhasil mengalahkan bahkan membunuh Hulk. Jika ada lagi yang belum disebutkan, Silahkan coret-coret dikolom komentar. (MY). 

0 comments:

Post a Comment

Quotes of the Day