Pages

Subscribe:

November 29, 2016

15 Hal yang perlu kita ketahui dari Inhumans

Kelompok INHUMANS
Sebagaimana kita ketahui, kalau sedikit sekali dari para Superheromania yang tahu mengenai  kelompok Inhumans yang ada di komik Marvel (Apalagi sebelum diperkenalkan lewat  Serial Agent of S.H.I.E.L.D). Beruntung baru-baru ini, Marvel menyatakan kalau karakter Inhumans akan kita jumpai dalam waktu dekat ini lewat program serial TV. Namun sebelum kita menyaksikan aksi para Inhumans, alangkah baiknya jika kita mengetahui beberapa hal tentang mereka khususnya peran mereka dalam dunia komik Marvel. Karena apa?, karena meskipun mereka bukan kelompok utama dalam Komik Marvel, akan tetapi mereka punya keterkaitan dengan beberapa group Superhero Marvel, seperti The Avengers atau Fantastic Four, juga kerjasama mereka dengan organisasi S.H.I.E.L.D.

Nah, berikut ini adalah 15 hal yang sebaiknya kita ketahui dari kelompok Inhumans dikomik Marvel, dan langsung saja kita ke..Te Ka Pe!.


15. Mereka diciptakan oleh bangsa Kree
Bangsa Kree yang menciptakan Ras Inhumans
KREE adalah sebuah bangsa atau ras yang memiliki kecenderungan untuk terus berusaha melakukan evolusi. Oleh karena itulah bangsa ini sering melakukan berbagai macam eksperimen dengan menggunakan spesies lain sebagai bahan percobaan. Serangkaian eksperimen mereka lakukan guna mendapatkan manfaat dengan mengembangbiakkan spesies lainnya, dan manusia yang mereka anggap sebagai bangsa primitif menjadi bahan eksperimen mereka.

Dalam sebuah eksperimen, Bangsa Kree tanpa sengaja telah menciptakan ras manusia baru yang berbeda dengan manusia pada umumnya. Ras tersebut kemudian mereka namakan: INHUMANS. Ras Inhumans lalu dilepas begitu saja dan dibiarkan hidup di Bumi. Mereka lalu berusaha mandiri dan memutuskan memisahkan diri dari kehidupan manusia biasa yang masih primitif, dengan membangun sebuah negara-kota bernama ATTILAN. Kota tersebut kemudian diperintah oleh keluarga kerajaan dari ras Inhumans, dimana saat ini dipimpin oleh Black Bolt. Inhumans juga mampu membuktikan kalau peradaban mereka jauh lebih maju dibanding manusia biasa. Mereka mampu menciptakan teknologi lebih canggih dibandingkan yang bisa dibuat oleh manusia modern pada masa itu.

14. Muncul pertama kali dikomik Fantastic Four #45
Muncul pertama kali di komik Fantastic Four #45
Meski Inhuman tidak sepopuler karakter Superhero Marvel lainnya, tapi mereka punya sejarah yang cukup lama di dunia komik Marvel. Inhuman muncul pertama kali di komik Fantastic Four #45, yang terbit pada Desember 1965, namun faktanya, sejarah asal usul mereka jauh lebih tua dibandingkan  karakter komik Marvel lainnya.

Dua karakter Inhuman yaitu Medusa dan Gorgon, bahkan malah lebih dulu tampil diserial komik Fantastic Four, dimana Medusa tampil di komik Fantastic Four #36 dan Gorgon tampil pertama kali di Fantastic Four #44. Tak hanya itu saja, Kisah keberadaan Inhuman juga sudah ada dibeberapa komik yang terbit jauh sebelum Fantastic Four #45 ada. Sebagai contoh, kota tempat asal para Inhumans yang bernama Attilan, itu sudah sempat disinggung dikomik Captain America Comics #1, yang terbit pada Maret 1941. Oleh karena itulah, maka tak heran jika Inhumans akan segera bergabung dalam Marvel Cinematic Universe.

13. Black Bolt salah satu Makhluk terkuat di Bumi
Black Bolt Inhuman terkuat sekaligus raja ras mereka
Sangat sulit memang menentukan siapa Superhero paling kuat didunia komik, namun jika kita memilih yang terkuat diantara ras Inhuman, sudah pasti jawabannya Black Bolt, yang juga menjabat sebagai Raja para Inhuman di Attilan.

Tidak hanya ditakdirkan sebagai raja para Inhuman, Black Bolt juga lahir dengan kekuatan jauh diatas para Inhuman lainnya. Hal ini disebabkan karena kedua orangtuanya telah melakukan eksperimen pada Black Bolt bahkan sebelum ia lahir sehingga ia menjadi sangat kuat secara genetis. Diantara banyak kekuatan yang dimiliki Black Bolt, Sonic Scream merupakan kekuatannya yang paling kita kenal. Hanya dengan satu kata, Black Bolt mampu menyapu bersih seluruh kota bahkan dikabarkan jika ia berteriak dengan seluruh kekuatannya, ia mampu membelah planet menjadi dua bagian, dan dengan kekuatan itu pula, Black Bolt pernah berhasil mengalahkan Hulk!.

12. Black Bolt pernah digantikan posisinya oleh mahkluk peniru
Black Bolt dan Medusa
Salah satu kisah menarik tentang Inhuman yaitu saat raja mereka, Black Bolt, tanpa diduga digantikan oleh makhluk peniru dari bangsa Skrull. Sang ‘peniru’ baru ketahuan saat ia memperlihatkan wujud aslinya dihadapan kelompok Illuminati yang dengan segera menghabisinya. Belum diketahui secara pasti kapan sang peniru mulai meniru dan menggantikan posisi Black Bolt, namun kemungkinan itu terjadi waktu perselisihan antara Black Bolt dan Medusa saat terjadi Perang sunyi (Silent War).

Setelah terkuak kalau bangsa Skrull meniru wujud Black Bolt, baru didapati fakta kalau Black Bolt saat itu sedang menjadi tahanan bangsa Skrull. Mereka menahannya dengan tujuan memanfaatkan kekuatan suara Blak Bolt untuk menciptakan bencana dan kehancuran serta menyerang Attilan disaat raja mereka tidak ada. Beruntung dengan bantuan ‘sang pencipta’ mereka, yaitu salah satu bangsa Kree (yang juga menjadi musuh bebuyutan bangsa Skrull) kelompok mereka berhasil membebaskan Black Bolt dan mengembalikan Attilan seperti semula.

11. Inhuman memperoleh kekuatan dari Terrigenesis
Salah satu bentuk perubahan Inhumans setelah proses Terrigenesis
Kebanyakan Inhuman yang kita kenal memiliki kekuatan yang luar biasa seperti, Duplikasi, tembakan energi, memprediksi kematian, teleportasi, dan telekinesis. Nah, yang menjadi pertanyaan, kira-kira sumber kekuatan mereka dari mana, sih?. Sebenarnya Inhuman tidak langsung lahir dengan kekuatan yang luar biasa tapi mereka memperoleh kekuatan melalui proses yang dihasilkan oleh Terrigenesis. Terkadang beberapa Inhuman ada yang mampu memicu sendiri proses tersebut, ada yang  memang terjadi dengan sendirinya karena kecelakaan atau dengan adanya campur tangan Inhuman lainnya.

Terrigenesis adalah sebuah proses yang dikembangkan oleh bangsa Kree, saat dimana Inhuman terkena paparan radiasi kabut yang dihasilkan oleh kristal Terrigen. Proses ini kemudian membuka dan mengaktifkan kekuatan super yang memang selama ini sudah tersimpan dalam gen bangsa inhuman. Saat proses Terrigenesis berlangsung, Inhuman akan berada dalam sebuah ‘kepompong batu’ yang membuat kekuatan mereka berkembang dan kadang merubah wujud mereka. Jadi mereka layaknya, seekor ulat biasa dalam kepompong yang pada waktunya akan keluar sebagai kupu-kupu yang luar biasa.

10. Tanpa adanya Terrigenesis, Inhuman tetap berbeda dengan manusia
Mereka tetap lebih unggul meskipun belum terkena kabut kristal Terrigen
Meskipun Inhuman masih ada keterkaitan DNA dengan manusia, namun ada beberapa hal hasil percobaan bangsa Kree, yang membuat mereka berbeda dengan manusia pada umumnya. Gen mereka memungkinkan mereka bisa hidup lebih lama daripada manusia. Seorang Inhuman mampu hidup hingga umur 150 tahun. Tak hanya itu, Inhuman juga dibekali dengan kondisi fisik, kekuatan, kecepatan dan daya tahan tubuh yang jauh diatas manusia normal.

Memiliki kelebihan dibanding manusia biasa, bukan berarti para Inhuman tidak punya kelemahan sama sekali. Mayoritas bangsa Inhuman hanya bisa beradaptasi dilingkungan yang bebas dari polusi dan kuman berbahaya, sehingga beberapa dari mereka tidak mampu bertahan lama  di lingkungan yang penuh dengan polusi air dan udara. Boleh dibilang Inhuman adalah salah satu bentuk kampanye Marvel dalam menghadapi pemanasan global di Bumi.

9. Inhumans hidup diantara kita
Inhumans ada diantara kita
Dari bentuk fisik, Bangsa Inhuman memang tidak berbeda dengan manusia, apalagi jika mereka belum terkena efek dari proses Terrigenesis. Hal ini disebabkan karena mereka memang dasarnya adalah manusia, dan DNA mereka pun hampir seluruhnya adalah manusia. Meski begitu, kebanyakan Inhuman lebih memilih hidup berbaur bersama manusia biasa daripada tinggal di ‘kampung halaman’ mereka, Attilan.

Beberapa Inhuman malah tidak tahu kalau mereka adalah bangsa Inhuman dan mengira dirinya cuma manusia biasa yang sama dengan orang disekitarnya. Banyak cerita mengenai Inhuman yang hidup normal bersama manusia, tanpa mereka duga lalu bertransformasi akibat terkena kabut kristal Terrigen dan memulai proses Terrigenesis. Beberapa mengalaminya tanpa disengaja namun adapula yang berubah akibat kabut Terrigen yang sengaja dibuat oleh Inhuman lain dengan maksud menambah populasi Inhuman di Bumi sekaligus membangun kekuatan bangsa mereka.

8. Suplemen minyak ikan pernah mengungkap keberadaan Inhuman di Bumi
Beberapa Inhumans terkuat
Bagi yang rajin mengikuti kisah Inhuman dikomik-komik Marvel, pasti tahu sebuah cerita dimana Suplemen minyak ikan menjadi penyebab terbongkarnya keberadaan bangsa Inhuman yang tinggal di Bumi bersama manusia normal.

Diceritakan saat itu, ketika perang dengan bangsa Inhumans berakhir, kristal Terrigen yang hilang dilautan kemudian larut dalam air laut dan mengubah ekosistem makhuk didalamnya termasuk ikan. Nah, Ikan yang terkena efek dari Kristal Terrigen dan tertangkap oleh nelayan kemudian dijadikan bahan baku suplemen minyak ikan merk ‘Nature Max’, dan dijual umum kemasyarakat. Setiap manusia yang memiliki darah bangsa Inhuman akan mengalami proses Terrigenesis dan membuka kekuatan Inhuman mereka, manakala mereka mengkonsumsi pil suplemen minyak ikan tersebut.

Insiden ini kemudian, mengungkap keberadaan Inhuman yang sudah lama berbaur dengan manusia dan menyebabkan didirikannya sebuah organisasi baru bernama Advanced Threat Containment Unit yang bertugas menangani masalah munculnya para Inhuman yang diyakini sebagai Alien. Selanjutnya, Inhuman yang baru saja lahir dari insiden ‘Minyak Ikan’ tersebut kemudian diburu dan dibunuh oleh pasukan Inhuman lainnya yang menjadikan Inhuman lemah sebagai target mereka karena dianggap akan melemahkan bangsa Inhuman yang sudah ada sebelumnya.

7. Inhuman menciptakan sistem perbudakan mereka Sendiri
Alpha Primitives
Sama halnya dengan bangsa Kree yang menciptakan mereka, Bangsa Inhuman ternyata juga punya hasrat untuk menciptakan spesies baru lainnya. Mereka melakukan itu dengan maksud untuk menciptakan budak yang nantinya akan melayani mereka. Inhuman terpaksa melakukan itu karena sadar akan jumlah populasi mereka yang semakin berkurang dari waktu kewaktu. Ras baru yang mereka ciptakan kemudian diberi nama Alpha Primitives.

Ras Alpha Primitives yang diciptakan kaum Inhuman adalah spesies pekerja keras. Mereka memang diciptakan dengan fisik yang kuat namun dengan kecerdasan yang rendah untuk menghindari terjadinya pemberontakan atau perlawanan dari mereka dikemudian hari. Sayangnya rencana Inhuman tidak berjalan mulus dimana Alpha Primitives nantinya melakukan pemberontakan kepada pencipta mereka, Inhumans. Disamping itu ras Alpha Primitives juga tidak memiliki kemampuan bereproduksi, sehingga Inhuman mampu mengendalikan populasi mereka lewat sistem kloning.

Suatu ketika, Black Bolt merasa kalau menjadikan Alpha Primitives adalah hal yang salah. Ia lalu mencoba membebaskan mereka. Sayangnya itu tak bertahan lama, karena Alpha Primitives tidak terlalu cerdas untuk bisa hidup mandiri.

6. Inhuman berperang dengan kelompok X-Men
Inhumans vs X-Men
Pada ajang Comic-Con beberapa waktu lalu, diumumkan kalau akan ada seri komik bertajuk X-Men vs Inhumans, nantinya. Seri komik itu merupakan crossover pertama yang mengangkat pertikaian antara kelompok mutant X-Men dengan ras Inhumans. Kisahnya sendiri merupakan lanjutan dari cerita sebelumnya dimana Black Bolt (pemimpin ras Inhumans) memutuskan melepas kabut Terrigen keseluruh penjuru Bumi yang kemudian mengaktifkan kekuatan seluruh Inhuman yang hidup berdampingan dengan manusia di Dunia. Efek tersebut ternyata berdampak buruk bagi kaum mutant karena kabut Terrigen malah melemahkan bahkan bisa membunuh para mutant. Hal inilah yang kemudian memicu peperangan kelompok X-Men dengan Inhumans yang juga akan melibatkan beberapa karakter Marvel lainnya, seperti Ms. Marvel!.

5. Mereka adalah musuh bagi kelompok Watchdogs
Kelompok Watchdogs
Keberadaan Inhuman sepertinya menimbulkan bencana di Bumi khususnya dampak buruk bagi manusia. Oleh karenanya sebuah kelompok rahasia bernama Watchdogs dibentuk untuk mengatasi masalah tersebut, karena mereka tidak senang berbagi Bumi dengan bangsa Inhumans. Anggota Watchdogs adalah sekelompok orang bersenjata yang sangat marah dan berhasrat untuk memusnahkan seluruh  Inhuman yang ada di Bumi.

Setelah kemunculan Inhumans ditengah masyarakat terungkap, Watchdogs kemudian membangun opini negatif Inhumans dimata masyarakat dunia dengan cara memberitakan mereka secara online. Watchdogs bertindak layaknya teroris saat mereka memburu Inhumans. Oleh karena cara mereka yang radikal, S.H.I.E.L.D kemudian tidak sependapat dan berbalik mencegah aksi para Watchdogs.

Kelompok radikalis ini, dipimpin oleh Felix Blake yang merupakan mantan agent S.H.I.E.L.D. Watchdogs juga punya enam anggota lainnya dimana empat diantaranya tewas dan dua orang lagi dipenjara. Karena jumlah anggota Watchdogs yang sedikit dan tidak terlalu kuat, Inhuman merasa kalau mereka bukanlah ancaman serius bagi bangsa mereka.

4. Mereka membentuk Tim  S.H.I.E.L.D. yang bernama Secret Warriors
Secret Warriors di serial Agent of S.H.I.E.L.D
Saat Watchdogs mengetahui kalau Inhuman ada diantara manusia di dunia, mereka kemudian bermaksud melenyapkan Ras tersebut. Namun S.H.I.E.L.D malah bermaksud memanfaatkan Inhuman yang ada untuk ikut berjuang bersama S.H.I.E.L.D. Mereka kemudian menjalankan program Caterpillars guna menemukan Inhumans yang ada dan melatih mereka untuk kepentingan S.H.I.E.L.D. Cara tersebut juga diharapkan akan membantu kaum Inhuman agar memahami kalau mereka juga punya hak yang sama dengan manusia normal lainnya. Tim Inhumans bentukan S.H.I.E.L.D kemudian diberi nama Secret Warriors, dan sukses menjatuhkan kelompok HYDRA dan Lash.

Secret Warriors pernah muncul dalam serial TV Marvel, berjudul Agents of S.H.I.E.L.D. dan merupakan kisah Inhumans yang pertama kali dimunculkan dalam Marvel Cinematic Universe. Kabar terbaru bahkan menyatakan kalau Inhumans bakalan dibuatkan serial TV sendiri, meskipun tidak menyebutkan adanya Secret Warriors didalamya.

3. Inhumans mendirikan HYDRA
Merekalah pendiri HYDRA
Setelah tanpa sengaja menciptakan ras Inhumans, bangsa Kree yang merasa bersalah kemudian memutuskan untuk memusnahkan bangsa Inhumans yang sudah terlanjur ada. Oleh karenanya mereka kemudian menciptakan seorang Inhuman yang sangat kuat bernama Monolith. Namun rencana tersebut pun gagal, dan Monolith akhirnya dibuang ke planet Maveth. Sayangnya, Sebuah sekte kecil Inhuman kemudian terbentuk dan menjadi pengikut Monolth. Mereka percaya. Monolith ditakdirkan sebagai penguasa karena kekuatannya yang luar biasa.

Sekte tersebut kemudian membentuk kelompok masyarakat rahasia guna membawa Monolith yang mereka anggap pemimpin, kembali ke Bumi. Kelompok ini kemudian berkembang menjadi HYDRA dimana sepanjang sejarah, kelompok ini dikenal karena kejahatan dan aksi teror-nya. Kelompok ini juga timbul tenggelam serta sering bergonta-ganti nama, tapi secara umum mereka dikenal dengan nama HYDRA meskipun saat ini kelompok ini sudah bubar.

2.  Inhumans memiliki keluarga kerajaan
Black Bolt dan Medura sebagai Raja dan Ratu di Attilan
Hal lain yang perlu kita ketahui tentang Inhumans ialah bahwasanya mereka dipimpin dengan sistem  pemerintahan kerajaan. Keluarga kerajaan sudah menjadi faktor penting didunia Marvel saat ini, dimana dikabarkan kalau serial TV Inhumans nantinya akan mengangkat kisah yang terjadi dalam keluarga kerajaan Inhuman, Attilan.

Dua nama keluarga kerajaan yang sering muncul dalam kisah Inhuman yaitu Black Bolt dan Medusa. Seperti kita tahu kalau Black Bolt merupakan Raja absolute dari bangsa Inhumans dengan kekuatan yang luar biasa. Medusa, sang istri adalah ratu dari para Inhumans dan juga punya kekuatan yang tak kalah hebatnya dengan sang suami. Sebenarnya ada banyak Inhumans yang termasuk dalam  keluarga kerajaan, salah satunya ialah Maximus, Inhuman yang selalu berusaha merebut tahta kerajaan Attilan.

1. Serial TV Inhumans dalam proses produksi
Serial TV Inhumans rilis 2017
Pada tanggal 14 November 2016, Marvel Television mengumumkan sedang memproduksi Serial TV, Inhumans, yang rencananya akan tayang di ABC network pada musim gugur 2017 mendatang. Dua episode pertamanyapun dikabarkan akan diambil menggunakan kamera digital IMAX dan akan tayang di beberapa theater IMAX sebelum tayang ditelevisi.


Nah, Cinemania41, kita tunggu saja informasi selanjutnya mengenai serial TV Inhumans. Jika ada yang masih perlu ditambahkan mengenai Inhumans, bisa langsung corat-coret dikolom komentar dibawah ini. (MY).