Pages

Subscribe:

December 16, 2016

VENOM : Siapa saja karakter Marvel yang pernah mengenakan kostum Symbiote ini?

Symbiote Venom dan Klyntar
Pertama kali muncul sebagai kostum “cairan hidup” di komik Spider-Man “Secret Wars” tahun 1984, symbiote Venom telah menjadi musuh bebuyutan Spider-man hingga saat ini. Sejak pemunculannya pertama kali hingga saat ini, terhitung symbiote Venom maupun Klyntar telah merasuki banyak karakter dalam komik Marvel. Dari kelompok Superhero, Penjahat, para Anti-Hero, bahkan pasukan luar angkasa.

Karakter Venom diciptakan oleh Todd McFarlane dan telah menjadi karakter komik Marvel paling populer sepanjang masa. Tak hanya itu, Venom menjadi salah satu tokoh penjahat yang rencananya akan dibuatkan filmnya sendiri. Karakteristik Venom yang berupa cairan Symbiote yang bisa membentuk apa saja, membuat bentuknya bisa dimodifikasi menjadi berbagai macam kostum dan mampu melahirkan superhero maupun penjahat baru

Sepanjang sejarah komik Marvel, Venom sudah beberapa kali berpindah ‘Host/tubuh’ tanpa mempedulikan apakah Host-nya itu orang baik atau orang jahat.. Nah gaes, berikut ini adalah 15 tokoh dalam komik Marvel yang pernah mengenakan kostum symbiote Venom ataupun Klyntar:


15. DEADPOOL
Venompool
Siapa yang tak kenal Deadpool?. Mantan tentara bayaran yang paling usil dan banyak omong ini dikenal dengan tingkahnya yang agak “gila”. Deadpool sering bermain-main dengan senjata, kostum, dan barang-barang milik Superhero lainnya, seperti palu Mjolnir milik Thor, kostum milik Iron Man, dan bahkan pernah meniru badan Hulk yang besar. Dalam komik terbaru Deadpool berjudul “Back in Black”, anti-hero ini terlihat mengenakan kostum Venom, dan tidak jelas darimana ia memperoleh kostum tersebut. Bisa dibilang kalau symbiote Venom memang pertama kali merasuk ketubuh Deadpool, jauh sebelum Peter Parker mengenakannya.

Salah satu komik Deadpool pernah menceritakan kejadian pasca peristiwa “Secret Wars”, saat Spider-man pertama kali mengenakan kostum Venom. Setelah lepas dari tubuh Peter Parker, symbiote Venom kemudian berniat kembali kepada Deadpool dengan tujuan agar symbiote tersebut bisa selamat dari kejaran  kelompok pemburu bayaran yang memang memburu Venom. Akhirnya Venom berhasil merasuki tubuh Deadpool yang saat itu sedang bertarung dengan Dansen Macabre dan Aaron Stack the Machine Man. Nah, bisa ditebak adegan selanjutnya. Yap, Venompool membantai seluruh anggota pemburu bayaran yang saat itu berada dalam satu ruangan.

14. PETER PARKER
Peter Parker dengan kostum Venom, menyelamatkan MJ
The Rumors are True,” begitulah kira-kira tulisan yang tertera pada sampul komik  Amazing Spider-Man #252 yang memperlihatkan Spider-man dengan kostum hitam-putih tengah berayun dari atap gedung untuk menyelamatkan dua warga yang membutuhkan pertolongan.

Yap, itulah untuk pertama kali dalam sejarah komiknya, kostum Spider-man ‘berubah’. Semua itu berkat masukan dari seorang fans. Sayangnya, kebanyakan Fans Spider-man kurang begitu suka dengan kostum hitam tersebut dan meminta agar Marvel mengembalikan kostum Spider-man ke model semula. Sehingga kemudian, pada komik “Secret Wars” berikutnya, diceritakan kalau kostum hitam Spider-man sebenarnya hanyalah cairan Alien atau yang kemudian kita kenal dengan istilah Symbiote. Diceritakan symbiote tersebut berusaha menyatu secara permanen dengan tubuh Peter Parker, tapi dengan bantuan alat yang diberikan oleh Mr. Fantastic, Kostum Alien tersebut bisa dihancurkan.

Fans Spidey sepertinya mau menerima kostum “Hitam” Spider-man setelah mengetahu asal usulnya ternyata hanyalah sebuah cairan Alien, dan respons merekapun positif. Akhirnya Si Manusia Laba-Laba bisa leluasa beraksi dengan kostum barunya yang berwarna hitam-putih selama kurang lebih empat tahun.

Cairan Alien yang kemudian disebut symbiote itu akhirnya menjadi bagian dari karakter Marvel lainnya yang kita kenal dengan nama VENOM, dan setelah dibuang oleh Peter Parker, symbiote tersebut masih terus mencari Host (tubuh) yang akan ia jadikan Venom berikutnya. 

13. EDDIE BROCK
Eddie Brock saat menjadi Venom
Dialah Eddie Brock. Seorang jurnalis sekaligus fotografer handal. Pada suatu hari, Brock dipermalukan oleh Spider-man saat tengah menggarap berita yang akan menentukan masa depan karirnya. Akibatnya, Brock gagal dalam karir sebagai seorang jurnalis. Tak hanya itu, ia juga ditinggalkan oleh istri dan ayahnya. Brock kemudian fokus untuk melatih kemampuan fisiknya, sambil terus menyimpan dendamnya pada Spider-man.

Sayangnya saat akan berniat melakukan bunuh diri, Eddie Brock tidak menyadari kalau ia berada dalam gereja dimana Spider-man tengah berusaha melepaskan kostum Venom dari tubuhnya. Tertarik dengan rasa amarah, dendam, dan keputusasaan yang ada pada diri Eddie Brock, symbiote tersebut kemudian menyatu dengan Brock dan melahirkan sosok monster baru. Keduanyapun merasakan ada kecocokan, karena mereka sama-sama menyimpan rasa benci terhadap Spider-man. Eddie Brock yang telah menyatu dengan symbiote kemudian menamakan dirinya VENOM, dan setelah beberapa kali berusaha membunuh Spider-man, Eddie kemudian menjadi seorang anti-hero. Setelah symbiote Venom meninggalkannya, Eddie Brock kemudian diketahui menyatu kembali dengan beberapa symbiote lainnya, seperti Anti-Venom dan yang paling baru, sebagai Toxin.

12. ANN WEYING
Ann-Weying saat menjadi She-Venom
Ann Weying adalah mantan istri Eddie Brock. Seorang pengacara sukses yang rela melakukan apa saja demi mantan suaminya itu. Akibatnya, Weying pun terlibat masalah besar. Demi menghentikan aksi Venom yang sudah sangat membahayakan, Weying kemudian memberikan semua informasi tentang Brock kepada Spider-man.

Pada suatu hari, Ann Weying tertembak oleh penjahat bernama Sin-Eater. Brock kemudian melepaskan symbiote Venom yang ada pada dirinya dan memberikannya ke Ann Weying agar ia sembuh dari luka tembak yang ia derita. Sayangnya, meski berhasil sembuh dari luka tembak, Ann kemudian menjadi jahat. Ia kemudian mengamuk dan berubah menjadi She-Venom, serta membunuh beberapa orang. Meski pada akhirnya ia ketakutan dengan apa yang telah ia perbuat, Eddie kemudian memberitahu bahwasanya  symbiote Venom hanya melakukan hal yang memang diinginkan oleh orang yang ia rasuki.

Saat Ann ditahan demi untuk memancing Venom (Eddie Brock) agar keluar dari tempat persembunyiannya, Ann lalu mencoba menelpon Brock untuk memperingatkan akan adanya jebakan tersebut. Akibatnya, Brock pun marah. Bingung karena ia cuma terhubung lewat telepon dengan mantan istrinya itu, ia mencoba mengirim symbiote lewat jalur kabel telepon untuk membebaskan Ann. Sayangnya, Ann yang trauma dengan apa yang ia perbuat saat menjadi Venom, kemudian akhirnya bunuh diri.

11. ANGELO FORTUNATO
Angelo 'Venom' Fortunato saat dihajar Spider-man
Putra dari seorang Boss Mafia, bernama Angelo Fortunato ingin sekali membuktikan kepada sang ayah kalau ia mampu. Sang ayah kemudian memenangkan lelang yang menjual symbiote dan memberikannya kepada Fortunato dengan maksud agar ia bisa menjadi penjahat ternama sesuai harapan mereka berdua. Karena pengaruh symbiote dari host sebelumnya membuat Fortunato berkeinginan untuk memburu Spider-man.

Setelah Fortunato membunuh seorang jurnalis yang berpakaian ala Spider-man, Peter Parker sadar kalau akan tiba waktunya ia akan berhadapan kembali dengan Venom. Setelah keduanya bertarung, akhirnya Venom bisa dikalahkan bahkan membuat Venom melarikan diri. Symbiote Venom kemudian merasa kurang cocok dengan Fortunato yang dinilainya bermental pengecut. Hingga, saat Mereka sedang berayun diantara gedung pencakar langit, symbiote memutuskan memisahkan diri dengan Angelo saat mereka masih berayun diudara, menyebabkan Fortunato terjun bebas kebawah dan tewas seketika, dan symbiote Venom kembali mengembara mencari host yang baru.

10. MAC GARGAN/ SCORPION
Mac Gargan atau Scorpion atau Venom
Sepak terjang seorang Mac Gargan cuma biasa-biasa saja meskipun ia sudah menjadi penjahat super. Dengan mengenakan kostum yang dilengkapi ekor penyengat dan penyemprot cairan asam, Gargan memulai “karir”nya sebagai penjahat super dengan julukan Scorpion. Ia pun sudah beberapa kali berhadapan dengan Spider-man, baik sendirian maupun bersama kelompok penjahatnya. Meski pada akhirnya ia selalu saja kalah. Dan saat Norman Osborne kemudian mendekati dan menawarkan padanya, symbiote Venom yang ia miliki,  Gargan merasa sangat senang sekali dan langsung menyetujui tawaran tersebut.

Meski sudah menggunakan serum khusus untuk menahan pengaruh brutal dari symbiote Venom, tetap saja Gargan masih bersikap liar dan brutal saat menjadi Venom. Saat Gargan menjadi Venom, ia sempat bergabung dengan group penjahat lainnya seperti Thunderbolts dan Dark Avengers. Gargan yang telah menjadi Venom sangat liar dan kejam dan tak segan-segan menyiksa dan memakan lawan-lawannya (Kanibalist). Namun pasca kejadian yang terjadi di Asgard, Gargan akhirnya dipisahkan secara paksa dengan symbiote Venom dan dipenjarakan agar tidak berbuat onar lagi.

9. FLASH THOMPSON
Flash Thompson saat menjadi Agent Venom
Setelah Mac Gargan ditahan, pemerintah Amerika Serikat yang menyimpan symbiote Venom lalu berencana mencari seseorang yang cocok dan bisa dipercaya untuk memiliki symbiote tersebut. Akhirnya pilihan jatuh kepada Flash Thompson.

Seorang pria biasa yang juga teman dari Peter Parker, Eugene “Flash”  Thompson adalah seorang tentara yang sangat berpengalaman. Setelah terluka dalam sebuah peperangan, kaki Flash kemudian diamputasi. Ia kemudian menjadi seseorang dengan skill membunuh yang handal tapi dengan kondisi cacat fisik. Saat ia menyatu dengan symbiote Venom, kedua kakinya pun normal kembali plus kekuatan super yang sangat hebat. Sama halnya dengan Carnage, kostum Venom milik Flash mampu membentuk berbagai macam senjata tajam, dan mempu menjadi baju anti peluru untuk Flash.

Bersama, mereka kemudian berjuang memberantas musuh-musuh Alien dan antar galaxy, serta sempat bergabung dengan Guardians of the Galaxy dalam beberapa misi.

8. DOC OCK (DALAM TUBUH PETER PARKER)
Dock Oct / Peter Parker saat menjadi Superior Venom
Dikisahkan kalau Doctor Octopus telah berhasil memindahkan pikirannya ketubuh Peter Parker yang sehat, sebaliknya pikiran Peter Parker berpindah ketubuh Doctor Octopus yang sekarat karena penyakit Kanker.

Suatu ketika Doctor Octopus bertemu dengan Flash Thompson dan menjanjikan kaki robot baru untuknya. Tapi nyatanya, Doctor Octopus malah berusaha melepaskan symbiote yang ada dalam tubuh Flash Thompson supaya menyatu dengan dirinya yang saat itu berada dalam tubuh Peter Parker.

Symbiote Venom pada akhirnya berhasil menyatu dengan Doctor Octopus dan melahirkan Superior Venom yang sangat hebat, lebih gila, lebih jahat, dan memiliki kekuatan Spider-Man (Peter Parker).
  
Superior Venom pada satu kesempatan marah-marah dan mencaci-maki Bibi May dan MJ karena mereka mengejek postur tubuh temannya, selanjutnya bersama dengan kawanan perampok Bank, Superior Venom hampir saja membunuh keduanya. Beruntung Avengers tiba dan dengan bantuan Flash yang mengenakan kostum Iron Man, mereka berhasil menarik kembali symbiote dari tubuh Doctor Octopus/ Peter Parker. Sayangnya Doctor Octopus berhasil melarikan diri. Sejak bergabung kembali dengan tubuh Flash, symbiote itu kemudian menceritakan perubahan dramatis yang dialami saat Peter Parker berganti pikiran dengan Dock Oct.

7. SPIDER-GWEN
Spider Gwen & Gwenom
Gwen Stacey: Di hampir semua komik Marvel, dialah cinta pertama dari Peter Parker serta wanita yang cinta mati pada Peter Parker. Tapi tahukah kita kalau ada Gwen Stacey ‘yang lain’?. Gwen dari Universe Earth-65, diceritakan mengalami kecelakaan tergigit oleh laba-laba yang mengandung radioaktif (Versi yang kita ketahui selama ini: Peter Parker lah yang mengalami kejadian itu). Dikisahkan, Gwen  kemudian berubah menjadi Spider-Woman dan menyebut dirinya Spider-Gwen.

Spider-Gwen muncul pertama kali di kisah crossover “Spider-Verse” dan sejak saat itu, tokoh Spider-Gwen menjadi populer didunia komik Marvel. Kisah Spider-Gwen terus berlanjut hingga berhenti di Earth-616, setelah karirnya tamat di perisitwa “Secret Wars.”. Nah, mengenai symbiote Venom yang juga menguasai Spider-Gwen, kisah tersebut sebenarnya dibuat oleh komikus Marvel, Robby Rodriguez dengan nama Gwenom. Dan saat ini ceritanya masih tetap berlanjut.

6. CAROL DANVERS/ MS. MARVEL
Ms. Marvel saat berubah menjadi Venom
Dalam cerita komik berjudul  “Siege,” diceritakan saat Norman Osborne dan Tim Dark Avengers berusaha menguasai Asgard dengan memanfaatkan Mac Gargan yang mengenakan kostum Venom untuk membuat kekacauan disana. Venom kemudian membunuh dan memakan beberapa penduduk Asgard, sebelum Spider-Man dan Ms. Marvel (Carol Danvers) tiba untuk menolong. Dengan kekuatan kosmis yang ia miliki, Ms. Marvel kemudian menarik keluar tubuh Gargan dari symbiote Venom. Mengira kalau masalah telah selesai, tiba-tiba symbiote Venom menyerang dan menyatu dengan tubuh Ms. Marvel dan melahirkan ancaman baru yang lebih berbahaya.

Dengan tubuh barunya, Venom kemudian menjadi makin berbahaya dan tak terkalahkan. Sementara Spider-Man berusaha memancing Venom agar mengejar dirinya, Carol berusaha menghentikan pengaruh dari symbiote. Ia kemudian membiarkan Venom menggunakan tenaga kosmis yang ia miliki hingga melebihi kapasitas. Akibatnya tubuh Venom meledak dan membuatnya terpisah dari tubuh Ms. Marvel. Sayangnya, Venom kemudian menyatu kembali dengan tubuh Gargan dan penyerangan negeri Asgard pun berlanjut.

5. CONRAD MARCUS
Conrad Marcus saat menjadi Venom...Sangarr!!
Dalam komik Ultimate Marvel universe, cerita mengenai  symbiote Venom tetap sama saja hingga saat Eddie Brock Jr. Berhasil dikalahkan. Conrad Marcus, seorang ilmuwan yang bekerja pada Roxxon, ternyata memiliki sampel dari symbiote Venom dan menggunakannya untuk melacak siapa sebenarnya orang  yang menjadi Spider-man baru dikota. Marcus kemudian menyerang Jefferson Davis yang ia kira sebagai Spider-Man, namun Davis membantah kalau ia adalah Spider-man. Beruntung Spider-man sebenarnya yang bernama, Miles Morales pun muncul dan menolongnya.

Setelah pertarungan yang panjang, Marcus akhirnya berhasil memukul mundur Morales dan berhasil menguasai tubuh Morales tepat dihadapan ibunya, Rio Morales. Setelah menguasai Spider-Man, Venom kemudian menyerang Rio Morales. Beruntung Miles berhasil melepaskan diri dari pengaruh symbiote dan langsung mengalahkan Venom dalam sebuah pertarungan akhir. Miles kemudian menghampiri ibunya yang terluka parah sementara Conrad Markus ditembak mati oleh Polisi.

Miles akhirnya bisa berkumpul kembali dengan ibunya di Ultimate Universe dan Earth-616 yang menyatu setelah kejadian di Secret Wars. Miles mengira  hal itu bisa terjadi atas bantuan dari Molecule Man, sahabatnya saat di Battleworld.

4. KRON STONE
Kron Stone the Venom
Pada Marvel 2099 universe, Miguel O’Hara adalah sang Spider-Man. Dalam usahanya agar terbebas dari masalah kecanduan obat-obatan, Miguel akhirnya setuju menjalani prosedur genetis yang berbahaya. Setelah menjalani proses tersebut, Miguel akhirnya malah memperoleh kemampuan laba-laba. Sementara itu, saudara tirinya yang bernama Kron Stone, adalah seorang penjahat yang sangat terkenal. Dialah yang memerintahkan pembunuhan atas keluarga Jake Gallows, yang nantinya akan menjadi The Punisher 2099. Dalam upaya membalaskan dendam keluarganya, Gallows kemudian menyerang Kron, dan meninggalkannya terkapar di saluran pembuangan air. Symbiote Venom kemudian menemukan Kron disana dan menguasai tubuhnya.

Kron yang telah berubah menjadi Venom memiliki kemampuan yang tidak dimiliki Venom lainnya. Tubuhnya ditutupi lendir yang mengandung zat asam. Miguel kemudian meminta tolong agar seluruh speaker yang ada dikota dinyalakan sehingga menimbulkan volume suara yang sangat keras. Usaha tersebut kemudian berhasil membuat Venom terpisah dari tubuh Kron. Sayangnya, symbiote itu lalu menemukan tubuh barunya, yaitu seorang keturunan Namor the Submariner, yang kemudian membawa Venom jauh kedasar lautan.

3. ANGGOTA GUARDIANS OF THE GALAXY
Rocket, Groot dan Drax saat dikuasai oleh symbiote Klyntar
Saat sedang menjelajahi angkasa luar bersama anggota Guardians of the Galaxy, Flash Thompson merasakan ada yang aneh dengan symbiote yang bersama dirinya. Flash lalu hilang kendali dan mulai menyerang rekan-rekan Guardians of the Galaxy. Saat Flash berhasil ditenangkan, The Guardians memutuskan untuk membuang symbiote ditubuh Flash jauh keluar angkasa.

Sayangnya, symbiote yang panik kemudian mengamuk dan menguasai tubuh  Groot. Rocket Raccoon yang berusaha menolong malah ikut-ikutan dikuasai oleh Symbiote. Drax juga mengalami nasib sama, dikuasai symbiote saat berusaha menolong teman-temannya. Drax yang telah dikuasai symbiote kemudian mengalahkan anggota Guardians lain yang masih tersisa dan membawa pesawat yang mereka tumpangi menuju kampung halamannya. Namun pada akhirnya, Guardians paham kalau symbiote yang membawa masalah di pesawat mereka adalah symbiote baik bernama Klyntar dan hanya berlaku jahat jika menyatu dengan mahkluk dengan emosi yang kurang stabil. Saat tiba dikampung halamannya, symbiote itu kemudian tersadar dan menyatu kembali dengan Flash yang malah semakin bertambah kuat dari sebelumnya. Bersama, mereka lalu bergabung dengan Agents of the Cosmos, dan bertugas membela kebenaran di jagad raya.

2. LEE PRICE
Lee Price saat menjadi Venom
Saat kembali ke Bumi, symbiote kemudian memisahkan diri dari Flash dan berusaha mencari tubuh baru. Untuk pertama kalinya, Klyntar memutuskan menjadi symbiote yang baik, yang  berusaha menciptakan kedamaian dimanapun ia berada. Tapi sayangnya, Ia salah orang. Ia malah bergabung dengan Lee Price.

Mungkin karena merasakan adanya kesamaan aura antara Host sebelumnya, Mac Gargan dengan Lee Price yang memiliki basic militer, membuat Klyntar memutuskan untuk bergabung dengan Lee Price, yang seorang tentara bayaran. Sayangnya symbiote itu salah orang.

Symbiote tersebut terlambat menyadari kalau Lee Price adalah seorang Psycho, sakit mental yang tega melukai anak kecil. Price yang telah berubah menjadi Venom kemudian berbuat jahat dan membunuh sesuka hatinya. Mereka kemudian menjadi Venom jahat yang kisahnya masih terus berlanjut hingga saat ini.

1. TYRANNOSAURUS REX
Tyrannosaurus dengan symbiote Venom mengejar Mobil Logan dan Clint Barton
Suatu ketika saat Wolverine dan Hawkeye sedang bepergian bersama dan melintasi jalanan di Amerika Serikat, tiba-tiba mereka dikejar oleh seekor Tyarannosaurus Rex yang sudah dikuasai oleh symbiote Klyntar. Mereka akhirnya selamat setelah ditolong oleh Black Bolt, yang kemudian berbisik kepada sang dinosaurus dan membuat symbiote Klyntar tersebut lepas dari tubuh Tyrannosaurus dan memusnahkannya. Kisah tersebut ada dalam salah satu cerita komik Old Man Logan, dimana pada masa itu dunia dikuasai oleh penjahat super dan semua Superhero telah tiada.
------------------------
Nah, ternyata beberapa fans Marvel ada yang berspekulasi, tentang bagaimana jika semua anggota Avengers terjangkiti symbiote Venom, termasuk Hulk, Thor, Captain America, dan Wolverine. Sejauh ini, symbiote Klyntar sudah pernah menguasai berbagai macam spesies di dunia, dari gorilla hingga anjing gembala Jerman, termasuk juga manusia.


Well, Oke gaes, Kira-kira siapa lagi yah yang pernah terkena symbiote Venom atau Klyntar?, Nah, jika ada yang punya informasi mengenai Venom dan sejenisnya. Bisa langsung corat-coret dikolom komen. (MY)