Pages

Subscribe:

December 20, 2017

'Starburst' : Hunian ‘container’ unik yang rencananya akan dibangun di gurun California



The Joshua Tree House yang direncanakan dibangun dilahan gurun di  wilayah California
Container, kotak besar yang terbuat dari logam baja dan biasa digunakan untuk mengirim barang dalam jumlah besar melalui jalur laut, ini telah mengubah wajah dunia sejak enam puluh tahun yang lalu khususnya bidang perdagangan Internasional. Namun beberapa tahun terakhir ini, fungsi container tidak lagi hanya sebatas media penyimpanan barang-barang kiriman tapi sudah merambah ke bidang Arsitektur. Tidak hanya mudah dalam pengerjaannya, Container bisa juga dijadikan sebagai unit hunian yang mewah dengan cost yang sangat murah. Salah satu contoh penggunaan container sebagai unit hunian rumah bisa kita lihat di Joshua Tree Residence: sebuah hunian dengan luas 2,100 sqft atau 195 meter persegi dengan tiga kamar tidur yang terbuat dari beberapa container serta dibangun di atas gurun gersang diluar wilayah taman nasional Joshua Tree, California.


Unit hunian milik seorang produser film kaya raya yang tidak mau disebutkan namanya, ini memiliki struktur container yang ditumpuk dan disusun sedemikian rupa sehingga menjadi satu kesatuan yang tertata dengan indah. Pembangunannya sendiri direncanakan mulai awal 2018 disebuah lahan pribadi yang berjarak tiga jam dari Los Angeles.

Desainnya sendiri memiliki konsep ‘Starburst’ atau percikan bintang hasil rancangan arsitek sekaligus digital artist asal London, James Whitaker. Menurutnya ide membangun ‘Starburst muncul saat ia sedang berkendara bersama seorang client yang memiliki 36,5 hektar lahan di wilayah Joshua Tree Desert. Salah seorang client tersebut kemudian berkata “Kau tahu bangunan apa yang bagus dibangun dilokasi ini?”. Client tersebut lalu membuka Pinterest dan memperlihatkan sebuah foto Hechingen Studio, sebuah bangunan kantor yang terbuat dari tumpukan container hasil rancangan Whitaker beberapa tahun lalu.
Desain Hechingen Studio, 2010. karya James Whitaker
Hechingen Studio termasuk kantor yang dibangun dengan biaya rendah dan berada di Black Forest, Jerman, diluar kota Hechingen. Studio ini merupakan kantor milik sebuah perusahaan iklan di jerman sejak tahun 2010.

Idenya cukup sederhana, yakni dengan menumpuk beberapa container seperti yang biasa kita lihat di pelabuhan. Namun saat itu, Whitaker berpikir ia harus membuat desain lain yang beda dengan model dinamis sebuah kantor perusahaan iklan.

Unit hunian The Joshua residence akan menggabungkan beberapa container dan rencananya akan dikerjakan oleh tenaga ahli yang juga mengerjakan proyek “Mirage”, sebuah bangunan berseni karya Doug Aitken yang berada di Coachella Valley, yang pada dasarnya mengambil bentuk rumah peternakan yang diseluruh permukaannya ditutupi oleh “cermin kaca”.

“Setelah seluruh container dipotong dan disatukan, langkah berikutnya ialah pemasangan lapisan insulasi dan papan penutup,” ujar Whitaker.

Untuk interiornya, container tersebut nantinya akan menampilkan angle dengan view menawan yang bisa dinikmati dari pusat bangunan. Jadi saat kita memasuki rumah, kita bisa melihat sekeliling luar bangunan hanya dari bagian tengah ruangan melalui pintu-pintu kamar yang sudah dibuka.

Kompleks hunian itu didukung pula dengan solar panel yang diaplikasikan pada canopy di area parkir, termasuk sebuah deck kayu yang dirancang agar terlihat menyatu dengan pegunungan batu yang ada disekitarnya. (MY)

Nah gaes, penasaran dengan bangunan unik yang terbuat dari container ini?, berikut foto desainnya yang dibuat secara digital: