Pages

Subscribe:

March 2, 2018

Wow!, Sebentar lagi jaringan seluler 4G akan terpasang di Bulan


Ilustrasi artistik, yang memperlihatkan bagaimana Rover milik Audi saat berada di Bulan (image credit: Audi)

Tahun depan, bulan akan memiliki jaringan 4G-nya sendiri atau tepatnya lima puluh tahun setelah astronot NASA pertama kali menginjakkan kaki di Bulan. Vodafone berencana membangun jaringan 4G pertama di bulan guna mendukung sebuah misi yang dikerjakan oleh PTScientists ditahun 2019, dan mereka telah menunjuk Nokia sebagai mitra kerja dibidang teknologi.

Yap!, benar sekali. Jaringan 4G yang akan dibangun oleh Vodafone dan Nokia, ini memungkinkan tayangan HD live-streaming bisa disiarkan dari kendaraan khusus (Rover) yang ada bulan. Nah, memang sih, bulan bukanlah lokasi yang tepat untuk memasang jaringan seluler 4G, mengingat masih ada wilayah di Bumi yang masih belum memiliki jaringan internet berkecepatan tinggi.
Ilustrasi artistik, yang memperlihatkan Lander dan Rover saat berada di Bulan (image credit: Audi

Akan tetapi, menurut salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar dunia, Vodafone dan Nokia, langkah tersebut mereka ambil karena melihat adanya peluang untuk mengkomersilkan tayangan yang memperlihatkan kondisi di Bulan, mengingat bulan diprediksikan akan menjadi tempat tujuan “wisata” dimasa depan.

Sistem berbasis jaringan tersebut akan menggunakan perangkat yang beratnya tidak lebih dari berat kantong gula pasir dan peluncuran perdananya akan menggunakan roket SpaceX Falcon 9 serta dijadwalkan akan diluncurkan pada 2019 nanti.

“Proyek ini merupakan sebuah pendekatan inovatif yang radikal guna pengembangan infrastruktur jaringan seluler,” ujar Hannes Ametsreiter, Chief Executive Vodafone – Jerman.

Berikut video tentang proyek instalasi jaringan 4G di Bulan, oleh Vodafone:
 


Fasilitas Live-streaming, juga memberikan manfaat tambahan bagi jaringan baru di bulan untuk memudahkan komunikasi antar operator kendaraan khusus yang ada dibulan dengan unit yang ada di Bumi.

Misi pertama penggunaan sistem jaringan baru tersebut, saat ini sedang dikembangkan oleh pabrikan mobil ternama-Audi, yang akan mengirim sebuah Lander (Pesawat pendarat) dan dua Rover (Kendaraan khusus) yang akan singgah di lokasi bersejarah, dimana kendaraan bulan milik NASA, Apollo 17, berada.

Menurut informasi, stasiun utamanya nanti akan diberi nama Autonomous Landing and Navigation Module (ALINA). (MY)