Pages

Subscribe:

August 29, 2018

Pria ini merakit ulang Komputer Apple-1 keluaran 1971 yang mampu menjalankan beberapa Program


Corey Cohen dengan komputer Apple-1 rakitannya

Komputer jadul keluaran Apple, mungkin sulit untuk kita temukan saat ini, termasuk beberapa program yang pernah beroperasi didalamnya. Oleh karena itu, pria ini mencoba merakit ulang komputer Apple-1 produksi tahun 1971, dan berhasil!. Ia bahkan sukses mendemonstrasikan beberapa program dan games jadul yang bisa dijalankan di komputer tersebut.

Pada masa itu, Steve Jobs dan Wozniak sukses memproduksi beberapa ratus unit sistem komputer Apple-1 yang  menjadi pelopor lahirnya ‘komputer pribadi’ (Personal Computer) yang ada saat ini. Faktanya gaes, didunia ini hanya tersisa 60 unit Apple-1 yang tersebar diberbagai negara.


Pakar komputer Apple-1, Corey Cohen, berhasil merestorasi satu unit mesin komputer tersebut untuk ia jual kembali dalam sebuah acara lelang yang akan berlangsung dalam waktu dekat. Cohen berharap komputer rakitannya itu bisa terjual dengan harga $300,000 (atau sekitar 4,2 Milyar rupiah).
Komputer Apple-1 ini akan dilelang dengan harga 4,2 Milyar
Baru-baru ini. RR Auction telah “memajang” komputer Apple-1 ini dalam katalog mereka dan bulan depan, mesin ini sudah bisa ditawar oleh para pembelinya. Nah, bagi yang penasaran seperti apa sih komputer Apple-1 yang pernah populer ditahun 1971 itu, berikut videonya:

Dalam video demo tersebut, Cohen mencoba sebuah program yang digunakan oleh Woz dan Jobs kala itu untuk memeriksa produk mereka di garasi saat komputer Apple pertama kali ditemukan. Selanjutnya Cohen menghubungkan sebuah iPod ke Apple Cassette interface untuk memasukkan data Basic kedalam mesin komputer.

Demo itu juga menampilkan bagaimana komputer Apple-1 berhasil menjalankan beberapa games jadul yang memang kompatibel dengannya, seperti Apple Star Trek serta menjalankan rangkaian gambar grafis ASCII yang sengaja dirilis untuk memperingati 30 tahun sejak Apple-1 pertama kali dibuat.
Beginilah tampilan saat Apple-1 menjalankan sebuah aplikasi tahun 1971.
Bagi para gadgetholic dan kolektor barang-barang jadul, komputer rakitan ini mungkin bisa dijadikan barang koleksi namun pastikan dulu, rekening tabungan kita cukup. Soalnya harga yang dipatok oleh Cohen untuk membeli Apple-1 buatannya itu, setara dengan harga sebuah mobil super mewah sekelas Ferrari. (MY).