Pages

Subscribe:

August 31, 2018

Sony WH-1000XM3 berhasil mengalahkan Bose, untuk kategori headphone ‘anti-berisik’ terbaik



Headphone Sony WH-1000XM3 diluncurkan September dengan harga 4 jutaan.
Beberapa perubahan desain pada model 1000X, ini menjadikan perangkat ini  semakin nyaman dengan kualitas suara yang makin mantap

Selama beberapa tahun terakhir, Sony memantapkan diri sebagai kompetitor utama Bose dalam hal perangkat headphone. Sony bahkan harus kerja keras agar bisa menciptakan headphone anti-berisik atau noise-canceling andalan mereka, dan akhirnya mereka berhasil menciptakan headphone type WH-1000XM3, yang dibanderol dengan harga $350 atau sekitar 4,9 juta rupiah.


Perubahan mendasar terlihat pada desain bentuk headband dan padding yang ada di earcups. Bagian Headband dirancang agar bisa mengikuti lekuk kepala kita dengan pengurangan bobot sebesar 20 gram. Padding earcups-nya pun sengaja dibuat lebih lembut dan nyaman ditelinga. Hasilnya, sebuah headphone yang lebih nyaman dibanding model pendahulunya, seperti model WH-1000MX2.
Perbedaan bentuk model WH-1000XM2 (Kiri) dengan WH-1000XM3 (Kanan)
Well gaes, memang sih, headphone Bose QuietComfort 35 II, memiliki bobot yang lebih ringan, yaitu 235 gram dibanding WH-1000XM3 yang bobotnya 254 gram. Namun sepertinya Sony ingin menyaingi Bose dalam hal kenyamanan perangkat yang memang menjadi salah satu andalan dari produk Bose.

Sony juga mengubah interface charging-nya dari Micro-USB ke USB-C, dimana charger model tersebut mampu digunakan selama 5 jam hanya dengan pengisian baterai selama 10 menit saja. Luar biasa bukan?,- dimana headphone tersebut bisa bertahan selama 30 jam pemakaian .

Dibanding model 1000X sebelumnya, headphone WH-1000XM3, sudah diperbaharui dengan three-microphone array system yang berfungsi menyaring background noise saat kita menerima panggilan telepon. Tidak hanya itu saja, gaes. Pada bagian ear cups, bisa kita temukan touch control yang lebih halus tampilannya serta case headphone yang juga keren abis. Perangkat ini juga dilengkapi dengan sebuah kabel USB-C pendek sehingga kita bisa menggunakannya sebagai headphone dengan kabel.
Case penyimpanannya juga terlihat kompak
Menurut Sony, WH-1000XM3 memiliki drivers yang sama dengan headphone MDR-1AM2 yang cukup populer dan suaranyapun dianggap lebih baik dibanding Bose QuietComfort 35 II. Dengan suara yang lebih natural dan jernih, headphone ini juga punya suara Bass yang jelas dan nendang.
Juga tersedia dengan warna Silver, Headphone ini dilengkapi dengan USB-C Charging Port
Sony juga memperbaharui chipset didalam headphone serta meningkatkan fasilitas noise cancelling dan sound processing. Kabarnya, prosesor HD Noise cancelling terbaru yang ada didalamnya, yaitu QN1, menawarkan kehandalan empat kali lebih baik dibanding pendahulunya, dan tidak hanya mengurangi suara berisik tapi juga mampu mendeteksi suara dengan kualitas terbaik menggunakan 32-bit audio signal processing serta kombinasi DAC dengan fungsi amplifier.
Berbagai Interface yang dibenamkan pada headphone ini
Pada model ini, Sony masih mempertahankan fitur andalannya dimana kita bisa meredam suara musik headphone agar suara dari luar bisa kita dengar hanya dengan menempelkan tangan ke ear cup kanan dimana touch control berada. Saat kita selesai berbicara dengan orang dihadapan kita, cukup melepas pegangan kita dari ear cup sebelah kanan dan otomatis musik akan berlanjut diposisi terakhir kita mendengar dengan settingan yang tidak berubah.

Pada headphone Sony sebelumnya, perangkat akan otomatis Off jika tidak ada aktifitas selama beberapa saat dimana hal itu untuk menghemat baterai. Namun pada model saat ini, Perangkat akan tetap On meskipun kita tidak lagi mendengarkan musik. (MY)

Berikut spesikasi headphone Sony WH-1000XM3 :
  • Berat: 254 grams
  • 40mm Liquid Crystal Polymer drivers
  • Redesain pada Headband  dan padding earcups yang lebih lembut
  • Daya tahan baterai sampai 30 jam pemakaian via Bluetooth dan noise  canceling on
  • 5 jam pemakaian hanya dengan pengisian baterai selama 10 menit
  • USB-C charging
  • New HD Noise Cancelling Processor QN1
  • Smart Listening by Sense Engine
  • Quick Attention Mode, dimana kita bisa berkomunikasi dengan orang lain tanpa harus melepas headphone
  • Three-microphone array untuk kenyamanan panggilan telepon
  • Customizable Automatic Power Off function
  • Aktifkan voice assistant dengan satu sentuhan
  • Harga :  $350 atau sekitar 4,9 juta rupiah
  • Tersedia pada September 2018 dengan warna hitam atau platinum silver dengan gold highlights