Pages

Subscribe:

October 3, 2018

Seberapa tua sih, SEHARUSNYA usia para jagoan X-Men di film Dark Phoenix?

Harusnya, sih mereka sudah pada tua.

Bagi para moviegoers yang selama ini mengikuti film-film X-Men di bioskop, tentunya tidak asing dengan pernyataan diatas. Seberapa tua sih, seharusnya usia para jagoan X-Men di film Dark Phoenix?

Sejak film X-Men dibuat ulang atau istilah kerennya: di-reboot pertama kali lewat film X-Men: First Class, ada fenomena cukup aneh yang bisa kita temukan di film-film X-Men setelahnya. Apa itu?, Yap, usia para jagoan X-Men yang seolah-olah tidak pernah mengalami yang namanya penuaan. Bagi yang jeli, pasti tahu kalau sejak film First Class, Serial X-Men setelahnya itu mengambil masa tiap sepuluh tahun dari film sebelumnya. Jadi seperti ini kira-kira Timeline dari film-film X-Men: pertama yaitu film First Class itu terjadi ditahun 1962, kemudian Days of Future Past itu berlangsung ditahun 1973, film X-Men: Apocalypse terjadi ditahun 1983, dan terakhir yaitu film Dark Phoenix itu mengambil setting tahun 1993. Nah, dari sini sudah mengertikan maksud saya?. Hehehe.


Bagi para mutant yang sudah ada di film X-Men: First Class, seperti: Charles Xavier (James McAvoy), Magneto (Michael Fassbender) dan Mystique (Jennifer Lawrence), dan Beast (Nicholas Hoult) secara teori, mereka itu sudah menjalani masa tiga puluh tahun sejak film First Class (1962) dimulai hingga Dark Phoenix (1993)!. Memang sih, Proses penuaan sempat diperlihatkan pada karakter Moira McTaggart (Rose Byrne) dimana ia terlihat tua dengan keriput dan rambut yang agak memutih di film X-Men: Apocalypse sejak ia pertama kali bertemu dengan Charles Xavier, 20 tahun yang lalu, dimana saat itu agent CIA tersebut masih berusia 30 tahun.

Tapi gaes, untuk karakter Professor X/ Charles Xavier, Magneto, Mystique dan Beast, itu terlihat agak tidak masuk akal di film Dark Phoenix. Bukannya apa gaes, karakter-karakter tersebut yang harusnya sudah berusia tua, tapi kok malah masih diperankan oleh aktor muda (dan masih terlihat muda) di film Dark Phoenix!. Nah, makanya timbullah pertanyaan. Kira-kira berapa sih, (seharusnya) umur para jagoan X-Men di film Dark Phoenix?. Mari kita kupas satu persatu faktanya, gaes.

Awalnya kan, ketiga pendiri X-Men bertemu untuk pertama kalinya di film First Class (1962). Menurut data, Charles Xavier aka Professor X lahir tahun 1932 yang artinya ia harusnya sudah berusia 61 tahun di film Dark Phoenix (1993). Di film First Class itu, untuk pertama kalinya Raven Darkholme/ Mystique bertemu dengan Charles saat ia berusia 10 tahun. Nah, karena Raven lahir tahun 1934, itu berarti difilm Dark Phoenix, ia seharusnya sudah berumur 59 tahun. Tapi karena Mystique adalah mutant dengan kekuatan regenerasi sel dan bisa berubah bentuk, maka wajar saja diusia segitu, dia masih tetap terlihat muda. Tapi itu tidak berlaku untuk Professor X yang tidak memiliki kekuatan meregenerasi sel atau harusnya mengalami penuaan seperti manusia normal, di film Dark Phoenix, ia masih terlihat sangat muda diusianya yang ke-60.
Magneto bersama Anggota X-Men Lainnya difilm X-Men: Dark Phoenix
Hal tersebut berlaku juga untuk karakter Magneto/ Erik Lensherr yang bahkan usianya lebih tua daripada Charles Xavier dan Mystique. Magneto lahir tahun 1930, yang artinya ia harusnya sudah berusia 63 tahun difilm Dark Phoenix (1993). Sekedar informasi kalau Magneto masih berusia 14 tahun saat ia ditahan di Kamp konsentrasi di Auschwitz pada 1944. Uniknya gaes, aktor pemeran Professor X dan Magneto yaitu Patrick Stewart dan Ian McKellen saat bermain di film X-Men (2000) itu berusia 60 dan 61 tahun. Tapi lucunya, McAvoy dan Fassbender, kok tidak terlihat seperti pria berusia 60 tahunan, yah di film Dark Phoenix?.

Berikutnya, dua anggota X-Men lainnya, yaitu Hank McCoy/ Beast (Nicholas Hoult) dan Peter Maximoff/ Quicksilver (Evan Peters) yang sudah ada difilm First Class. Beast atau Hank McCoy diperkirakan lahir tahun 1940 dan masih berusia 20 tahunan difilm First Class. Itu berarti, Beast sudah berumur 53 tahun difilm Dark Phoenix. Untuk Quicksilver, meskipun belum diketahui usia sebenarnya, namun ada bocoran di film Days of Future Past, dimana Wolverine, sempat memanggil Quicksilver dengan sebutan “Nak”. Jika saat itu ia berumur belasan tahun maka di film Dark Phoenix, Quicksilver harusnya berusia hampir 40 tahun.
Beruntung, para aktor dan aktris pemeran anggota X-Men “angkatan baru” seperti Tye Sheridan (Cyclops), Sophie Turner (Jean Grey), Alexandra Shipp (Storm), dan Kodi Smit-Mcphee (Nightcrawler), yang pada saat film X-Men: Apocalypse masih berusia remaja sehingga saat ini karakter mereka sudah berumur 25 tahunan yang sama dengan usia dari para pemerannya(MY)
  • X-Men: Dark Phoenix rilis pada 07 Juni 2019
  • New Mutants rilis pada 02 Agustus  2019