Pages

Subscribe:

January 19, 2016

Sistem Belanja Online ternyata sudah ada sejak tahun 50-an!

LIFE Archives
Tak ada yang lebih nyaman dan paling menguras isi dompet selain belanja secara online atau dikenal dengan istilah online shopping, dan tentunya hampir semua orang pernah melakukan transaksi jenis ini. Yap!, sekarang ini orang-orang lebih senang berbelanja dari rumah sendiri daripada harus repot mesti keluar rumah dulu, menuju toko yang jaraknya sangat jauh bingits. Selain menghemat waktu dan tenaga, online shopping tentunya juga menghemat biaya.

Seperti yang kita ketahui kalau dinegara kita, trend berbelanja secara online baru marak pada masa lima sampai delapan tahun terakhir ini. Tapi tahukah kita bahwa awal mula trend sistem belanja alternatif tersebut sudah ada, bahkan jauh sebelum komputer pertama diciptakan. Tepatnya pada tahun 1950-an, seorang enterpreneur Kanada, bernama Lawrence Freiman berhasil mendirikan toko belanja revolusioner pada masa dimana teknologi internet belum ada.


Sistem yang oleh Freiman diberi nama Vis-O-Matic, ini dibuat agak beda dengan konsep belanja konvensional pada masa itu.
LIFE Archives
Hal yang mengejutkan bagi para pembeli ialah saat mereka baru memasuki toko dan tak menemukan barang apapun selain beberapa kursi dan layar televisi. Selanjutnya seorang karyawan toko akan memandu mereka cara berbelanja dengan sistem paling mutakhir pada masa itu.
LIFE Archives
Lewat panel kontrol inilah, pembeli bisa melihat slide gambar yang berisi berbagai macam barang yang dijual, seperti pakaian, mainan, serta peralatan rumah tangga, dan semua itu ditampilkan hanya dengan menekan sebuah tombol. Cara yang tidak asing bagi kita yang hidup dimasa modern saat ini.
LIFE Archives
Tapi yang paling menakjubkan ialah bahwa teknologi seperti itu sudah ada ditahun 1950 – atau 12 tahun sebelum komputer (PC) pertama ditemukan.



LIFE Archives
Gambar Slide yang ditampilkan dibuat dan disimpan dalam benda ini.
LIFE Archives
Setelah memesan barang lewat Vis-O-Matic, pembeli tinggal menunggu barang pesanan mereka diantarkan sampai kerumah.
LIFE Archives
Sayangnya, penemuan ini tidak bertahan lama disebabkan oleh produksi mesin yang tidak bisa memenuhi kebutuhan pasar. Bahkan banyak orang yang tidak tahu sama sekali kalau mesin Vis-O-Matic pernah ADA. Kebanyakan mereka baru tahu setelah foto-foto mesin ini diunggah oleh Divisi Arsip LIFE Magazine.

Sangat disayangkan memang bagi para penemu brilian dimasa lalu, bahwa kadang penemuan mereka tidak tercatat oleh sejarah sampai sebuah teknologi baru dimasa depan melahirkan kembali penemuan mereka. Meskipun Lawrence Freiman tak pernah tahu kalau idenya bisa sesukses seperti saat ini, tapi yang jelas dialah bapak dari sistem belanja Online modern yang kita anut sekarang.

Tapi begitulah adanya, kadang penemuan paling hebat didunia ini berasal dari sebuah ide kecil yang sederhana dimana memiliki satu tujuan yang sama: Memudahkan hidup kita.(MY).