Pages

Subscribe:

November 15, 2018

Akibat ditantang temannya memakan Siput, hidup pemuda ini berakhir tragis

Katie Ballard bersama putranya Sam Ballard

Dimata ibunya, pemuda yang juga atlit Rugby asal Sydney bernama Sam Ballard, merupakan seorang anak yang menyukai tantangan dan mempunyai jiwa bebas yang ingin mencoba segala hal. Nah, keberaniannya itu kemudian ia buktikan ditahun 2010, saat seekor siput merayap diatas meja dalam sebuah acara pesta.  Melihat siput yang merayap diatas meja makan, teman-temannya kemudian memberikan tantangan kepada Ballard. Apakah ia berani memakan siput itu hidup-hidup?. Dan sayangnya, Ballard menyanggupi tantangan itu.


Katie Ballard, sang ibu kemudian menceritakan peristiwa saat itu kepada 7 News Sydney. “Seorang anak berusia 20 tahun, dalam pengaruh alkohol dan red wine, duduk bersama dengan para sahabat dalam sebuah pesta. Kemudian seekor siput merayap diatas meja, dan seorang kawan tiba-tiba menantang dia untuk memakannya?.” Ibunya kemudian menambahkan. “Anakku tetaplah seorang anak dengan jiwa muda”.
Sam Ballard diatas kursi roda berfoto bersama teman-temannya
Memang benar pada saat kejadian, tantangan itu hanyalah sebuah permainan biasa. Tapi siapa sangka, setelah memakan siput tersebut, Ballard kemudian kejang-kejang dan langsung dilarikan ke rumah sakit. Dokterpun lalu mendiagnosa kalau Ballard telah terjangkiti cacing parasit yang biasa ditemukan dalam paru-paru tikus (Angiostrongylus cantonensis). Menurut lembaga Pusat pencegahan dan pengendalian penyakit, Cacing tersebut biasa hidup dalam tubuh tikus dan bisa berpindah tempat ketubuh siput atau keong. Nah, melalui hewan gastropoda tersebut, cacing ini bisa pindah dan hidup dalam tubuh manusia.
Sam Ballard, saat masih sehat
Pasca kejadian tersebut, parasit itu kemudian bergerak dan akhirnya hidup dalam otak Ballard, mengakibatkan ia koma dan mengalami lumpuh selama lebih dari setahun. Dilansir dari Sunday Project, kalau Ballard baru-baru ini dinyatakan meninggal dunia diusia 29 tahun, setelah selama 8 tahun terinfeksi oleh cacing parasit pada bagian otaknya. Diacara Australian news show, Ballard sempat menyampaikan kata terakhirnya untuk sang ibu : “I love you.”
Saat Sam Ballard dirawat di rumah sakit
Nah, gaes. Semoga kisah diatas, memberikan kita sedikit pemahaman agar selalu berhati-hati dalam mengkonsumsi sesuatu yang “tidak lazim”. Jangan mencoba makanan yang belum ada kajian “save and healthy” dari lembaga kesehatan. (MY)

Berikut video kisah Sam Ballard di program TV, the Sunday Project: