Pages

Subscribe:

Labels

October 9, 2014

Sentuhan Personal : Teknik membuat Konsumen anda Loyal

Pentingnya membuat Konsumen anda SETIA


Suatu saat, anda tengah berdiri di pinggir jalan. Lalu tiba-tiba ada orang yang menyapa anda. Menanyakan kabar anda dan seterusnya. Bagaimana perasaan anda?
Wah, pasti anda akan senang. Sambil diam-diam dalam hati merasa jadiHYPERLINK "http://www.jokosusilo.com/2008/11/28/inilah-10-kiat-membuat-blog-anda-jadi-makin-terkenal-dan-meraup-sukses-besar/" HYPERLINK "http://www.jokosusilo.com/2008/11/28/inilah-10-kiat-membuat-blog-anda-jadi-makin-terkenal-dan-meraup-sukses-besar/"orangHYPERLINK "http://www.jokosusilo.com/2008/11/28/inilah-10-kiat-membuat-blog-anda-jadi-makin-terkenal-dan-meraup-sukses-besar/" HYPERLINK "http://www.jokosusilo.com/2008/11/28/inilah-10-kiat-membuat-blog-anda-jadi-makin-terkenal-dan-meraup-sukses-besar/"terkenal. Tapi bukan itu yang penting. Yang penting kemudian anda juga akan memberikan perhatian pada orang yang menyapa anda itu. Dan bahkan berusaha mengenalnya lebih jauh.
Contoh lainnya misalnya, suatu ketika anda bertemu dengan teman lama anda. Dan anda langsung bercakap dengan bahasa daerah teman anda itu. Pasti dia akan merasa senang. Walhasil hubungan anda jadi lebih akrab.
Inilah salah satu keajaiban sentuhan personal. Mereka yang semula sama sekali tak peduli pada anda, bisa langsung berubah 180 derajat. Memberikan perhatian pada anda dan menganggap anda sebagai temannya. Dan ingat, temanHYPERLINK "http://www.jokosusilo.com/2008/02/04/teman-adalah-aset-yang-tak-ternilai/" HYPERLINK "http://www.jokosusilo.com/2008/02/04/teman-adalah-aset-yang-tak-ternilai/"adalahHYPERLINK "http://www.jokosusilo.com/2008/02/04/teman-adalah-aset-yang-tak-ternilai/" HYPERLINK "http://www.jokosusilo.com/2008/02/04/teman-adalah-aset-yang-tak-ternilai/"asetHYPERLINK "http://www.jokosusilo.com/2008/02/04/teman-adalah-aset-yang-tak-ternilai/" yang HYPERLINK "http://www.jokosusilo.com/2008/02/04/teman-adalah-aset-yang-tak-ternilai/"takHYPERLINK "http://www.jokosusilo.com/2008/02/04/teman-adalah-aset-yang-tak-ternilai/" HYPERLINK "http://www.jokosusilo.com/2008/02/04/teman-adalah-aset-yang-tak-ternilai/"ternilai.
Penggunaan sentuhan personal dalam bisnis internet amat penting. Bukan cuma untuk berkomunikasi, tapi lebih dari itu untuk menumbuhkan loyalitas konsumen.
Sentuhan personal juga lebih murah. Tak semahal kalau anda beriklan. Anda cukup mengingat nama mereka, apa hobi mereka, dan memberikan senyuman tulus. Dan saya jamin mereka akan memberikan perhatian yang lebih pada bisnis anda.
Memang menggunakan sentuhan personal hasilnya tak langsung kelihatan. Karena perlu berhubungan dengan konsumen secara satu per satu. Tapi saya yakin hasilnya akan lebih kekal. Konsumen anda loyal dan akan terus mengingat bisnis anda. Mereka akan menjadi pelangganHYPERLINK "http://www.jokosusilo.com/2008/01/20/menggaet-pelanggan-setia/" HYPERLINK "http://www.jokosusilo.com/2008/01/20/menggaet-pelanggan-setia/"setia.
Nah, sekarang bagaimana sentuhan personal semacam ini bisa anda gunakan di bisnis internet?
Prinsipnya sama, hargai klien dengan memberikan pelayanan yang manusiawi. Seperti contoh di atas, sapalah klien anda dengan menyebut namanya saat anda mengirim pesan. Jika hal itu tidak mungkin anda lakukan secara manual, ada mesin autoresponder yang siap membantu.
Cara lainnya, ajaklah klien anda bercanda saat berkomunikasi. Buat mereka merasa nyaman dengan guyonan anda. Ini yang kemarin dilakukan presiden Obama untuk menjaring dukungan. Saat berkampanye di internet Obama tak pernah menganggap dirinya sebagai calon presiden Amerika. Ia memperlakukan teman-temannya di Facebook seperti seorang sahabat. Tidak hanya bicara masalah politik dan pemerintahan, Obama bahkan sering bercerita tentang hal yang lebih intim dengan para pendukungnya. Melalui cara seperti ini Obama bisa menjaga loyalitas pendukungnya hingga ia terpilih.
Bagaimana dengan anda? Apakah anda siap memberi sentuhan personal pada konsumen anda? Bicaralah seperti orang yang sedang duduk bersama di sebuah warung makan kepada mereka.
Yang jelas, anda mesti memperlakukan konsumen anda seperti sahabat. Ya, jadikan mereka sebagai sahabat anda.

Sumber: Joko Susilo.Com

0 comments:

Post a Comment

Quotes of the Day