Pages

Subscribe:

Labels

October 9, 2015

11 Superhero hebat ini ternyata bukan produksi DC atau Marvel.



Superhero komik tidak hanya diproduksi oleh DC dan Marvel, lho.

Saat ini ada banyak tokoh Superhero yang sukses diangkat kelayar lebar. Sebagian besar sukses dalam menjaring penonton terbanyak dan tentunya keuntungan yang fantastis. Meski begitu, sebagian besar porsi film superhero yang dikemas dalam format Live-Action masih berasal dari dua perusahaan raksasa dalam industri komik dunia, yaitu: Marvel dan DC Comics.

Ternyata selain Superhero yang berasal dari dua industri komik tersebut, ternyata ada juga tokoh superhero dalam komik, televisi, dan film yang bukan berasal dari Marvel maupun DC, namun kesuksesan mereka tidak kalah dengan jagoan-jagoan Marvel dan DC. Para Superhero tersebut tidak perlu menyandang nama besar penerbitnya, mereka menjadi menarik karena cerita mereka enak dibaca dan ditonton.

Nah, Berikut 11 tokoh Superhero terbaik yang bukan berasal dari Marvel atau DC Comics dilansir dari screenrant.com. Beberapa diantaranya sudah kita kenal baik, namun beberapa ada yang masih asing bagi kita. Langsung saja kita ke Te..Ka..Pe..:


11.   SPAWN
Spawn
Sebagian besar dari kita pasti tahu dengan sosok Superhero satu ini. Pada 1997, Spawn sempat diangkat kelayar lebar, tapi sebenarnya Spawn pertama kali muncul dalam cerita dibuku komik yang diterbitkan oleh Image Comics dan pernah menjadi karakter paling sukses dari penerbit tersebut. Meskipun Spawn didominasi oleh warna gelap tapi banyak penggemar komik menempatkannya sebagai tokoh komik terbaik sepanjang masa. Keberhasilan Spawn, bukan karena desain Cover dan filmnya yang selalu terlihat ‘mewah’, tapi karena kepiawaian pengarangnya, Todd McFarlane yang mampu menciptakan karakter superhero seunik Spawn.

Spawn menceritakan karakter Al Simmons yang bertarung di dunia maupun di neraka, sebagai seorang prajurit iblis yang berada dibawah kendali sang penguasa neraka. Suatu ketika, ia merasa aneh dengan kejahatan yang selama ini menguasai dirinya, ia akhirnya lebih memilih berbuat kebaikan demi umat manusia di dunia. Spawn bertugas menghukum orang-orang jahat namun masih terus berjuang melawan sifat jahat yang merasukinya lewat kostum pemberian penguasa neraka.

Spawn bukanlah sosok Superhero ‘garis kanan’ seperti halnya Superman dan Captain America. Meski ia memiliki kekuatan yang luar biasa, namun kisah masa lalunya-lah yang membuat karakter ini patut untuk diperhitungkan oleh para komik mania.

10. HELLBOY
Ron Perlman sebagai Hellboy (2004-2009)
Ron Perlman, tampil memukau memerankan sosok Hellboy dalam film yang dirilis Legendary pictures pada 2004 dan 2009. Tapi jauh sebelum itu, tokoh Hellboy yang diciptakan oleh Mike Mignola, diterbitkan pertama kali oleh penerbit komik ‘Dark Horse’ dan menjadi salah satu karakter paling sukses disana. Meskipun Hellboy pernah berkolaborasi (Crossover) dengan tokoh superhero lainnya, seperti Batman, tapi hak ciptanya tetap dipegang oleh Dark Horse. Aksi Hellboy dalam memberantas kejahatan yang melibatkan dunia supranatural sangat menarik untuk diikuti. Tapi Sebelum itu kita bahas dulu tentang asal usul Hellboy, si ‘Anak Neraka’. Hellboy sebenarnya diutus ke Bumi sebagai pelaksana terjadinya kiamat didunia – sebagai seorang putra iblis. Namun alih-alih mengikuti takdirnya sebagai putra iblis, ia malah melawan penjahat dari ‘alam gaib’ untuk melindungi teman dan keluarganya di Bumi.  

Awal kisah Hellboy dimulai pada masa Perang Dunia II, dimana ia dibangkitkan dari neraka oleh seorang dukun milik tentara NAZI, yang bernama Rasputin, yang namanya mirip dengan penyihir legendaris asal Rusia yang tewas dimassa. Hellboy kemudian beraksi bersama rekan-rekan satu timnya, termasuk sesosok mahkluk humanoid amfibi super jenius, dan seorang gadis yang mampu mengeluarkan api dengan pikirannya. Bersama mereka bahu membahu membasmi kejahatan.

9.  THE INCREDIBLES
The Incredibles by PIXAR- Disney
Semua pasti sudah pernah menonton film animasinya. Yap, The Incredibles, menceritakan tentang sebuah keluarga yang seluruhnya mempunyai kekuatan super. Semua hal yang ingin kita lihat dalam tokoh Superhero karya Marvel dan DC, dihadirkan lewat film ini. Hal ini karena Pixar dan Brad Bird mampu menangkap semua hal paling menarik dari kisah Superhero dan menghadirkannya dalam film animasi yang sangat menghibur.

Di film The Incredibles, seluruh anggota keluarga memiliki ikatan yang kuat satu sama lain (meskipun kekuatan mereka agak mirip dengan kekuatan jagoan di Fantastic Four). Bukankah Kita pernah dimarahi oleh ibu kita atau bertengkar dengan saudara kita?, atau bahkan pernah diacuhkan oleh ayah kita karena kesibukannya yang lain. Seluruh hal tersebut digabungkan dengan berbagai aksi kepahlawanan, dan jadilah film The Incredibles menjadi sangat spesial.


8. TEENAGE MUTANT NINJA TURTLES (TMNT)
Beberapa karakter dalam cerita TMNT
Saya yakin rekan-rekan yang lahir di era 80 dan 90-an pasti kenal dengan karakter TMNT atau zaman TVRI  dulu kita kenal dengan sebutan ‘Kura-Kura Ninja’. Tapi tahukah kita kalau para pahlawan TMNT itu muncul pertama kali dalam buku komik?.

Meskipun begitu, asal usul TMNT dari dulu hingga sekarang tetaplah sama – Kura-kura Ninja yang lahir akibat terkena cairan limbah beracun yang kemudian merubah mereka menjadi seperti manusia, ahli dalam bela diri dan juga penyuka makanan khas Italy, Pizza. Tapi Awal TMNT sebenarnya berawal dari kisah Splinter- guru dari kura-kura ninja yang berwujud tikus. Splinter awalnya adalah seekor hewan peliharaan salah seorang bekas anggota Foot Clan yang tewas karena membunuh anggota lainnya. Splinter yang saat itu masih dalam wujud tikus biasa, menyaksikan peristiwa tewasnya majikannya bersama sang istri. Sebelumnya Splinter seringkali menyaksikan sang majikan berlatih bela diri. Ia lalu berusaha menghapal dan menirukan jurus-jurus dari sang majikan. Ingatan yang tajam itulah yang nantinya menjadikan Splinter sebagai guru bagi para Kura-Kura Ninja.

Suatu ketika limbah beracun tumpah dan mengenai dirinya. Hal itu kemudian mengubah tubuh dan kecerdasan Splinter menjadi berlipat ganda, ia bahkan mampu memeragakan kembali keahlian beladiri yang sempat ia ingat sebelumnya. Suatu ketika Splinter menemukan buku seni zaman Renaissance di selokan tempat mereka tinggal. Ia lalu menamai kura-kura ninja didikannya sesuai dengan nama para seniman yang tertulis dalam buku tersebut: Leonardo, Michelangelo, Donatello, dan Raphael.

Setelah Kura-Kura Ninja selesai mendapat latihan dari sang guru dan dirasa sudah cukup mampu, maka mereka kemudian ditugaskan untuk menghadapi kelompok Foot Clan yang dipimpin oleh Shredder. Dalam komik aslinya digambarkan kalau Kura-Kura Ninja merupakan sosok yang agak kejam dan senang berbuat onar. Seperti tokoh Raphael yang sempat digambarkan sebagai karakter keras kepala dan hampir membunuh saudara kura-kuranya yang lain. Komik pertama mereka yang diterbitkan oleh Mirage Comics juga menggambarkan perangai kura-kura ninja yang sangat emosional dan selalu merasa takut.

7.  DARKMAN
Film Darkman yang sempat populer tahun 1990
Jauh sebelum menyutradarai film Spider-Man (2001 – 2007), Sam Raimi pernah menciptakan tokoh superhero bernama Darkman (1990). Karakter yang pernah dibuat film Live-Action ini menceritakan kisah seorang Ilmuwan bernama Dr. Peyton Westlake (diperankan oleh Liam Neeson) yang disiksa dan dibiarkan sekarat oleh para mafia. Beruntung, Westlake berhasil bertahan hidup dan pulih dari luka-lukanya. Ia kemudian menuntut balas kepada kelompok mafia yang berusaha membunuhnya. Meskipun tidak mempunyai kekuatan super, tapi Westlake mampu membuat wajah buatan (Prostetik) yang mampu mengecoh musuh-musuhnya, sehingga ia gampang menghabisi mereka satu persatu dengan cara menyamar.

Berikut cuplikan trailernya:
 
Jauh sebelum era film Superhero, seperti film Blade atau X-Men muncul, aktor Liam Neeson sudah terlebih dahulu menarik perhatian penonton dengan memerankan sosok Superhero bernama Darkman, yang sangat populer pada masa itu, terbukti dengan dihasilkannya beberapa serial Darkman, setelahnya. Kisah Darkman jugalah yang membuktikan kepiawaian sutradara Sam Raimi, hingga ia kemudian dipercaya menyutradarai film Spider-man pada 2001 hingga 2007.   .

6.  AVATAR KORRA
Korra, melanjutkan sang Avatar sebelumnya, Aang
Avatar: The Last Airbender merupakan serial paling diminati baik itu animasi TV maupun buku komiknya. Avatar menceritakan tentang seseorang yang mampu mengendalikan keempat unsur/elemen yang ada di Bumi. Sama halnya dengan kisah pendahulunya, Aang, Korra juga merupakan potret Superhero  tapi dalam wujud Avatar wanita. Berbeda dengan pendahulunya, Aang, yang sebisa mungkin tidak mengeluarkan kekuatannya dan belum sepenuhnya menguasai keempat elemen saat pertama kali ia berpetualang bersama teman-temannya, Korra sudah menguasai semua elemen dan menjadi Avatar sebelum ia berusia 20 tahun. Korra selalu ingin menolong tidak hanya sebatas melindungi kotanya dari berbagai ancaman tapi juga semua orang yang membutuhkan bantuan. Sebagai seorang Avatar, Ia dituntut untuk senantiasa bijaksana di usianya yang masih sangat muda. Intinya, Korra adalah potret seorang Avatar yang sesungguhnya.

Tapi yang paling menarik dari Korra adalah kelemahan yang ia miliki. Kita pasti lebih menyukai sosok jagoan yang pernah melakukan suatu kesalahan dan bukan “Super” dalam segala hal. Korra, juga demikian, ia pun punya rasa takut, ketidakmampuannya menggali sisi spiritualitas diri, serta kadang lupa kalau ia pun butuh pertolongan dari orang lain.

5.  SHADOWMAN
Shadowman, komik keluaran penerbit Valiant
Jack Boniface, adalah jagoan dari Valian Comic Universe. Jack merupakan seseorang yang dirasuki oleh roh yang kemudian memerintahkannya memburu semua penyihir di muka bumi. Ketika malam tiba, Roh tersebut merasuki Jack dan menggunakan tubuhnya untuk beraksi. Jack memperoleh kekuatan tersebut dari jimat milik Ayahnya yang juga merupakan seorang Shadowman. Batu jimat itulah yang melindungi Jack dari gangguan roh jahat dan saat ia berubah menjadi Shadowman, Jack mempunyai kekuatan Super dan keberanian. Kekuatan ini juga membuat Jack mampu menghadapi serangan roh jahat dan memungkinkannya bepergian ke alam lain yang berbeda.

Shadowman mampu memanggil roh dari dunia “orang mati” untuk membantunya melawan penjahat seperti Master Darque dan Mr. Twist. Jack juga sempat bergabung dengan Superhero lainnya yang ada di Valiant Comic Universe. Berbeda dengan Superhero lain yang ada di teamnya, Shadowman merupakan satu-satunya jagoan yang mampu berkomunikasi dengan dunia orang mati, dunia manusia, dan dunia peralihan.

4.  THE DARKNESS     
The Darkness
Jackie Estacado adalah wujud manusia dari pemilik kekuatan abadi bernama The Darkness. Anti-hero ini diciptakan oleh mantan karyawan Marvel dan DC, bernama Marc Silvestri, Garth Ennis, dan Dave Wohl untuk Top Cow Production. The Darkness mendapatkan kekuatannya dari sang ayah yang diwariskan secara turun temurun. Kekuatan The Darkness belum muncul sebelum Jackie berusia 21 tahun, yang kemudian mengubah wujudnya menjadi lebih ‘gelap’.

Jackie sebenarnya seorang petarung jalanan sekaligus bekerja sebagai pembunuh bayaran dari sebuah organisasi Mafia milik keluarganya. Saat pertama kali mendapatkan kekuatannya, Jack menggunakannya untuk menguasai seluruh jaringan organisasi mafia yang ada. Namun pada akhirnya Jackie sadar dan menggunakan kekuatannya melawan musuh abadi The Darkness, bernama Angelus, sang kekuatan cahaya abadi. The Darkness dan Angelus sudah melalui sejumlah pertarungan yang juga ikut menewaskan banyak orang.
 
Komik The Darkness, tidak hanya bagus di kualitas gambarnya, tapi juga matang dalam plot cerita. Karakter ini juga mempunyai ciri khas tersendiri yang membedakannya dengan Anti-Hero lainnya dari DC maupun Marvel.

3.  X
'X'  dari Dark Horse Comics
Salah satu karakter paling tangguh dan ter’garang’ dari daftar 11 Hero kita kali ini. X – diterbitkan pertama kali oleh Dark Horse comics, merupakan seseorang yang selalu memberikan satu kali kesempatan kepada para penjahat untuk bertobat. X akan memberi tanda kepada para penjahat berupa satu goresan, selanjutnya ia akan kembali lagi menemui sang penjahat dan memberikan satu tanda goresan lagi hingga membentuk tanda X, dan ketika tanda X sudah dibuat, ia akan membunuh si Penjahat. Meski dalam aksinya, X selalu melukai penjahat dengan sangat brutal, namun ia merupakan seorang pahlawan tangguh khususnya dalam melawan segala bentuk tindak Korupsi. X tidak hanya memburu para pembunuh bayaran dan para mafia, ia bahkan memburu para petinggi kepolisian yang diduga korupsi!.

Apa sih, yang membuat X begitu spesial?. Kita tahu, ada banyak tokoh komik yang tetap merahasiakan identitasnya, contoh: The Joker, tapi X punya alasan tersendiri kenapa ia tidak harus merahasiakan identitasnya. Contohnya: ketika seorang penjahat berhasil membuka topeng X, ia membiarkannya karena bagi X, topeng hanyalah sebuah bentuk pengendalian diri dan ketika “pengendali diri” itu dibuka, Siap-siap saja, ia akan memberikan keadilan paling mengerikan bagi sang penjahat.

Selain topeng yang ia kenakan, X sebenarnya tidak punya gadget atau teknik khusus dalam memberantas kejahatan. Pada dasarnya ia hanyalah orang ‘gila’ yang fokus pada penegakan keadilan. Ia akan menghabisi siapa saja yang meneror kotanya, siapa saja, bahkan orang yang tidak bersalah. Simple saja. Semua orang mendapat satu kali kesempatan sebelum ia bunuh, namun itulah yang membuat X menjadi karakter komik paling menarik.

2.  MIDNIGHTER
Midnighter, Superhero Gay pertama yang muncul dalam komik
Sebelumnya, beberapa dari kita mengenal Midnighter dari komik keluaran DC bertajuk The New 52. Namun kali ini kita akan membahas Midnighter saat ia diterbitkan oleh Valiant. Midnighter merupakan tokoh yang juga tergabung dalam kelompok Stormwatch dan salah satu karakter paling menguntungkan milik penerbit Valiant. Midnighter dan “suaminya”, Apollo menjadi salah satu Superhero pertama yang merupakan seorang Gay, dan menjadikannya salah satu karakter penting dalam sejarah komik dunia.

Midnighter, menjadi sosok pembunuh paling kejam bagi lawan-lawannya. Bukan hanya karena ia merasa kalau membunuh itu diperlukan, tapi juga karena memang ia suka membunuh. Midnighter juga memiliki kekuatan dan kecepatan diatas manusia biasa, tapi kemampuan sebenarnya bagi seorang Midnighter, ada pada teknik berpikirnya. Ia ahli dalam taktik dan strategi yang mampu memprediksi kejadian sebelum itu terjadi. Selain itu, ia juga memiliki kemampuan “Healing Factors” yang membuatnya bisa sembuh dari penyakit AIDS, tembakan senjata, bahkan cedera patah tulang. Dengan kesukaannya membunuh, kekuatannya yang hebat, dan kelainan seksual yang ia derita, Midnighter menjadi salah satu karakter komik paling unik.

1.    INVINCIBLE
 
Invincible, Spider-Man dengan kekuatan Superman
Invincible, diciptakan oleh pengarang kisah ‘Walking Dead’ Robert Kirkman. Invincible hampir mirip Spider-Man, tapi dengan kekuatan layaknya Superman. Dengan nama asli, Mark Grayson, Invincible memulai debutnya sebagai seorang pelajar SMU yang kemudian berubah menjadi Superhero. Ayahnya, Omni-Man, melatih Mark untuk memperoleh kekuatannya, tapi cerita menjadi makin rumit manakala Mark tahu kalau ia ditakdirkan untuk menguasai bumi. Mark tidak setuju takdir yang telah digariskan bagi dirinya, ia bahkan mencegah sang ayah yang mencoba membangkitkan kekuatannya. Meski Omni-Man, hampir membunuh Mark, namun Invincible tetap menjadi pahlawan bagi penduduk Bumi.



Walaupun Invincible mempunyai kekuatan campuran alien/manusia yang sangat hebat, namun ia sama dengan anak remaja lainnya yang masih suka bermain dan mencoba hal-hal baru. Beberapa orang mungkin bosan dengan tokoh Superman yang terlalu kuat dan nyaris tak terkalahkan, namun Invincible masih tetap menarik untuk dibaca meskipun kekuatannya setara Superman.  Setelah sukses dengan karakter Invincible, Robert Kirkman, bersama dengan perusahaan penerbit yang ia punya, Skybound, kemudian memproduksi beberapa judul komik lainnya bersama dengan perusahaan rekanannya, Image Comics.



Nah, itulah tadi daftar 11 Superhero terkenal yang bukan keluaran Marvel dan DC Comics. Jika ada lagi yang belum ada dalam daftar diatas, bisa langsung corat-doret di kolom “Comments” dibawah. En Bagi para Superhero Mania seluruh Indonesia bisa bergabung di group FB “Superhero mania”, pimpinan bang ‘Super Yoss’.



Okay!, That’s All Folks. (MY)

21 comments:

  1. Bagaimana dengan Zorro kok gk dibahas?

    ReplyDelete
  2. Watch men, the shadow , the tuxido

    ReplyDelete
  3. Watchmen itu produksi DC..sebenarnya masih bnyak tokoh komik yg bkn dari DC atau Marvel, cm yg dibahas mungkin yg mewakili saja,..sepertinya..

    ReplyDelete
  4. Sibuta dari gua hantu vs dare devil
    Hulk vs buto ijo
    Flash vs gundala

    ReplyDelete
  5. Phentom, himen, produksi siapa yj

    ReplyDelete
  6. wiro sableng 212 vs ironman kunjungan http://www.kalautau.com

    ReplyDelete
  7. bagi yang fans dgn Superhero dalam dan luar negeri, bisa join di group FB, Superhero mania. admin: Om Yosafat.

    ReplyDelete
  8. ultraman,robocop,power rangers,megaloman,jiban,ksatria baja hitam,sailormon,semua karakter teken dan street fighter dan mortal kombat,dsb .. capek aku sebutinnya

    ReplyDelete
  9. Banyak superhero hebat yang kalah promosi dan pamor

    ReplyDelete
  10. Yang dari jepun g ada.... Padahal banyak. Kamen rider series, metal hero series, sentai series belum garo series

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. Ben 10, Boboiboy, Hancock, Superhero Tokusatsu, Superhero Anime, Superhero Lego, Gatra Garuda, Bima X, Gundala, Superhero J-Toku, Star Wars, Star Trek, Bruce Lee, Kungfu Hustle, Kungfu Panda, Harry Potter, Transformer, Zorro, Super Dede, Shiva, Krishna, Bima Sakti, Dah cukup itu aja :v

    ReplyDelete
  13. Kalo aku liatmya ne bahas comic.. marvel dan DC itu comic..

    ReplyDelete
  14. Bagaimana dengan Panji Manusia Milenium?

    ReplyDelete

Quotes of the Day