Pages

Subscribe:

November 17, 2015

10 Sajian Menu lezat khas kota Penang, Malaysia



Salah satu spot kuliner yang ada di Penang.
PENANG – dikenal sebagai salah satu kota tujuan wisata kuliner terkenal di Asia. Hawker Food atau makanan pinggir jalan banyak kita jumpai di kota ini. Ada banyak pilihan menu pinggir jalan yang tersedia di kota Penang yang mencerminkan adanya keragaman budaya kota ini, diantaranya masakan Cina, Melayu, dan India.

Jalanan dikota Penang juga banyak dihiasi oleh para penjual makanan kaki lima, Kedai kopi, dan pusat jajanan pinggir jalan yang masing-masing menawarkan sajian menu khas tersendiri.

Nah, bagi yang berencana ingin liburan ke Penang- Malaysia. Berikut 10 sajian menu yang bisa anda jadikan referensi kala berkunjung kesana. Kita langsung saja ke Te-Ka-Pe!


1. Penang assam laksa
Penang Assam Laksa biasa disajikan dengan mangkok besar
Assam laksa, sering diidentikkan dengan kota asalnya, sehingga sering juga disebut Penang Laksa. Menu ini menawarkan rasa khas dari Ikan Makarel, Kuah asam serta Cabe Super pedas, semuanya disatukan dalam satu porsi Assam Laksa. Menu ini biasa dihidangkan bersama Mi putih yang renyah dicampur dengan mint segar, bawang goreng, ketumbar, mentimun, dan irisan nenas manis. Sebenarnya kita bisa menemukan Assam Laksa diluar kota Penang, akan tetapi rasa dan kuahnya tak akan selezat jika kita menikmatinya langsung di Penang.
Anda bisa menikmati menu ini di: Cecil Market Food Court, Lebuh Cecil, Penang

2. Mi Hokkian
Masakan  Cina yang merambah ke Malaysia
Menu satu ini memang tidak asing lagi bagi kita, orang Indonesia. Mie ini berasal dari Propinsi Fujian, di Cina, akan tetapi Mi Hokkian yang disajikan di kota Penang, BEDA. Kuah Mie nya dibuat dari campuran daging udang dan lemak tulang babi disajikan bersama Mie telur tipis berwarna kuning dan Bihun beras putih. Diatasnya diberi campuran telur rebus, irisan udang kecil, bakso ikan, bawang goreng yang renyah dan bumbu sambal. Merupakan Hidangan yang pas untuk sarapan pagi.
Anda bisa menikmati menu ini di: Beach Street (antara Magazine Road dan Prangin Road Ghaut), Penang

3. Mi Wonton
Mi Wonton identik dengan campuran berbagai bermacam daging
Kita mungkin bisa menjumpai makanan khas Cina ini di seluruh tempat kuliner di Asia termasuk di Indonesia. Akan tetapi Mi Wonton yang ada di Penang ini, dijamin mampu membuat anda melewatkan Mi Wonton yang lainnya. Mi telur yang kenyal disajikan ala Al Dente bersama dengan saus kental terbuat dari campuran  kecap dan minyak babi plus satu sendok sambal disampingnya. Atasnya ditaburi daun Kale Cina hijau, irisan daun bawang, Acar cabe hijau, dan tentunya Wonton. Nah, untuk Wonton yang direbus atau dikukus banyak kita jumpai ditempat lain di Malaysia, tapi di Penang agak unik dimana Wonton-nya di goreng. Kita juga bisa memilih sajian mi Wonton “Basah” yang disajikan dengan kuah yang enak.
Anda bisa menikmati menu ini di: Lebuh Chulia (depan toko Furniture), Penang.

4. Nasi kandar
Rasa Bintang lima, Harga kaki lima
Nasi kandar, adalah menu makanan khas india muslim yang saat ini menjadi ciri khas di Penang. Dulunya makanan ini dijajakan oleh penjual yang memikul wadah penuh berisi nasi dan gulai dipundak mereka menggunkan balok kayu. Namun saat ini, Nasi Kandar lebih sering kita jumpai di restoran-restoran kecil ketimbang di jalan. Menu kaya rasa ini terdiri dari beragam gulai daging dan kuah yang dituang diatas nasi putih, dimana gulai udang yang paling banyak diminati oleh pembeli.
Anda bisa menikmati menu ini di: Line Clear, Alley next to 177, Jalan Penang, Penang

5. Rojak 
Salad buah khas Penang
Kita lebih mengenalnya dengan tulisan Rujak. Sajian yang tidak asing bagi kita di Indonesia. Rojak, sejenis salad buah dengan potongan cruller goreng dan topping saos pedas-manis campuran pasta udang dan bumbu kacang tanah berwarna hitam. Tidak lupa juga irisan buah-buahan seperti Nenas, mangga, pepaya, apel, bengkoang, mentimun dan jambu, yang menghadirkan cita rasa yang konsisten. Perpaduan berbagai macam buah segar dan Seafood gurih tersebut membuat Rojak sangat pas dilidah.
Anda bisa menikmati menu ini di: Gurney Drive Hawker Center, Persiaran Gurney, Penang

6. Lor bak
Sangat lezat, meski tanpa dicelup ke Saosnya
Sebuah sajian ‘Nyonya’ yang menjadi spesialisasi warga Cina di Penang. Lor Bak terdiri dari daging babi cincang yang telah direndam kedalam tepung ‘lima-bumbu’ sebelum dibungkus dengan kulit pangsit kacang yang lembut kemudian digoreng. Lor bak disajikan bersama dua jenis saos celup, yaitu saos cabe merah pedas dan saos maizena kental plus potongan telur ‘geprok’ yang disebut Lor.
Anda bisa menikmati menu ini di: Jalan Johor (dekat Jalan Dato Keramat), Penang.

7. Gulai Mi
Kaya bumbu, Kaya Rasa
Biasa juga disebut Gulai Laksa. Gulai Mi merupakan hidangan sup Gulai kelapa yang sangat enak yang disajikan bersama mi telur kuning dan Bihun. Sup kaya rasa ini juga rasanya agak manis sehingga kurang cocok bagi penderita diabetes. Tiap porsi Gulai Mi terdiri dari  daging ayam, irisan tahu, udang, darah babi, kerang, dan cumi-cumi. Ditaburi dengan daun mint dan satu sendok sambal cabe pedas. Tidak heran kalau Gulai Mi menjadi hidangan sup yang sangat lezat.
Anda bisa menikmati menu ini di: Lebuh Cintra (antara Lebuh Campbell dan Lebuh Chulia), Penang.

8. Char kway teow
Lebih lezat jika dihidangkan diatas daun Pisang
Makanan khas Penang, Char kway Teow, terbuat dari  mi beras pipih dan panjang yang digoreng bersama kecap manis, daging udang, kerang, telur dadar, taoge, dan daun bawang. Biasanya dihidangkan diatas daun pisang dan salah satu makanan pinggir jalan paling terkenal di Penang.
Anda bisa menikmati menu ini di: Pasar Malam Pulau Tikus, Jalan Pasar, Penang.

9. Koay chiap
 
Berisi jeroan babi dan bebek
Hidangan Sup daging bebek dan babi yang sedap ini berisi  bumbu adas bintang dan kayu manis serta campuran jeroan daging babi dan bebek, seperti telinga, lidah, hati, usus dan darah. Nasi dan Mi tapioka yang biasa disebut Koay Chiap, dibuat sendiri oleh sang koki. Untuk kuahnya, disajikan bersama telur rebus, irisan daun bawang, serta sambal pedas. Menu ini biasa disantap pada malam hari dimana mampu memberikan sensasi sendiri bagi penikmatnya.
Anda bisa menikmati menu ini di: Kimberley Street Duck Koay Chiap, Lebuh Kimberley, Penang

10. Es kacang
Nikmat jika disajikan saat musim panas
Menu lezat yang tepat disajikan saat cuaca panas. Es Kacang adalah es serut yang diberi taburan kacang merah, cincau, jagung manis, dan attap chee (kelapa muda). Sirup gula dan susu kental atau bisa juga susu kelapa lalu disiramkan kedalam es serut tersebut yang menjadikan rasa es yang manis. Sajian menu dessert khas Penang, Malaysia ini biasa divariasikan dengan tambahan irisan buah pala.
Anda bisa menikmati menu ini di: Gurney Drive Hawker Center, Persiaran Gurney, Penang

Nah, itu tadi 10 sajian khas yang bisa anda jumpai di kota Penang, Malaysia. Sebagian sajian tersebut bisa kita temukan di Indonesia, namun ada beberapa yang memang memiliki cita rasa khas tersendiri yang mungkin bisa kita coba kala berkunjung ke Penang. “Iyyekeh?, Bettu, Bettu, Bettu?” (MY).