Pages

Subscribe:

Labels

August 3, 2017

Sekilas tentang Infinity Stones dan keberadaannya di Marvel Cinematic Universe

Thanos dengan Infinity Gauntletnya, serta penampakan Infinity Stones


Bagi kalian yang fans berat dengan tokoh superhero atau komik buatan Marvel tentunya tidak asing dengan film Avengers. Nah, pastinya dong, kita juga sudah tahu kalau film Avengers sudah masuk pada seri ketiganya, dengan judul: Avengers – Infinity War. Artikel saya kali ini, akan membahas tentang film ketiga Avengers itu, gaes, yang rencananya akan tayang di bioskop pada Mei tahun 2018 (masih lama juga, sih). Sesuai dengan judulnya, Infinity War, maka difilm ketiganya nanti, kelompok Avengers akan menghadapi ‘perang tanpa akhir’ melawan musuh terkuat mereka, Thanos. Nah, Sebelumnya kita sudah melihat penampilan Thanos, di film Guardians of the Galaxy dan Avengers: Age of Ultron dan di film Infinity War nanti, perang sebenarnya melawan Thanos en the gank, baru saja akan dimulai.

Seperti halnya dikomik, Thanos merupakan salah satu Supervillain terkuat di dunia Marvel dengan kekuatan yang sangat hebat karena ia dipersenjatai dengan sarung tangan (Infinity Gauntlet) berisi 6 batu sakti (Infinity Stone). Tapi tanpa Infinity Stone, pun Thanos merupakan musuh yang sangat kuat karena lahir dari ras yang sudah kuat dari sononya yaitu Eternal-Titanian.

Tapi kali ini kita tidak akan membahas tentang Thanos melainkan Infinity stone yang dari film Avengers pertama hingga sekarang menjadi objek yang selalu menghiasi cerita di film Marvel Cinematic Universe (MCU) lainnya. Infinity Stone konon merupakan batu pusaka yang pertama kali ada sejak alam semesta tercipta, yang mewakili keenam hal yang ada dialam semesta, seperti Space (Ruang), Time (Waktu), Reality (Realita), Mind (Pikiran), Power (Kekuatan) dan Soul (Jiwa/Roh). Sebelumnya kita sudah melihat kekuatan beberapa Infinty Stone lewat film-film MCU, seperti Avengers, Thor dan Guardians of the Galaxy. Nah, nantinya di film Avengers 3, keenam batu tersebut akan dikumpulkan oleh Thanos yang akan ia pasang dalam Infinity Gauntlet miliknya agar ia memiliki kekuatan layaknya seorang Dewa.


Tentunya banyak dari kita khususnya para fans komik Marvel yang sudah tahu apa itu Infinity Stone berikut kekuatannya masing-masing. Tapi bagi yang belum begitu tahu, tidak perlu galau apalagi sampai makan micin satu mangkok. Berikut ini sedikit panduan mengenai Infinty Stone, tentang dimana pertama kali batu itu muncul di film-film Marvel, serta dimana mereka sekarang berada.

SPACE STONE
Pertama kali muncul di film:
Dengan nama lainnya: Tesseract, Space Stone selama berabad-abad lamanya tersimpan dengan aman di sebuah gereja di Tonsberg, Norwegia. Di film Captain America: The First Avenger, kita bisa melihat adegan dimana batu ini dicuri oleh Red Skull dan pasukannya ditahun 1942. Setelah jatuh terkubur bersama pesawat Captain America dan Red Skull di gurun Es di Antartika, Tesseract kemudian ditemukan dan disimpan oleh S.H.I.E.L.D. yang juga menemukan tubuh Captain America di Antartika.
Red Skull memegang Tesseract difilm Captain America: First Avenger
Terakhir kali kita lihat difilm:
Setelah Loki mencuri Tesseract dari markas S.H.I.E.L.D difilm The Avengers, pada akhirnya, Tesseract dibawa oleh Thor ke Asgard untuk disimpan dengan aman diruangan harta karun milik Odin. Masalah aman tidaknya di ruangan tersebut, yang pasti Loki sempat menduduki singgasana Asgard di film Thor: The Dark World, yang memunculkan spekulasi kalau Loki berhasil mencuri kembali Tesseract.

Kekuatannya:
Space Stone sempat digunakan oleh Red Skull dan pasukan Hydra selama Perang Dunia II sebagai sumber energi senjata pasukan mereka. Namun seperti yang kita lihat diawal film The Avengers, Space Stone memiliki kekuatan yang lebih besar dari yang kita kira. Tesseract bahkan mampu membuka portal ke dunia lain, dan itu bisa kita lihat saat Loki menggunakannya untuk mengirim pasukan Alien Chitauri menyerang Bumi di film Avengers (2012).


Mind Stone
Pertama kali muncul di film:
Bagi yang sudah lupa kapan pertama kali Mind Stone muncul difilm Marvel, yaitu saat Thanos memberikan tongkat yang berisi Mind Stone kepada Loki agar ia dapat memimpin pasukan Chitauri menyerang Bumi. Yap, Mind Stone awalnya berada didalam tongkat (Scepter) milik Loki difilm Avengers (2012).
Ultron meletakkan Mind Stone saat menciptakan Vision, difilm The Avengers: Age of Ultron
Terakhir kali kita lihat difilm:
Terakhir kita lihat batu ini yaitu difilm The Avengers: Age of Ultron dan Captain America: Civil War. Ya benar!, Mind Stone saat ini berada di dahi Vision, yang memang dianggap mampu untuk menjaga batu tersebut.

Kekuatannya:
Mind Stone memiliki banyak fungsi, baik untuk kebaikan maupun untuk maksud jahat. Pertama kalinya, batu tersebut dimanfaatkan oleh Loki untuk mengendalikan orang, termasuk Hawkeye, agar mencuri kembali Tesseract di markas pesawat S.H.I.E.L.D.(nonton film The Avengers). Kemudian di mid-credits scene film Captain America: The Winter Soldier, batu tersebut digunakan untuk membangkitkan kekuatan yang tersembunyi dalam diri Wanda dan Pietro Maximoff, dan menjadikan mereka Scarlet Witch dan Quicksilver. Tak hanya itu, Tony Stark lalu menggunakan Mind Stone untuk menciptakan android dengan kemampuan Artificial Intelligence (A.I), yang oleh Ultron digunakan untuk menciptakan Vision. Intinya jika kita ingin memanipulasi, menciptakan, dan mengubah pikiran. Mind Stone jawabannya.


Reality Stone
Pertama kali muncul di film:
Seribu tahun yang lalu, pemimpin Dark Elf bernama Malekith berusaha menggunakan kekuatan Reality Stone yang dikenal dengan nama Aether. Malekith ingin mengembalikan alam semesta kedalam kegelapan abadi. Seperti yang kita lihat difilm Thor: The Dark World, rencana tersebut digagalkan oleh pasukan Asgardian, dan Aether kemudian terlempar dan tersembunyi diantara dua dunia dengan harapan tidak akan pernah ditemukan kembali.
Jane Foster saat menemukan Aether / Reality Stone di film Thor: The Dark World
Terakhir kali kita lihat difilm:
Beruntung, Aether yang berupa cairan hidup berwarna merah ini, berhasil ditemukan secara tidak sengaja oleh Jane Foster, dan meskipun Malekith berusaha kembali merebutnya, Thor berhasil mempertahankan cairan merah tersebut dan mengamankannya. Untuk mencegah dua Infinity Stone berada di tempat yang sama (karena sebelumnya Tesseract sudah berada di Asgard), Asgard kemudian memutuskan untuk menyerahkan Aether ketangan The Collector (Meskipun mereka tidak sepenuhnya percaya padanya).

Kekuatannya:
Meskipun kekuatan Reality Stone sampai saat ini masih belum banyak kita ketahui, namun kekuatan batu itu sangatlah dahsyat!. Tidak hanya mampu menciptakan portal ke dimensi lain dan mengendalikan pikiran seseorang, dalam kondisi tertentu batu ini juga mampu membolak-balikkan alam semesta semudah kita mematikan lampu.


Power Stone
Pertama kali muncul di film:
Peter Quill alias Star-Lord, adalah orang pertama yang menemukan Power Stone difilm Guardians of the Galaxy. Ia berhasil menemukan batu tersebut tersembunyi dalam bola metal (Orb) di Planet Morag. Celakanya, bukan hanya dia saja yang memburu batu tersebut.
Power Stone saat dikeluarkan dari Orb, difilm Guardians of the Galaxy
Terakhir kali kita lihat difilm:
Meski Power Stone sempat berada ditangan Ronan The Accuser yang jahat, namun Para Guardians of the Galaxy mampu merebutnya kembali, membangkitkan kekuatan Power Stone sekaligus memusnahkan Ronan The Accuser. Guna menjauhkan batu tersebut dari incaran kelompok the Ravagers, Star-Lord lalu menyerahkan batu ungu tersebut kepada Nova Corps, yang kemudian menyimpannya di ruangan khusus planet Xandar.

Kekuatannya:
Power Stone hanya bisa dipegang dan dimiliki oleh seseorang dengan kekuatan yang sangat hebat, atau setidaknya seseorang yang cukup hebat. Hal ini bisa kita lihat difilm Guardians of the Galaxy, dimana orang-orang yang memegang batu tersebut akan hancur lebur jika ia tidak memiliki kekuatan yang sangat hebat. Dalam video yang diperlihatkan oleh The Collector, pun bisa kita lihat kekuatan dari batu tersebut yang mampu menyapu bersih sebuah planet.


Time Stone
Pertama kali muncul di film:
Time Stone pertama kali muncul di film Doctor Strange. Batu ini pertama kali tersimpan dalam ruang latihan para penyihir bernama Kamer-Taj. Time Stone juga dikenal dengan nama Eye of Agamoto, dimana batu ini dulunya digunakan oleh The Ancient One dan pengikutnya dalam melindungi dunia dari serangan yang bersifat mistis/ Sihir.
Doctor Strange saat menggunakan Time Stone alias Eye of Agamoto
Terakhir kali kita lihat difilm:
Doctor Strange beberapa kali memperagakan kekuatan batu ini difilm pertamanya. Ia mengujicobanya pada buah apel yang sudah ia makan serta menggunakannya untuk melawan Kaecilius yang berusaha memanggil Dormammu dan dimensi kegelapan untuk menguasai Bumi. Namun pada akhirnya, Doctor Strange mengembalikan Time Stone ke Kamer-Taj, setelah ia merasa bukan ide yang baik membawa Eye of Agamotto bersamanya.

Kekuatannya:
Sudah bisa kita tebak dari namanya, kalau kekuatan dari batu ini adalah mampu memanipulasi waktu. Kita hanya melihat sebagian kecil dari kekuatan Time Stone di film Doctor Strange saat ia menggunakannya membalikkan waktu dan menciptakan masa depan. Tapi sebenarnya kekuatan batu ini jauh lebih dahsyat dari yang pernah kita lihat. Batu ini bahkan mampu berfungsi sebagai mesin waktu dan kemungkinan akan menghadirkan para penjelajah waktu dan berbagai Universe di Marvel Cinematic Universe. Initinya, siapapun yang memiliki batu ini, akan mampu mengendalikan masa lalu, masa kini, dan masa depan. Jadi bisa kita bayangkan jika seandainya batu ini jatuh ketangan Thanos.


Soul Stone
Pertama kali muncul di film:
Sayang sekali, Marvel Cinematic Universe (MCU) belum memperlihatkan batu ini pada kita meskipun sudah dijelaskan bahwa akan ada enam Infinity Stone yang akan dihadirkan di MCU.
Dalam komik, Soul Stone berada di dahi Adam Warlock
Terakhir kali kita lihat difilm:
Ya sudah jelaslah, batu ini belum pernah dimunculkan dalam film-film MCU kecuali dalam klip/ trailer yang memperlihatkan Thanos menggunakan Infinity Gauntlet-nya.

Kekuatannya:
Marvel Cinematic Universe, masih belum memberi petunjuk seperti apa dan dimana Soul Stone sekarang berada. Tapi jika kita merujuk pada komiknya, Soul Stone memiliki kekuatan yang agak mirip dengan Mind Stone. Pemilik Soul Stone tidak hanya mampu mengendalikan semua makhluk (baik yang hidup maupun yang mati) tapi juga mampu menyerap atau mencuri kekuatan yang dimiliki oleh seseorang/ mutant. Dalam komik Marvel, Soul Stone tersimpan didahi Adam Warlock. Yup! berbeda dengan versi MCU dimana Mind Stone yang tersimpan di dahi Vision. Kemungkinan besar, Soul Stone nantinya akan muncul dalam film Thor: Ragnarok dan diduga dimiliki oleh Hela (Cate Blanchett) musuh utama difilm tersebut, namun beberapa fans berspekulasi kalau selama ini Soul Stone tersimpan di kostum armor milik Heimdall atau tertanam di mata Heimdall. Well, benar tidaknya, kita tunggu saja filmnya yang rencana akan tayang pada Mei 2018.
Hela (Cate Blanchett) yang menjadi musuh utama di film Thor : Ragnarok
Nah, itu tadi sekilas tentang Infinity Stone dan keberadaannya di Marvel Cinematic Universe. Bagi yang memiliki informasi lainnya, bisa langsung menulisnya dikolom Comment, dibawah (MY).

1 comments:

  1. Terima kasih yang amat dalam kami ucapkan kepada MBAH SELONG yang
    telah memberikan kebahagian bagi keluarga kami…berkat Beliau saya
    sekarang udah hidup tenang karena orang tuaku udah buka usaha dan
    punya modal untuk buka bengkel skrang pun orang tuaku tidak di
    kejar-kejar hutang lagi…dan keluarga Kami di berikan Angka
    Ritual/Goib Dari mbah yg sangat Jitu 100%dijamin
    tembus…hingga keluarga kami sekarang merasa tenang
    lagi…terima kasih mbah…Jika Anda ada yg merasa kesulitan
    masalah Nomer ToGEL silahkan hbg Aja MBAH SELONG
    dinmr hp beliau (081-322-565-355) ATAU KLIK SITUS KAMI
    dan saya sudah membuktikan 3kali berturut2 tembus terimah kasih

    ReplyDelete

Quotes of the Day