Pages

Subscribe:

June 16, 2015

Rumah mungil portable ini bisa anda miliki dengan harga USD 48 ribu



Toybox Tiny Home
Rumah saat ini menjadi kebutuhan pokok yang wajib dimiliki. Mahalnya harga lahan untuk membangun rumah bisa menjadi kendala bagi kita yang punya impian untuk memiliki hunian sendiri. Nah, bagi kita yang memiliki aktivitas mobile (terus bergerak), rumah mini berikut ini bisa menjadi salah satu pilihan yang menarik.

Sebuah rumah mini berhasil dibuat dan menariknya dijual untuk umum dengan harga yang cukup fantastis, yaitu 48.000 US Dollar atau setara dengan 624 juta rupiah!. Cukup mahal memang untuk harga pasaran di tanah air. Namun dari segi fungsi serta untuk tujuan praktis, tidak ada salahnya kita membelinya.

Rumah mini yang dicat warna-warni ini diberi nama ‘Toybox Home’, dan dirancang oleh Frank Henderson dan Paul Schultz. Rumah ini memiliki luas keseluruhan sekitar 140 square feet atau sama dengan luas rumah type 42. Rumah ini terdiri dari 1 ruang tamu, ruang tidur, dapur, dan area mandi. Rumah cantik ini juga dilengkapi dengan elemen-elemen yang ramah lingkungan.

Rumah bisa dikaitkan di mobil untuk kemudahan transportasi
Jika ingin pindah rumah, cukup mengaitkan rumah ini ke mobil anda
Bagian yang berwarna putih adalah bahan termoplastik yang selain tahan lama, juga berfungsi sebagai peredam panas dan Ultraviolet. Bahan ini juga bisa mendinginkan ruang dalam rumah tanpa bantuan listrik.
Atap berwarna putih ini terbuat dari bahan termoplastik.
Rumah ini juga dilengkapi dengan tanaman hias yang dipasang disekeliling rumah serta sistem irigasi mandiri yang mendaur ulang air limbah pembuangan dari dalam rumah, sehingga pemeliharaan tanaman menjadi mudah dan menghemat penggunaan air. Penggunaan  jendela yang banyak serta pintu kaca geser, memberikan pencahayaan dan sirkulasi udara alami kedalam rumah.

Interiornya modern dan mengkilap sehingga ruangan terasa lebih luas.
kondisi interior area utama
Kita beralih ke ruang dalam, dimana kita bisa lihat ada dua kotak penyimpanan berwarna abu-abu yang juga bisa dijadikan tempat duduk. Juga terdapat meja kayu yang bisa dilipat (berada dibawah jendela) yang ukurannya bisa diatur dan bisa mengakomodasi lebih dari satu orang.

Area Dapur didesain agar terlihat compact, dimana kulkas dan freezer diletakkan dibawah sink (tempat cuci piring). Sink-nya sendiri dibuat ramah lingkungan dimana aliran kran airnya sangat kecil untuk mengurangi penggunaan air yang berlebih.

Adanya Rak tambahan dalam dinding serta dibelakangnya terdapat kamar mandi  berukuran 20 square feet.
Rak tambahan dibuat built-in untuk menghemat space
Pada foto ini kita bisa lihat, jika tidak digunakan, maka meja kayu bisa dilipat sehingga ruangan menjadi lebih luas.

Kamar mandi bisa difungsikan menjadi shower, dengan tambahan keran extendable



Cukup mudah. Hanya dengan menarik keran panjang, mengkaitkannya di tembok dan jadilah Shower!. Air bekas mandi nantinya akan dialirkan ke sistem irigasi yang digunakan untuk mengairi tanaman diluar, dan ternyata di balik tembok shower terdapat ruangan yang menyimpan 20 galon air hangat, plus bisa dijadikan sebagai area mencuci baju.

Diatas kamar mandi terdapat ruang tidur, yang bisa menampung springbed ukuran King-size

Kamar tidur dilengkapi dengan tiga jendela yang memberikan pencahayaan alami dan udara segar. Juga terdapat saklar lampu disana yang memungkinkan penghuninya mematikan semua lampu tanpa perlu beranjak dari tempat tidur.

Jika anda khawatir dengan bahaya benturan, anda tak perlu panik. Sebab rumah ini seluruhnya dilapisi bantalan fiberglass, yang juga mampu memanaskan lantai sehingga anda tetap merasa hangat bahkan di cuaca yang dingin.

Saat ini, Rumah mini ‘Toybox’ berada di Lake Forest, Illinois, dan masih dijual disana. Bagi anda yang berminat, bisa langsung mengunjungi website resminya. (MY).