Pages

Subscribe:

March 13, 2020

IMAX With Laser, saat ini menjadi ‘Gold Standard’ dalam hal kenyamanan menonton film



IMAX with Laser, pengalaman baru menonton film dengan kualitas yang Wow!

IMAX with Laser yang menjadi ‘Gold Standard’ (tingkat kenyamanan menonton film dan tingkat  tertinggi dalam visualisasi film dibioskop), saat ini tengah menjadi topik hangat para Moviegoers diseluruh dunia. Selama lebih dari sepuluh tahun, para pecinta film sangat antusias menonton film yang tayang di studio IMAX dengan visualisasi gambar yang lebih ‘lega’ dibandingkan bioskop reguler lainnya.

Meskipun perusahaan IMAX sudah ada sejak tahun 1970-an namun mereka baru mulai eksis dan dikenal pada era 2000-an, tepatnya saat mereka mulai bekerja sama dengan studio film dan para pembuat film di Hollywood dalam membuat film dengan gambar yang lebih lebar menggunakan kamera khusus IMAX.


Dan tahukah kita bahwa film pertama yang menggunakan teknologi IMAX ialah film The Dark Knight (2008) karya sutradara Christopher Nolan dimana pada tahun yang sama IMAX baru saja mulai menggunakan teknologi proyeksi digital mereka dengan dual 2K projector.
The Dark Knight menjadi film  pertama yang menggunakan teknologi IMAX dalam proses produksinya
Sejak mereka berhasil mengaplikasikan perangkat proyektor mereka dihampir semua bioskop konvensional yang ada di dunia, jumlah bioskop IMAX terus bertambah dari ratusan hingga mencapai ribuan studio hanya dalam waktu beberapa tahun. Meskipun Studio atau proyektor IMAX sudah banyak tersebar dihampir semua bioskop, namun hal itu dirasa masih belum cukup. IMAX terus berinovasi dan selama beberapa tahun terakhir mereka berhasil mengembangkan sebuah teknologi baru yang akan membawa pengalaman menonton film kita  kelevel yang lebih tinggi lewat teknologi IMAX with Laser.
Logo IMAX with Laser
Ditahun 2014, IMAX telah meluncurkan teknologi terbaru mereka bernama IMAX with Laser projection system. Dari yang awalnya Cuma dipakai dibeberapa bioskop, lama-kelamaan jumlahnya semakin bertambah dan bertambah. Teknologi tersebut memanfaatkan dual 4K projector yang memiliki kemampuan antara lain memperbaiki kualitas gambar dengan menyingkirkan prisma (yang dulunya dipakai pada Xenon dan proyektor digital), meningkatkan warna gambar, meningkatkan ketajaman gambar dua kali lipat menjadi 15/70mm atau setara “real IMAX”, memiliki resolusi dan frame-rate hingga 60 fps serta sudah menggunakan Rec.2020.

Meskipun teknologi ini lebih canggih dibanding versi lamanya, teknologi ini ternyata masih bisa dinikmati disistem IMAX sebelumnya dengan aspect ratio 1:43:1. Secara garis besar, IMAX with Laser mampu menyajikan kualitas gambar yang lebih tajam dengan bidang layar yang lebih luas dibanding teknologi sebelumnya.

Seperti itulah kira-kira kelebihan yang ditawarkan oleh IMAX with Laser untuk para penikmat film, namun hal yang paling utama dari teknologi terbaru ini ialah bahwa ia mampu memberikan kualitas gambar yang sangat tajam dengan resolusi yang lebih tinggi daripada kualitas 4K. Tak hanya itu, teknologi ini juga menawarkan kualitas suara visual yang memukau lewat 12-channel sound system yang terintegrasi didalamnya.
Layout posisi Speaker dalam studio IMAX
Dengan segala kecanggihan tersebut, IMAX lewat perangkatnya akan menjadi sebuah industri teknologi yang akan memberikan pengalaman menonton bioskop yang Wow! yang pernah ada. Meskipun Chief Quality IMAX David Keighley tidak pernah menyebutkan bahwa teknologi mereka akan sedemikan Wah!, namun kehadiran IMAX with Laser dianggap sudah mewujudkan tujuan perusahaan.

Hal ini dibuktikan saat demo yang digelar Screen Rant di kantor pusat IMAX, Playa Vista, California. IMAX with Laser bahkan mampu memperbaiki beberapa kualitas teknologi 3D yang sebelumnya dirasa kurang nyaman oleh para penonton. Dengan media sinar laser, penonton (yang mengenakan kacamata 3D khusus) dapat melihat warna asli dari sebuah gambar dilayar serta mengurangi “glitch” (distorsi) dari gambar 3D saat penonton memalingkan wajahnya dari layar.



Interior studio IMAX with Laser terbesar di dunia yang berada di Dubai.

Nah, gaes tahu nggak kalau IMAX with Laser saat ini sudah hadir di Indonesia?. Teknologi IMAX With Laser pertama di Indonesia telah hadir di bioskop XXI,  Gandaria City Mall, Jakarta yang juga merupakan bioskop ketiga di Asia yang menggunakan teknologi ini.
Studio IMAX with Laser pertama di Indonesia yang ada di Gandaria City Mall
IMAX senantiasa berkomitmen untuk meningkatkan teknologi perangkatnya dari waktu kewaktu. Meskipun hal ini juga berdampak pada kenaikan harga tiketnya, namun IMAX selalu berusaha memberikan pengalaman menonton terbaik bagi setiap orang. Ya, meskipun baru sedikit bioskop yang memiliki teknologi IMAX with Laser, namun IMAX sudah mengagendakan untuk terus membangun bioskop dengan teknologi ini dan diharapkan dalam beberapa tahun kemudian perangkat ini sudah bisa dinikmati disetiap bioskop yang ada di setiap negara. (MY)