Pages

Subscribe:

December 14, 2015

22 Bangunan Bersejarah Paling Terkenal diseluruh Dunia



Beberapa Bangunan pencakar langit ada yang menjadi Icon sebuah negara

Arsitektur, merupakan salah satu bidang ilmu pengetahuan yang tidak pernah hilang dari kehidupan manusia. Sejak zaman dahulu, Arsitektur yang identik dengan bangunan tempat bernaung (shelter) sudah ada demi mengakomodir kebutuhan tempat tinggal mahkluk hidup. Tak hanya dibuat oleh manusia, beberapa hewan  dan tumbuhan bahkan ada yang mampu membangun sebuah struktur yang tak kalah hebatnya dengan buatan manusia, bahkan karya mereka mampu menginspirasi beberapa karya arsitektur manusia, sebut saja struktur sarang lebah, sarang laba-laba, dan sarang semut yang telah banyak menginspirasi bangunan-bangunan hebat diseluruh dunia.

Sejak zaman dulu, beberapa bangunan hebat buatan manusia masih ada yang tetap bertahan hingga saat ini. Dari bangunan Colosseum peninggalan kebudayaan Roma hingga gedung high-rise abad-19, sekelas Chrysler Buliding, mereka semua mampu menginspirasi kita khususnya para arsitek pemula untuk lebih kreatif dalam berkarya.

Sama halnya dengan seni fotografi, desain arsitektur juga mampu merekam peristiwa yang terjadi pada suatu zaman. Bedanya, arsitektur memiliki struktur fisik yang mampu bertahan sepanjang masa, dan menjadi bagian fungsional bagi masyarakat sekitarnya serta mampu bertahan ratusan bahkan ribuan tahun sejak pertama kali mereka dibangun.

Berikut daftar 22 bangunan ternama diseluruh dunia dilansir dari situs creativebloq.com yang berhasil dirangkum tidak hanya berdasarkan pada kehebatan struktur dan konstruksi yang diterapkan tapi juga desain arsitektur mereka yang mampu mencerminkan budaya dan zaman ketika mereka dibangun pertama kali.  Semua bangunan terkenal itu masih bisa kita temukan saat ini dengan latar belakang sejarah yang mampu menginspirasi kita. “So, what are you waiting for? Read it Now!”


01. One World Trade Center, New York
Gedung One World Trade Center merupakan gedung pencakar langit tertinggi di  Western Hemisphere.

Gedung tinggi yang baru saja dibangun dikota New York, One World Trade Center, merupakan gedung pencakar langit tertinggi yang berada di Western Hemisphere. Pekerjaan Konstruksinya dimulai pada April 2006 silam dan bagian akhir dari gedung ini terpasang lima tahun kemudian pada 2013, menjadikan gedung ini sebagai bangunan pencakar langir nomor 4 tertinggi di dunia.

Rancangan gedung One World Trade Center, dibuat tanpa sengaja, dengan ketinggian gedung mencapai 1,776 kaki (541m) yang uniknya sama dengan tahun kemerdekaan bangsa Amerika.

Dirancang oleh David M. Childs dari perusahaan Skidmore, Owings & Merril, gedung menara kaca setinggi 104 lantai ini memiliki bentuk dasar kubus yang kemudian pada lantai ke-20 berubah menjadi model delapan susunan segitiga yang berhubungan. Dibangun berdekatan dengan lokasi memorial peristiwa 9/11, gedung One World Center ini menjadi mercusuar yang akan selalu menerangi kota New York.

02. St Paul Cathedral, London
Arsitek asal Inggris,  Sir Christopher Wren menghabiskan waktu 10 tahun dalam merancang St. Paul.

Bangunan yang menjadi icon di London, St Paul's Cathedral, ini dirancang oleh arsitek Inggris, Sir Christopher Wren. Berada di bukit Ludgate, bangunan yang berada dilokasi tertinggi di kota London, ini mempunyai kubah terbesar didunia yang tingginya mencapai 112 meter.

Bangunan asli gereja ini pertama kali ditemukan pada 640 M. Kemudian pekerjaan pembangunan gereja Baroque di Inggris ini dimulai pada abad ke-17 oleh Christopher Wren yang menjadi bagian dari program utama pemerintah pasca kebakaran besar yang terjadi di London pada masa itu.

Wren mulai mengerjakan gereja St. Paul pada 1668 dan butuh sepuluh tahun untuk ia menyelesaikan desainnya dimana pekerjaan konstruksinya sendiri memakan waktu 40 tahun.

Katedral St. Paul sudah menjadi bagian dari kehidupan kota London sejak pertama kali berdiri serta ikut mewarnai suasana kota, sebagai pusat wisata bagi turis dan peziarah agama, dan saat ini sudah menjadi focal point bagi kelompok anti-kapitalis.

03. Petronas Towers, Kuala Lumpur
Petronas Towers merupakan icon landmark di Kuala Lumpur, Malaysia.

Dengan tinggi 170 meter diatas permukaan tanah, Petronas Tower adalah gedung menara kembar yang berada di Kuala Lumpur, Malaysia. Gedung pencakar langit yang pernah menjadi gedung tertinggi didunia periode 1998-2004, ini merupakan icon landmark ibukota negara Malaysia.

Gedung yang menganut gaya postmodern khusus ini dirancang oleh arsitek Cesar Pelli dan Achmad Murdijat, insinyur Deejay Cerico dan desainer Dominic Saibo yang berada dibawah bendera perusahaan konsultan JC Guinto.

04. Gedung Putih, Washington
White House atau biasa kita sebut Gedung Putih ini dirancang oleh arsitek Irlandia bernama James Hoban, dan butuh delapan tahun untuk menyelesaikan pembangunannya.

Arsitek Irlandia bernama James Hoban merupakan orang yang berada dibalik pembangunan Gedung putih. Pada 1792, Hoban mengusulkan sebuah rencana pembangunan sebuah mansion kepresidenan yang kemudian mendapat persetujuan untuk membangun Gedung Putih. Pembangunannya dimulai pada 1793 dan selesai pada 1801. Gedung yang merupakan rumah bagi seluruh Presiden Amerika sejak presiden kedua, John Adams, ini dibuat dari batu pasir Aquia yang dicat putih.

05. Menara Miring di Pisa
Selama pekerjaan restorasi yang berlangsung pada 2001, menara ini ternyata bertambah miring 4 derajat dan diperkirakan akan roboh dalam 75 sampai 100 tahun kedepan.

Menara miring Pisa merupakan salah satu bangunan arsitektur paling menakjubkan di Eropa. Uniknya, menara ini terkenal karena “kekurangannya”. Menara ini mulai miring saat ia dibangun, setelah tanah lembek disalah satu sisinya tidak mampu menahan bobot bangunan.

Menara ini mulai dikerjakan pada 1173 dan baru selesai 300 tahun kemudian. Ada banyak kontroversi terkait siapa arsitek sebenarnya yang merancang menara Pisa. Banyak yang berpendapat kalau desainnya sendiri mirip dengan gaya seniman Bonnano Pisano namun studi selanjutnya melihatnya lebih mengarah pada karya arsitek Diotisalvi.

06. The Shard, London
The Shard adalah gedung pencakar langit, setinggi 87 lantai, yang berada di jantung kota London.

Sering juga disebut the shard of glass (pecahan kaca), The Shard adalah gedung pencakar langit, setinggi 87 lantai, yang berada di jantung kota London. Pembangunannya dimulai pada 2009 dan selesai tiga tahun kemudian ditahun 2012, menjadikannya sebagai gedung tertinggi di Eropa Barat.

Dirancang oleh arsitek, Renzo Piano, The Shard menjadi struktur gedung tertinggi kedua di Inggris. Eksteriornya dibuat dari susunan 11,000 panel kaca, yang luasnya sama dengan delapan lapangan sepakbola atau dua pertiga luas lapangan Trafalgar.

Bangunan ini sengaja dibangun untuk berbagai keperluan, seperti yang tertulis di website-nya yaitu ‘sebuah kota vertikal tempat dimana kita bisa kita tinggal, bekerja, dan bersantai’. Pernyataan tersebut memang terbukti, dimana seekor rubah bernama Fox, sempat ditemukan tinggal di lantai 72 pada akhir pembangunan gedung ini.

07. St Basil's Cathedral, Moscow

Gereja Katedral St. Basil bergaya istana Disney ini, berada di Red Square, Moskow dan dirancang oleh arsitek Postnik Yakolev

Ternyata ada juga bangunan bersejarah didunia ini yang gaya arsitekturnya mirip dengan istana Disney yang biasa muncul di film-film. Katedral unik dengan garis-garis warna permen dikubahnya, ini ternyata menjadi tempat wisata yang paling banyak dikunjungi di Moskow. Landmark kota Moskow ini bagaikan semburan nyala api yang memancar kelangit, dimana posisinya tepat diluar gerbang istana Kremlin dan berfungsi sebagai pusat geometris kota.

Didirikan antara 1554 dan 1560, Katedral ini dibangun pada masa pemerintahan Ivan IV (Ivan yang Kejam). Sedikit yang bisa diketahui dari arsitek bangunan ini,  Postnik Yakovlev, yang jelas ia menyukai bentuk kubah, permukaan yang runcing dan juga menara polygonal.

08. Empire State Building, NYC

Konstruksi gedung Empire State Building yang terkenal ini, ternyata selesai dalam waktu 1 tahun 45 hari.

Tidak lengkap rasanya kalau kita tidak memasukkan bangunan pencakar langit bergaya Art-Deco kedalam daftar 22 gedung terkenal. Yap, bangunan yang pernah mendapat predikat Gedung tertinggi didunia ini dibangun bertepatan dengan perayaan St. Patrick Day pada 1930 dan selesai hanya dalam waktu 410 hari saja.

Empire State Building dirancang oleh William F. Lamb dari perusahaan arsitektur Shreve, Lamb and Harmon. Oleh American Society of Civil Engineers, gedung ini diberi gelar sebagai salah satu dari tujuh keajaiban Dunia modern dan dikenal dunia sebagai icon kota New York.  

09. Lloyds Building, London
Gedung peraih penghargaan, Lloyds buliding, ini dirancang oleh arsitek berdarah Italia, Richard Rogers.

Gedung bergaya futuristik ini lebih mirip bangunan di film-film fiksi ilmiah dibanding bengunan yang ada di Lime Street, London. Gedung peraih penghargaan, Lloyds building (juga dikenal dengan nama “Gedung Luar-Dalam) ini merupakan icon landmark arsitektur dan juga salah satu konstruksi paling dikenal dilangit kota London.

Arsitek Richard Rogers, adalah orang dibalik pembangunan dengan desain yang inovatif karena menyediakan pipa air dan tangga diluar gedung. Dibangun pada 1978 higga 1986, gedung ini memiliki 12 lift eksterior, yang menjadi model gedung pertama di Inggris.

10. Colosseum, Roma
Colosseum adalah amphitheater peninggalan romawi terbesar yang pernah dibuat.

Amphitheater berbentuk elips yang berada di pusat kota Roma ini merupakan salah satu pencapaian terbesar bangsa Romawi kuno dibidang Arsitektur. Stadion ini mampu menampung 50,000 penonton dimana dulunya digunakan sebagai Arena Gladiator.

Dibangun dengan material batu dan beton, konstruksinya dimulai sekitar tahun 72M dan selesai pada 80M. Siapa sangka desain dan bentuk Colosseum ini telah menginspirasi model stadion modern saat ini. Colosseum sekarang ini telah menjadi objek wisata paling terkenal di Roma yang mampu menarik ribuan pengunjung setiap tahunnya. 

11. Taj Mahal, India
Taj Mahal adalah makam berlantai marmer yang berada di kota Agra, Uttar Pradesh, India.

Dikenal sebagai “karya seni berharga bangsa muslim di India”, Taj Mahal dibangun oleh Raja Mughal bernama Shah Jahan. Sering dikira sebagai bangunan istana, landmark terkenal ini sebenarnya adalah makam bagi istri sang Raja yang telah tiada pasca melahirkan anak mereka yang ke-14.

Taj Mahal digadang-gadang sebagai salah satu contoh arsitektur Mughal yang terbaik, yang memadukan antara gaya Persia, Turki dan India. Makam ini mulai dibangun pada 1632 dan rampung pada 1648. Penataan sekitar bangunan dan taman-taman diselesaikan dalam waktu lima tahun.

12. Chrysler Building, NYC
Chrysler building pernah mendapat gelar sebagai Gedung tertinggi didunia pada 1930, atau satu tahun sebelum Empire State Building didirikan.

Pada awal abad ke-20, masyarakat saling berlomba dalam membangun gedung tertinggi didunia. Pada saat itu, gedung pencakar langit bergaya art-deco ini hampir saja dikalahkan oleh gedung Bank of Manhattan, beruntung konstruksi puncak menaranya (yang dibangun secara rahasia) mampu menjadikan Chrysler Building menjadi gedung tertinggi didunia pada 1930.

Sayangnya, gelar itu tidak bertahan lama, karena tepat satu tahun kemudian Empire State Building, dibangun. Dirancang oleh arsitek bernama William Van Alen, gedung tinggi ini digunakan oleh pabrikan mobil milik Walter P. Chrysler, yang kemudian dijadikan sebagai nama gedung tersebut.

13. Sydney Opera House
Sydney Opera House menjadi icon arsitektural paling terkenal di Australia.

Sydney Opera House adalah salah satu karya arsitektur termegah diabad-20. Desainnya yang inovatif, hasil rancangan seorang arsitek bernama Jørn Utzon. Saat itu sang arsitek belum begitu terkenal, hingga pada 29 Januari 1957, saat karyanya menjadi pemenang dalam kompetisi merancang bangunan National Opera House di Bennelong Point, Sydney.

Bangunan indah ini terdiri dari tiga ‘struktur kerang’ yang saling terhubung dan berfungsi sebagai aula dan restoran. Sebagai sebuah mahakarya arsitektur modern, Opera House ini tak hanya menjadi icon kota Sydney tapi juga simbol negara Australia.

14. Space Needle, Seattle

Meski sudah 40 tahun berdiri, Space Needle masih tetap menjadi tujuan wisata favorit di Seattle.

Space Needle yang bergaya futuristik ini berada di Seattle, Washington, dan didirikan untuk meramaikan ajang World’s Fair tahun 1962. Bangunan terkenal ini memiliki tinggi 184m dan lebar 42m. Desainnya sendiri merupakan hasil kolaborasi dari arsitek Edward E. Carlson dan John Graham. Tak hanya desainnya yang bertema ‘Marvel’ tapi juga kemampuan gedung ini menahan terpaan angin berkecepatan 200 meter/jam serta strukturnya yang bisa menahan gempa berkekuatan hingga 9,1 magnitude.

15. Hagia Sophia, Istanbul
Saat ini berfungsi sebagai Museum, Hagia Sophia belokasi di Istanbul, Turki

Awalnya berfungsi sebagai gereja, kemudian beralih fungsi menjadi mesjid, dan saat ini berfungsi sebagai museum. Hagia Sophia merupakan sebuah mahakarya arsitektur bergaya Byzantine terbaik yang berada di Istanbul, Turki.

Bangunan ini pertama kali dibangun oleh Kaisar Konstantin Agung (306-337). Faktanya, bangunan ini sudah mengalami beberapa kali pembangunan yang disebabkan oleh beberapa faktor seperti gempa bumi dan kebakaran yang disebabkan peristiwa kerusuhan. Meski begitu, Hagia Sophia terkenal sebagai salah satu bangunan termegah didunia, dan sempat muncul di awal film James Bond, Skyfall. 

16. Istana Buckingham, London
Istana Buckingham merupakan salah satu objek wisata paling terkenal di London.

Awalnya dikenal dengan nama Buckingham HouseGeorge III membeli istana Buckingham pada 1735 saat istana yang awalnya berupa mansion ini dirasa lebih kecil dibanding sebuah Red Brick House. Sejak saat itu, beberapa arsitek bergantian mengerjakan bangunan tersebut hingga menjadi seperti sekarang, termasuk John Nash, Edmund Blore dan Sir Aston Webb.

Istana ini juga sempat mengalami renovasi besar-besaran setelah dibom sebanyak sembilan kali selama perang Dunia II. Istana Buckingham masih beroperasi hingga sekarang dan menjadi salah satu dari sedikit bangunan  istana yang masih aktif hingga saat ini.

17. Fallingwater
Frank Lloyd Wright merancang bangunan unik ini untuk keluarga Kauffman pada 1934.

Dirancang oleh arsitek terkenal asal Amerika bernama Frank Llloyd Wright pada 1934, Fallingwater mungkin menjadi hunian paling terkenal didunia. Alasannya karena desainnya yang unik, dimana seolah-olah sebuah rumah muncul dari balik air terjun setinggi 30 kaki (9m) tanpa ada tanah yang menahannya.

Memang saat ini, bangunan seperti itu sudah banyak kita temukan, tapi tidak saat rumah dengan desain inovatif tersebut berhasil menarik perhatian dunia kala selesai dibangun pada 1939 dan menjadi landmark bersejarah hingga saat ini. Saking kerennya, Fallingwater juga dibuatkan versi mainan Lego karena dianggap sebagai sebuah mahakarya arsitektur.

18. Pantheon, Roma


Diperkirakan dibangun 2000 tahun yang lalu, Pantheon telah menginspirasi banyak arsitek diseluruh dunia.

Kota Roma dikenal sebagai rumah bagi bangunan-bangunan menakjubkan, termasuk salah satunya Pantheon. Sama seperti kota lain pada umumnya, Pantheon tidak dibangun dalam sehari. Setelah mengalami dua kali penghancuran dan beberapa kali renovasi, bangunan yang awalnya berbentuk segiempat ini, sekarang telah berevolusi menjadi bentuk kubah raksasa.

Selama 2000 tahun telah menginspirasi banyak arsitek diseluruh dunia, atap Pantheon terkenal sebagai atap kubah beton terbesar didunia. Saat ini, sejarah Pantheon masih menjadi bahan perdebatan para sejarawan, terutama perihal siapa raja dan arsitek yang mendesainnya. Meski telah diketahui kalau “Kuil para Dewa” ini dibangun sekitar tahun 126 Masehi.

19. Museum Guggenheim, Bilbao


Arsitek Frank Gehry mengembangkan konsep unik museum ini setelah memenangkan sebuah kompetisi arsitektural dalam mendesain museum.

Museum Guggenheim, Bilbao adalah salah satu karya arsitektur kontemporer paling terkenal didunia. Arsitek keturunan Kanada-Amerika, yang besar di California, Frank Gehry membuat konsep unik ini setelah memenangkan kompetisi arsitektural mendesain museum ini.

Sejak dibuka pada 1997, Museum ini sudah menjadi salah satu bangunan penting di abad 20. Setelah sukses selama lebih dari satu dekade, museum Guggenheim saat ini menjadi tempat berlangsungnya ratusan pameran dan sudah didatangi lebih dari 10 juta pengunjung.

20. Flatiron building, New York


Arsitek Chicago, Daniel Burnham, secara khusus merancang Gedung Flatiron, sehingga mudah ditemukan dilangit kota New York.

Gedung Flatiron yang menawan di kota Manhattan ini dirancang oleh arsitek Chicago bernama Daniel Burnham dan dibangun pada 1902. Bentuk gedung ini yang sengaja dibuat segitiga, dimaksudkan agar bisa pas menutupi lahan yang berada tepat dipersimpangan jalan Fifth Avenue dan Broadway.

Bengunan pencakar langit di kota New York ini memang bukan yang tertinggi akan tetapi ia menjadi salah satu bangunan memorabilia  serta sumber inspirasi bagi para seniman dan arsitek hingga saat ini.

21. Villa Savoye, France


Villa Savoye awalnya dibangun sebagai simbol kemunduran bagi keluarga Savoye pada 1928.

Dirancang oleh arsitek Swiss bernama Le Corbusier bersama sepupunya, Pierre Jeanneret, Villa Savoye merupakan model awal dari arsitektu Internasional – Sebuah gaya arsitektur yang muncul ditahun 1920an dan 1930an.

Bangunan ini dibangun pada 1928 dan setelah beberapa kali lolos dari rencana pembongkaran, akhirnya pada 1965, Villa ini secara resmi ditetapkan sebagai monumen bersejarah negara Perancis.

22. Burj Khalifa, Dubai


Anda pasti takkan berani melihat kebawah, karena gedung tertinggi didunia yang berada di Dubai ini memiliki tinggi 800 meter lebih.

Bangunan terakhir dalam daftar kita kali ini, merupakan gedung tertinggi didunia bernama Burj Khalifa. Gedung pencakar langit termegah yang berada di pusat kota Dubai ini memiliki tinggi 828,9 meter. Pembangunan gedung 160 lantai ini dimulai pada 2004 dan resmi dibuka enam tahun kemudian pada 2010. Proyek gedung tertinggi didunia ini ditangani oleh perusahaan arsitektur dan sipil Amerika yang berkantor di Chicago, bernama Skidmore, Owings and Merril LLP.

Nah, Gaes. Dari 22 daftar bangunan fenomenal diatas, Manakah yang menurut anda paling menarik?. Dan apabila ada bangunan terkenal lain yang belum masuk dalam list diatas, silahkan corat-coret di kolom komentar dibawah... (MY)

0 comments:

Post a Comment