Pages

Subscribe:

Labels

July 24, 2015

Tips Bagaimana menjadi seorang Detektif handal


Jam terbang menentukan kualitas seorang Detektif

Bagaimana menjadi seorang Detektif?, tidak hanya sekedar detektif biasa tapi menjadi seorang Detektif yang hebat!. Informasi adalah sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh seorang Detektif, Gunakan informasi yang berhasil kita peroleh dengan bijak dan pastinya untuk kebaikan.

LATIHAN DASAR
Latihan dasar sebagai seorang detektif adalah Jadilah dirimu sendiri!. Kamu adalah seorang mata-mata, jadi bersikaplah seperti orang biasa: Selalu bersikap tenang, kita tidak perlu mengenakan jubah yang besar atau jas hitam untuk menjadi seorang detektif. Yang perlu kita lakukan adalah: Berbaur!. Jadilah satu dengan kerumunan orang.
1.      Selalu membawa kamera dimanapun kita berada (saat ini kita cukup membawa Smartphone yang sudah dilengkapi dengan kamera). Yakinlah, selalu ada peristiwa menarik yang terjadi disekitar kita.
2.      Cerdaslah ketika membuntuti seseorang. Jangan mengikutinya terlalu dekat dan juga janganlah berpura-pura melihat ke arah lain saat mereka berbalik ke arah kita. Terus aja Jalan!. Meski mereka sepertinya sudah tahu. Seseorang yang berjalan normal akan terlihat wajar dibanding orang yang tiba-tiba lompat bersembunyi didalam lorong atau masuk kedalam Toko.
3.      Jeli dalam melihat secara detail. Biasakan mengamati sekeliling kita, meskipun nggak ada sesuatu yang penting. Kita nggak pernah tahu,apa yang akan kita temukan, dan ini  juga akan meningkatkan keterampilan kita.
4.      Belajat membaca Mimik wajah. Perhatikan bahasa tubuh apakah terlihat wajar ataukah tidak sesuai dengan apa yang mereka ucapkan.
5.      Berlatihlah mencari informasi dengan baik. Belajarlah apa yang menjadi pusat perhatian public dan bagaimana menggunakannya.
6.      Berlatih mengajukan pertanyaan. Kita harus mampu masuk ke pokok masalah tanpa mesti membuat seseorang merasa terancam atau merasa tidak nyaman.
7.      Selalu mencatat dengan baik segala informasi yang telah kita dapatkan.
8.      Lengkapi diri kita dengan peralatan yang mendukung.


TIPS
-          Kita belum resmi menjadi detektif jika belum memiliki lencana!. Lencana apa saja boleh, meski itu lencana mainan.
-          Tugas Detektif tidak hanya memecahkan kasus. Kadang mereka harus mencari informasi yang belum ada.
-          Bacalah Novel detektif apasaja. (Sherlock Holmes, Detektif Conan, Hercule Poirot, dsb.). Jangan lupa menonton serial atau film-film detektif (CSI, Sherlock Holmes, dsb).
-          Jika kita punya sahabat, selalu tanyakan apakah orang-orang sering melihat anda.
-          Latihlah indra Minor Paranoia kita. Memang manusia memiliki indra untuk bisa merasakan adanya bahaya, tapi tidak cukup jika kita berada ditengah keramaian.
-          Lihai dalam bertindak. Cobalah untuk tidak menyerah dalam penyelidikan.

PERINGATAN
-          Selalu mematuhi hukum yang ada. Jadi Detektif bukan berarti kita kebal terhadap hukum.
-          Senantiasa waspada, karena selalu saja ada orang yang memantau kita.
-          Jangan memata-matai kecuali kita yakin betul dialah target kita.
-          Berhati-hatilah. Orang yang kita mata-matai bisa menjadi sangat berbahaya.
-          Selalu siap dengan apa yang akan terjadi.
-          Usahakan setidaknya punya dua rencana cadangan, untuk berjaga-jaga saja.
-          Jangan berbuat kejahatan.

YANG DIBUTUHKAN
-          Buku (Kertas) dan Pensil (Pulpen).
-          Uang (Penting)
-          Kamera
-          Teman /Sahabat
-          Peralatan Sidik jari
-          Lampu senter
-          Kaca Pembesar

Gadget  Tambahan
-          Handphone
-          Laptop/ Smartphone
-          Motor (Kendaraan)



Demikan tips bagaimana menjadi seorang detektif. Jangan lupa untuk selalu melatih daya observasi kita dengan mengamati sekitar dengan seksama. Semoga sukses main detektif-detektifannya dan jangan salah...ketika kita menguasai naluri seorang detektif, jangan heran ketika kita bisa mengetahui jawaban pertanyaan C ketika orang baru menanyakan pertanyaan A. “Good Luck, Mr. Holmes! “(MY)

0 comments:

Post a Comment

Quotes of the Day