Pages

Subscribe:

August 20, 2015

Aktris pemeran ‘Batgirl’ pertama didunia, tutup usia di 78 tahun.



Batgirl dalam serial TV, Batman (1966)
Para fans buku komik diseluruh dunia baru-baru ini berkabung atas berpulangnya aktris pemeran tokoh Batgirl pertama di dunia yang muncul pada serial televisi di era 1960-an, Yvonne Craig. Karakter Batgirl, seorang gadis manja namun mandiri yang dibawakan oleh Yvonne ternyata menjadi dasar bagi sosok Batgirl yang muncul setelahnya (dalam serial Animasi TV maupun di buku komik).
                                                 
Yvonne Craig, dikenal sebagai aktris pertama yang memerankan tokoh Batgirl dalam versi Live-Action. Sayangnya, pada hari Senin (17/8) lalu penyakit kanker yang selama ini dideritanya berhasil menghentikan langkahnya di usia 78 tahun.


Serial TV Batman yang tayang pada 1966 adalah serial TV yang sangat digemari pada era 60-an. Saat itu Serial TV Batman sudah memasuki awal season ketiga dan terakhir, dimana Yvonne Craig pertama kali bergabung dalam serial TV produksi ABC tersebut. Pada masa itu anggaran produksi serial TV mengalami pengurangan cukup drastis dan para produser merasa perlu menyajikan sesuatu yang menarik dalam serial TV Batman. Sosok Batgirl yang diperankan Yvonne digambarkan sebagai seorang pegawai perpustakaan yang cerdas serta putri dari Komisaris polisi bernama Barbara Gordon disiang hari dan malam harinya ia berubah menjadi sosok Batgirl yang kuat dan mandiri. Karakter Batgirl saat itu rupanya memberikan dampak luas bagi para fans dan membantu mengukuhkan karakter Batgirl yang muncul pertama kali dalam buku komik enam tahun sebelumnya.
Foto bareng dengan pemeran tokoh Robin
Pengalamannya sebagai penari balet turut membantu Yvonne Craig dalam melakukan adegan berbahaya seperti bertarung dan mengendarai sepeda motor dalam serial TV Batman. Batgirl tampil di televisi dimana pada saat itu, Organisasi pergerakan Wanita lagi marak. Karakter Batgirl mampu mencerminkan pola pikir nasionalis dan identitas sebenarnya masih tetap ia rahasiakan pada Batman dan Robin. Batgirl selalu beraksi sendirian dengan mengenakan kostum bertopeng dan persenjataan yang dimilikinya. Penampilan terakhir Yvonne sebagai Batgirl terjadi pada 1973 saat ia memberikan penyuluhan kepada masyarakat perihal hukum tentang Kesetaraan upah pekerja.
Yvonne Craig saat memerankan Orion Marta dalam serial TV 'Star Trek"
Craig juga terkenal sebagai aktris yang ikut bermain di serial klasik Star Trek dimana ia berperan sebagai Orion Marta dalam episode “Whom Gods Destroy”. Karakter yang diperankannya itu berwujud wanita berkulit hijau dan agak labil, seorang budak yang melayani Garth of Izar, seorang penjahat yang bisa berubah bentuk yang pada akhirnya membunuh Marta. Yvonne juga sempat bermain dibeberapa serial TV lainnya, sebut saja The Man from U.N.C.L.E., McHale’s Navy, My Three Sons dan The Wild Wild West. Namun dari perannya sebagai Batgirl-lah, Yvonne lebih dikenal sebagai sosok yang feminim hingga setelah ia tiada.
Yvonne Craig bersama boneka Batgirl
Dunia telah kehilangan bintang serial TV legendaris mereka. Para fans merasa kehilangan seorang aktris yang baik hati dan punya ‘passion’ memerankan salah satu tokoh buku komik. Sebelumnya beberapa fans juga sangat senang bisa bertemu dengan idola mereka Yvonne Craig di Sirkuit Konvensi selama beberapa dekade terakhir ini. (Yvonne merasa sudah melekat dengan tokoh Batgirl, ia bahkan komplain pada DC Comics saat Joker membuat Barbara Gordon lumpuh dalam cerita buku komik berjudul “The Killing Joke”.)

R.I.P.  Yvonne Joyce Craig, 16 Mei 1937 – 17 Agustus 2015.  (MY)