Pages

Subscribe:

August 25, 2014

Ribuan Robot Mini ini mampu diprogram membentuk Struktur



Robot mini ini hanya seukuran uang koin
Sekelompok pakar robot saat ini tengah mengembangkan sekumpulan robot kecil yang bisa diperintah layaknya segerombolan serangga kecil untuk bersatu membentuk model tertentu.

Pasukan miniatur robot drone ini, dibuat agar mirip dengan sekumpulan serangga kecil yang tengah bergerombol. Penemuan ini dianggap sebagai langkah awal kemajuan teknologi robot masa depan dimana robot diharapkan mampu saling bekerjasama agar mampu membentuk struktur atau mesin yang lebih kompleks, yaa..mirip-mirip robot Galvatron di film Transformers: Age of Extinction.
Mereka mampu saling berkoordinasi membentuk struktur Kompleks
Robot kecil ini  bergerak dengan tiga kakinya dan memiliki kemampuan terbatas namun jika ribuan robot kecil ini bersatu, mereka mampu membuat sesuatu yang lebih “besar”.

Menurut Pakar robot dari Cornell University, Hod Lipson, ini merupakan percobaan pertama dibidang kelompok robot yang melibatkan lebih dari 1.000 robot mini. Tiap robot kecil tersebut dilengkapi dengan sensor inframerah yang berfungsi untuk menerima instruksi dari programmer dan juga untuk menyesuaikan posisinya dengan robot lainnya. 
Tiap robot terdiri dari komponen yang cukup rumit
Robot kecil tersebut cuma seukuran uang koin, dimana desainnya berdasarkan robot sebelumnya yang bernama “Kilobots” yang  dibuat dengan anggaran 14 US Dollar tiap unitnya.

Berikut Video demo dari teknologi robot mini ini, yang melibatkan sekitar 1024 unit robot yang salin bekerjasama membentuk huruf “K” berdasarkan kemampuan program mereka.

0 comments:

Post a Comment