Pages

Subscribe:

August 14, 2015

Keramik ‘Glowing-in-Dark’ karya seniman Hungaria, Bogi Fabian


Bogi Fabian dan karya seni yang ia buat

“Kita akan dibuat takjub oleh kerajinan keramik yang satu ini, dimana keindahannya akan muncul saat lampu dipadamkan”.

Seorang seniman asal Hungaria bernama Bogi Fabian, senang sekali berkreasi dengan menjadikan segala jenis media sebagai kertas kanvasnya. Mulai dari tembok bangunan hingga tubuh manusia, namun hampir semua hasil karyanya itu memiliki satu kesamaan – keindahannya takkan muncul jika kita pertama kali melihatnya, dan memang itu yang Fabian inginkan – Unsur kejutan!

Tiap bagian koleksi keramik ‘menyala’ yang ia buat memang didesain dengan tujuan khusus, maka tidak aneh jika masing-masing mempunyai bentuk, motif, dan simbol yang berbeda. Menurutnya setiap karya unik yang ia buat berlandaskan cinta dan kesungguhan.
Fabian memang ingin menginspirasi banyak orang dan ingin yang terbaik dari karya-karyanya. Pada kondisi terang, karyanya bagai perhiasan berharga, tapi karakter sebenarnya akan muncul saat keadaan gelap dimana warna-warna terang yang mengagumkan akan membuai siapapun yang mengenakan aksesoris itu menuju ke alam mimpi. Warna-warna terang nan indah yang muncul saat gelap ditiap kreasinya itu akan memberikan ‘inner peace’ kepada siapapun pemakainya dimana cahaya lembut yang dihasilkan akan membuat kita sejenak melupakan kejenuhan akibat rutinitas  seharian
Pada laman Facebook-nya, Bogi menulis “Semua keramik miliknya akan menyala dalam gelap setelah di terangi  sinar sebelumnya. Aku sangat selektif memilih material dan tema, yang akan memberi bentuk, motif, dan simbol yang berbeda. Ada sekitar 13 langkah yang mesti dilalui dalam membuat sebuah karya seni. Tiap bagian mesti dipanggang dalam Oven sebanyak 4 kali dengan suhu antara 800 dan 1150 °C untuk menjadikannya berkilau. Aku membentuk, mengukir, menghaluskan, mengecat dan mengkilapkan tiap karyaku selama proses pembuatannya. Itulah mengapa tak banyak keramik yang aku hasilkan karena masing-masing memiliki bentuk dan keunikan berbeda”.

Apa yang membuat keramik kreasi Fabian sangat indah, yaitu keajaiban yang muncul saat lampu dipadamkan.



Masing-masing memiliki keunikan tersendiri, karena semua dibuat dengan dasar cinta dan kesungguhan.




Ia ingin menginspirasi banyak orang dan ingin yang terbaik dari karya-karyanya



“Bagiku Perhiasan lebih dari sekedar sebuah aksesoris yang ada pada tubuh.”


“Aku sangat selektif memilih material dan tema, yang akan memberi bentuk, motif, dan simbol yang berbeda.”



Perhiasan keramik ini ‘rechargeable’. Mereka mampu menyala dalam gelap selama 50 menit.






Dengan menyorotkan sinar UV ke keramik tersebut, maka kita dapat menikmati keindahannya selama yang kita mau. (MY)